Modus Penipuan Terbaru Lewat Facebook dengan Akun Palsu

penipuan di facebook menggunakan akun palsu
penipuan di facebook menggunakan akun palsu
penipuan di facebook menggunakan akun palsu
penipuan di facebook menggunakan akun palsu

Penipuan online sangat marak terjadi, banyak modus yang digunakan oleh para pelaku mulai dari sms undian berhadiah, jualan online di instagram hingga ada yang menggunakan modus lewat facebook dengan akun palsu.

Para penipu tidak mengenal yang DOSA, mereka terus melakukan penipuan untuk bisa mendapatkan keuntungan berupa uang. Modus penipuan menggunakan akun palsu di facebook akhir-akhir ini kerap terjadi.

Begini Modus Penipuan di Facebook:

Penipu memiliki rekening atas nama A, selanjutnya penipu mencari akun di facebook yang memiliki nama sesuai dengan rekening yang akan digunakan untuk menipu

Misal rekening yang digunakan penipu atasnama Karma Daki dan penipu kemudian mencari orang di fb yang namanya Karma Daki juga.

Setelah menemukan akun facebook dengan nama yang sama dengan rekening yang digunakan oleh penipu, lalu penipu membuat akun facebook yang sama dengan orang tersebut (Karma Daki) dan menggunakan foto-foto yang sama juga (cloning).

Penipu kemudian “meng add” teman-teman nya Karma Daki yang sering melakukan interaksi di dinding facebook, itu artinya temannya kenal dengan Karma Daki.

Setelah berteman dengan orang-orang dekatnya Karma Daki, lalu penipu mengirim chat ke teman-temannya menggunakan akun facebook yang telah dibuat serupa tadi (cloning). Isi chatnya adalah “meminjam uang” dengan alasan butuh uang untuk keperluan tertentu.

Penipu meminta uangnya di transfer ke rekening atasnama yang sama (Karma Daki) sehingga teman dari karma daki tidak curiga kalau sebenarnya mereka sedang chat dengan akun palsu, dengan begitu korban mentransfer uang ke rekening tersebut.

Kesimpulannya adalah penipu berupaya mencari korban dari orang-orang dekat yang berteman dengan seseorang, jadi penipu menipu dengan cara mengatasnamakan orang lain.

Begitulah modus penipuan yang akhir-akhir ini terjadi, kami harap anda mengerti dengan penjelasan yang telah kami tulis diatas. Hati-hati jika ada teman anda yang tiba-tiba chat difacebook untuk pinjam uang, bisa dicurigai kalau itu akun palsu dari teman anda.

Atau hati-hati juga, kalau ternyata ada penipu yang mencoba menyamar menjadi diri anda, karena mereka memiliki rekening dengan nama yang sama dengan anda. Kemudian penipu mengirim pesan ke teman dekat anda untuk pinjam uang atau sebagainya, sehingga teman anda tidak sadar kalau yang di ajak chat bukan anda tapi akun palsu milik penipu.

Salah satu Contoh:

modus penipuan terbaru lewat facebookPenipu mencoba membuat akun palsu a.n Suparyono (tak hanya nama bahkan foto yang digunakan juga sama), karena penipu memiliki rekening BNI a.n Suparyono, penipu kemudian chat dengan teman dekat Suparyono untuk pinjam uang.

Tentu hal ini membuat teman dekat Suparyono tidak menyadari kalau ternyata yang diajak chat adalah akun palsu yang digunakan oleh penipu.

Jadi, waspadalah dengan modus penipuan seperti ini.

1 COMMENT

  1. Hati hati dengan penipuan dengan modus cari istri…
    Saya hampir tertipu…dengan sok romantis mau memberikan barang barang mewah dan menjanjikan hal hal yang manis
    Tapi akhir nya dia meminta uang dengan alasan barang tertahan di beacukai
    Dan karena saya tak mau membayar nya
    Dia melakukan modus baru…dengan pura2 ditahan polisi karena saya tidak bisa membayar pajak barang itu
    Agar dia bisa bebas saya harus membayar nya

    Alamak…..dia fikir saya bodoh hukum apa

    Syukur2 ketangkep beneran

Tinggalkan Pesan Anda di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.