Pengertian dan Manfaat Seseorang Memiliki NPWP

Manfaat NPWP

Jika anda tinggal di Indonesia maka jadilah warga negara yang baik dengan taat membayar pajak yang telah menjadi kewajiban anda yang harus di laksanakan.

Seseorang yang memiliki kewajiban membayar pajak perlu memiliki NPWP (singkatan dari : Nomor Pokok Wajib Pajak). 

Pengertian NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak untuk mempermudah administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP terdiri dari 15 digit angka (9 angka didepan adalah kode wajib pajak dan 6 digit setelahnya adalah kode administrasi). Berdasarkan ketentuan perpanjakan, 1 orang hanya akan diberikan 1 NPWP saja (tidak lebih). 

Untuk membuat NPWP, silahkan datang ke kantor perpajakan dan pendaftaran gratis. Namun, Masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengerti dan memahami tentang fungsi dan manfaat memiliki NPWP.

Untuk itu kami akan menjelaskan manfaat memiliki NPWP, sebagai berikut :

A. Sebagai Persyaratan Administrasi

Saat ini NPWP menjadi suatu syarat administrasi dalam pengurusan suatu kepentingan.

Beberapa instansi mengharuskan seseorang memasukan nomor NPWP sebagai syarat wajib dalam mengurus administrasi pembuatan dokumen di tempat tersebut, seperti membuat kartu kredit bank, rekening tabungan bank, membuat SIUP, bahkan hingga pembuatan paspor sekarang butuh yang namanya NPWP.

Baca Juga : Membuat Rekening Wajib Memiliki NPWP

B. Mempermudah Urusan Perpajakan

Manfaat utama bagi seseorang yang memiliki NPWP tentu akan memberikan kemudahan dalam pengurusan segala bentuk administrasi perpajakan.

Apabila tidak memiliki NPWP maka dapat dipastikan anda akan ditolak dalam membuat dokumen – dokumen tersebut. Seperti :

  • Mengurusi Restitusi Pajak
  • Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak
  • Mengetahui Jumlah Pajak yang Mesti Dibayarkan
  • Pemotongan Pajak yang Rendah

Bagi mereka yang terkena wajib pajak perorangan namun tidak memiliki NPWP maka pemotongan pajak pada penghasilannya adalah sebesar 20% lebih tinggi dari jumlah pajak yang mesti dibayarkan.

Nah bagi mereka yang memiliki NPWP tentu saja wajib pajak perorangan akan dikenakan pemotongan yang lebih rendah  dari itu.

Jadi tunggu apa lagi, segera lakukan proses pembuatan NPWP sekarang juga.

Sumber : Cermati.com



Previous articleSetoran Awal Tabungan Mega Dana
Next articlePerumahan Tunas Regency Seiring dengan tingginya harga rumah di kota Batam, terdapat sebuah perumahan yang siap huni yaitu Perumahan Tunas Regency. Sebuah perumahaan diatas lahan seluas 52 hektar dan bertempat dilokasi yang sangat strategis.Dekat dengan tempat pelayanan umum seperti Bank, Sekolah, SPBU, Plaza Mall dll, bahkan anda dapat menjumpai pusat perbelanjaan hypermart yang ada dalam komplek perumahan ini. Terdapat promo spesial di tahun 2016 yang bisa anda dapatkan. Anda cukup membayar Rp 5 Juta dan bisa langsung terima kunci rumah, tentunya rumah tersebut bisa langsung ditempati.Anda dapat mengansur Uang Muka Perumahan (DP) sambil menempati Rumah, dengan jangka waktu 1 tahun. Khusus rumah siap huni pada blok tertentu anda akan mendapatkan diskon sampai dengan Rp 20 Juta (utk 9 unit). Harga Rumah yang anda bayar sudah termasuk biaya Notaris, biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), dan Bea perolehan Hak atas Tanah Bangunan (BPHTB). Secara umum kawasan Tunas Regency memang memiliki beberapa keunggulan. Selain lokasinya yang bagus, Perumahan Tunas Regency ini juga memiliki fasilitas umum yang sangat komplit, antara lain Sekolah SMP, SMU Negeri dalam kawasan perumahan, sarana tempat ibadah, arena olah Raga, clubhouse, kolam renang, jaringan PGN rumah tangga, jaringan TV kabel, dan lainnya. Demi menjaga keamanan, perumahan ini juga menerapkan konsep cluster, yaitu akses ke dalam perumahan melalui satu pintu gerbang. Dengan sistem keamanan 24 jam di dalam cluster. Row jalan perumahan juga lebar sehingga memberikan kesan sangat lega dan nyaman.Bagi masyarakat Batam yang berminat dengan perumahan siap huni ini. Silahkan datang langsung ke kantor Pemasaran Tunas Regency di jalan Brigjen Katamso, Sagulung, Batam. 

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.