Metode atau Cara untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

Mengukur Kepuasan Pelanggan

Kesuksesan sebuah bisnis baik itu secara individu maupun perusahaan dapat dilihat dari kepuasan pelanggan, pelanggan yang merasa puas maka akan kembali menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan. 

Pelanggan adalah konsumen yang membeli produk secara terus menerus (berkali-kali) jadi bukan sekali beli. Maka dari itu, pemilik bisnis harus bisa mengukur kepuasan pelanggannya jika kepuasan pelanggan buruk maka perlu melakukan sesuatu sedangkan jika pelanggan puas maka perlu menjaga agar pelanggan tetap setia.

Perusahaan / bisnis akan terancam bangkrut jika tidak memiliki pelanggan setia dalam artian jika pelanggan tidak puas maka mereka akan menjauh dan tidak ingin lagi menggunakan jasa atau membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan atau bisnis.

Sehingga mengukur kepuasan pelanggan wajib di lakukan, untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar bisnis dapat berkembang dan memiliki pelanggan tetap atau pelanggan setia yang banyak. Semakin banyak pelanggan tentunya akan semakin besar pendapatan yang diterima.

Kita semua tahu, persaingan bisnis semakin ketat sehingga harus bekerja keras untuk mendapatkan pelanggan tetap sebanyak-banyaknya. Jika pelanggan tidak puas maka mereka dapat dipastikan akan berpaling dan pindah ke tempat yang lain. [banyak terjadi].

A. Gunakan Metode Keluhan dan Saran

Berikan ruang kepada pelanggan untuk menyampaikan sebuah saran, pendapat dan keluhan terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Ada banyak media yang dapat digunakan untuk menampung pesan dari mereka bisa berupa kotak surat, p.o box, atau di era digital saat ini bisa melalui email atau akun sosial media (facebook, instagram / twitter).

Tampung pesan mereka semua, dan kaji siapa tahu dapat menjadi ide baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas layanan, kualitas produk yang ditawarkan. Untuk memancing, kontribusi mereka dalam memberikan saran dan pendapat anda dapat memberikan giveaway sebagai apresiasi.

B. Gunakan Pembeli Bayangan (Ghost Shopper).

Sebagian perusahaan telah menerapkan cara ini, dimana ini bermaksud untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan perusahaan dan pesaing perusahaan. Karena tugasnya adalah menjadi pelanggan bayangan di perusahaan sendiri dan di pesaing perusahaan.

Termasuk memilki tugas untuk mengamati cara perusahaan dan pesaing perusahaan dalam melayani pelanggan seperti merespon pertanyaan, menanggapi keluhan dan melayani permintaan pelanggan. Selanjutnya Ghost Shopper memberikan semua laporan kepada anda.

C. Lost Customer Analysis

Cara kerja metode ini yaitu pihak perusahaan menghubungi langsung para pelanggan yang telah berhenti menggunakan jasa atau membeli produk atau pindah ke pesaing perusahaan. Tujuannya untuk bisa mengetahui dan memahani mengapa pelanggan tersebut tidak lagi menggunakan jasa atau produk perusahaan sehingga perusahaan dapat mencar isolusi yang tepat agar pelanggan dapat kembali lagi.

D. Survei Kepuasan Pelanggan

Teknik ini paling banyak digunakan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang digital seperti tokopedia, bukalapak, traveloka atau lainnya. Perusahaan melakukan surveri melalui aplikasi atau website.

Bagi Perusahaan yang bergerak di bidang Offline dapat anda dapat menghubungi langsung pelanggan anda, dengan begitu pelanggan merasa diperhatikan dan juga dapat memberikan keuntungan untuk memahami pelanggan.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.