penipuan pensiunan

Waspada! Penipuan Pensiunan dengan Modus Sisa Uang Pensiun Belum diambil

penipuan pensiunan

Dihimbau kepada para Pensiunan PNS untuk selalu berhati-hati karena saat ini ada penipu yang mengaku-ngaku sebagai staff dari Taspen, mereka memiliki sebuah modus dengan menghubungi langsung melalui telp untuk menipu para pensiunan, dan telah banyak yang menjadi korbannya.

Anehnya, pelaku penipuan tersebut mengetahui informasi nomor telp para pensiunan tersebut, darimana info tersebut didapatkan??, yang jelas para penipu menghubungi pensiunan PNS yang menginformasikan bahwa ada sisa uang pensiunan yang belum diambil dan harus segera di cairkan.

Ketika anda mendapatkan telp atau SMS yang mengaku sebagai staf taspen yang berkaitan dengan uang pensiunan maka jangan dibicarakan melalui telp. Segera cari informasi lebih lanjut langsung datang ke kantor PT. Taspen didaerah anda, jangan ikuti panduan menyesatkan yang disampaikan melalui telp.

Berikut Kronologi Penipuan terhadap Pensiunan:

Seorang pensiunan mendapatkan panggilan telp dari nomor yang tidak dikenal yang mengaku sebagai orang taspen, dan menyebutkan bahwa ada sisa uang pensiunan senilai sekian juta yang belum diambil, untuk informasi selanjutnya bisa menghubungi nomor lain.

Jika pensiunan tersebut tidak sadar akan penipuan maka ia akan mencoba menghubungi nomor yang disebutkan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai sisa uang pensiunan yang belum diambil seperti yang dikabarkan pada panggilan sebelumnya, karena nominalnya yang lumayan maka pensiunan akan tertarik untuk mendapatkannya, padahal itu penipuan.

Saat pensiunan menghubungi orang yang mengaku sebagai staf taspen maka akan diajak berbincang-bincang agar lebih yakin bahwa pensiunan akan mendapatkan uang sisa pensiunan yang belum diambil, bahkan penipu sampai menyebutkan bahwa kalau sisa uang pensiunan tidak diambil maka taspen akan berhubungan KPK.

Hingga akhirnya penipu menyuruh korban untuk pergi ke mesin ATM agar segera melakukan pencairan, penipu akan memandu korban untuk melakukan transaksi, ternyata jika disadari panduannya untuk melakukan transfer uang, pada saat itu penipu menyebutkan untuk memasukan nomor pencairan padahal yang disebutkan adalah nomor rekening.

Hingga kemudian terjadilah transfer uang ke rekening yang disebutkan penipu, jika transaksi ini dilakukan maka penipu berhasil mengelabuhi korban dan mendapatkan uang yang ditransfer oleh pensiunan tersebut. Bukannya mendapatkan sisa uang pensiun justru akan kehilangan uang.

* Harap dicerna penjelasan diatas, memang agak susah menjelaskan modus penipuannya, tapi yang jelas jika ada yang menghubungi anda dan mengaku-ngaku sebagai staf taspen dan menyebutkan bahwa ada sisa uang pensiunan yang belum diambil itu adalah penipuan.

1 thought on “Waspada! Penipuan Pensiunan dengan Modus Sisa Uang Pensiun Belum diambil”

  1. MET pagi bapak/ibu
    Saya punya pertanyaan apakah bank Citi HNWI di Atlanta Amrik nyata, terlampir email dari mereka

Leave a Comment

Your email address will not be published.