Modus Penipuan Minta Tolong Transfer Uang di ATM

minta tolong transfer uang

Waspada, Terhadap Modus Penipuan di ATM

ATM merupakan tempat dimana nasabah yang memiliki rekening melakukan transaksi seperti mengambil uang, transer uang atau yang lainnya.

Maraknya modus penipuan atm yang sering terjadi maka kita perlu lebih waspada saat melakukan transaksi di ATM, lakukan tips aman bertransaksi di mesin ATM yaitu salah satunya tutuplah saat memasukan PIN ATM.

Modus penipuan yang masih sering terjadi yaitu pelaku meminta tolong kepada korban untuk transfer uang, dan pelaku akan memberikan uang cash sejumlah yang ditransfer.

Modus Penipuan Minta Tolong Transfer Uang di ATM

Sebenarnya tidak semua orang yang meminta tolong untuk transfer uang itu penipu, tapi karena disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka membuat kita harus lebih waspada dan berhati-hati, jangan sampai niat nolong tapi malah tertipu.

Pelaku telah datang terlebih dahulu di ATM dan menunggu korban yang hendak melakukan transaksi lewat ATM. Pelaku mulai berinteraksi dengan korban hingga kemudian meminta tolong untuk transfer uang dengan berbagai alasan :

  • Ga bisa transfer karena saldo direkening tabungannya habis
  • Ga bisa transfer karena nggak punya kartu ATM
  • dan lain sebagainya.

Korban yang baik hati akan membantu untuk mentransfer uang ke nomor rekening yang di sebutkan oleh Pelaku, biasanya nomor rekening yang diberikan adalah nomor rekening dia sendiri atau temannya.

Unsur Penipuan nya dimana?

Ya disinilah yang tidak disadari oleh korban, bagaimana bisa menipu hanya minta tolong transfer uang saja, toh pelaku memberikan sejumlah uang yang di transfer.

Yang perlu diwaspadai adalah Pelaku memberikan sejumlah Uang Tunai, nah uang yang diberikan kepada korban adalah Uang Palsu. Bagi orang awam tentu tidak bisa membedakan mana uang asli dan uang palsu.

Perlu Waspada Ketika akan Menolong di Mesin ATM

Waspada terhadap orang yang tidak dikenal itu boleh, apalagi yang berkaitan dengan uang tunai. Tidak semua orang yang meminta tolong transfer adalah penipu, kami juga pernah membantu seorang ibu yang minta transfer untuk anaknya.

Namun, sebelum menolong, kita tanya berapa jumlah uang yang akan ditransfer?? Kalau hanya dibawah Rp200.000, tidak mengapa untuk memberi bantuan kepadanya.

Jikalah memang tertipu maka ikhlaskan saja..

Tapi kalau minta transfer dalam jumlah yang besar maka lebih baik ditolak dengan cara yang baik, Seperti:

  • Mohon maaf, saldo saya ga cukup.
  • Bapak atau Ibu ke Teller Bank aja, disana bisa transfer tanpa ada ATM!!
  • ataulainnya.

Baca Juga: Modus Penipuan Menukar Kartu ATM

Sumber Gambar : Youtube Ilustrasi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.