contoh daftar riwayat hidup

Saat seseorang ingin melamar pekerjaan suatu perusahaan banyak syarat yang harus dilengkapi termasuk yang tidak kalah penting yaitu membawa berkas yang berisi daftar riwayat hidup.

Pengertian Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup atau yang disebut dengan CV (curriculum vitae) merupakan sebuah dokumen yang harus disiapkan saat melamar kerja, didalamnya tertulis sebuah informasi mengenai data diri pelamar seperti nama lengkap, alamat, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja.

Tidak ada batasan panjang CV yang dibuat, yang paling penting adalah isi dari cv dapat menggambarkan pengalaman anda secara akademis maupun profesi si pelamar dengan lengkap dan jelas.

Membat CV juga jangan sembarangan, sebutkan pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan selama ini siapa tahu bisa menjadi pertimbangan khusus yang mengharuskan perusahaan menerima anda untuk bekerja.

Apa saja yang harus ada di CV?

Membuat daftar riwayat hidup tidak begitu sulit, namun tetap harus diperhatikan karena apabila ada poin yang terlewatkan akan membuat anda gagal dalam melamar pekerjaan. Berikut ini adalah hal penting yang wajib di cantumkan:

  • Data Diri Lengkap

Dalam membuat CV anda harus memperkenalkan diri dengan mengisi data identitas secara lengkap seperti: nama, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, agama, nomor kontak, alamat email, dan anda bisa sebutkan pekerjaan yang dikuasai.

  • Riwayat Pendidikan

Saat melamar kerja pendidikan juga menjadi penilaian, itu sebabkan mengapa di syarat pelamar terdapat kualifikasi pendidikan terakhir. Maka dalam CV anda juga perlu menyebutkan riwayat pendidikan formal dan non fomal.

  • Pengalaman Kerja

Diminta atau tidak diminta dipersyaratan melamar kerja, penting bagi anda untuk menyantumkan pengalaman kerja, syukur-syukur pengalaman kerja yang sama dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar.

  • Pengalaman Berorganisasi

Seseorang yang berorganisasi memiliki jiwa pemimpin, sosial yang tinggi. Maka terkadang perusahaan akan memberi nilai tambahan bagi pelamar yang aktif dalam berorganisasi. Itu artinya pelamar lebih siap untuk bekerja secara tim.

  • dan Keahlian Khusus yang dimiliki

Apabila anda miliki keahlian khusus yang bisa menjadi pertimbangan untuk perusahaan, maka sebutkan beberapa keahlian khusus yang anda miliki.

Bahasa yang digunakan Dalam Penulisan CV

Penulisan Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae yang sering kami jumpai adalah menggunakan Bahasa Indonesai dan Bahasa Inggris. Biasanya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar

Jika ada syarat “mampu berbahasa inggris” maka sebaiknya cv dan surat lamaran dibuat bahasa inggris, begitu juga ketika informasi Lowongan Kerja dibuka dengan bahasa inggris maka anda harus ikut membuat surat lamaran dan CV dalam Bahasa Inggris.

Kesalahan Dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV

Dari sekian banyak pelamar kerja ternyata masih ada yang salah dalam membuat daftar riwayat hidup. Kesalahan-kesalahan inilah yang bisa membuat fatal dan ditolak untuk bekerja, berikut kesalahannya :

  • Kreatif boleh tapi jangan Terlalu Kreatif.

Saat membuat CV maka gunakanlah Font Standar dalam Kertas Putih (sederhana saja). Namun, jika posisi pekerjaan yang dilamar adalah Design Grafis maka anda boleh mendesign sedemikian rupa untuk mencerminkan keahlian anda dalam design.

  • Tidak menghubungi pihak perekrut

Sebelum mengirimkan surat lamaran maka alangkah baiknya anda menghubungi pihak perekrut, selain untuk lebih kenal sedikit juga menanyakan mengenai format lamaran seperti apa dan dikirim dalam bentuk apa.

  • Pemalsuan Data

Pemalsuan data sudah menunjukan bahwa diri anda bukan orang yang jujur. Perlu anda ketahui bahwa semua perusahaan butuh orang yang jujur, bahkan jika anda memiliki perusahaan dan mencari pegawai tentu anda butuh orang jujur juga kan?

  • Memasukan Minat dan Bakat yang tidak sesuai Pekerjaan

Anda tidak perlu memasukan informasi yang tidak ada kaitan dengan jenis pekerjaan, karena ini akan jadi penilaian yang buruk.

  • Menggunakan Email Asal Asalan

Jika surat lamaran dan cv dikirim harus melalui email, maka gunakan email yang bagus. Jangan email alay atau tidak mencerminkan ke profesionalan anda. Paling tidak menggunakan email dengan nama pribadi contoh: [email protected]

  • Tidak Memeriksa Kembali CV yang dibuat

Sebelum anda mengirimkan CV dan Surat Lamaran kerja maka disarankan untuk memeriksa kembali CV yang anda buat. Pastikan tidak ada ketikan yang salah (typo), karena ini akan menjadi penilian dalam ketelitian.

Contoh Pembuatan CV / Daftar Riwayat Hidup :

Data Pribadi

Nama : Agung Putranto
Tempat, Tanggal lahir : Bandung, 1 Mei 1993
Agama : Islam
Alamat rumah : Jl. Soreang, Dago Bandung
Nomer telepon : 081356444332
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Pendidikan Formal:

  • SDN 1 Bandung
  • SMPN 3 Bandung
  • SMAN 5 Bandung
  • S1 Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung

Pendidikan Non Formal:

  • Kuliah Pengabdian Masyarakat
  • Pendidikan dan Latihan Komputer
  • Pelatihan BLK Elektro

Riwayat Organisasi

  • Anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan ITB
  • Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala ITB

Kemampuan

  • Microsoft Office (MS. Word, MS. Excel, MS. PowerPoint) dan Internet.
  • Instalasi Listrik

Demikian Curriculum Vitae ini saya buat dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat Saya

……………………….



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.