Tidak mengenal kata dosa bagi para penipu, mereka terus berupaya melakukan sesuatu untuk bisa menjerat korbannya demi mendapatkan keuntungan sepihak salah satunya dengan cara mengirimkan sms penipuan.

Modus sms penipuan yang mereka lakukan memainkan emosional calon korban sehingga mengikuti perintah-perintah penipu untuk menyerahkan uang kepada mereka.

Inilah 5 Jenis SMS Penipuan yang Sering diterima

  • SMS Hadiah Undian dari Instansi
  • SMS Mengabarkan Anggota Keluarga masuk Rumah Sakit
  • SMS menawarkan Pinjaman Online Mudah
  • SMS Pinjam Uang, Pura Pura jadi Teman
  • SMS Kode OTP, lalu ditelp Penipu yang mengaku dari Instansi

5 jenis penipuan tersebut lah yang sering kita terima, namun mungkin hanya kata-katanya saja yang di ubah-ubah. Yuk kita jabarkan bersama agar lebih jelas dan mudah dimengerti lagi.

1. SMS Berhadiah Undian dari sebuah Instansi

Selamat anda terpilih menjadi pemenang!!”

Selamat anda memenangkan hadiah undian” dab sebagainya

SMS penipuan berhadiah sering kali kita dapatkan, penipu bermaksud untuk mengelabuhi orang-orang awam. Siapa sih yang ga kepingin hadiah uang jutaan rupiah?? tentu semua nya pingin toh.

Bagi orang awam akan senang dan mencoba menghubungi penipu untuk mengetahui proses pencairan hadiah yang mereka dapatkan, setelah calon korban menghubungi penipu, maka penipu akan meminta korban mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya administrasi, biaya pajak dan sebagainya.

Padahal setelah uang di transfer ke penipu, maka berhasilah si penipu dalam melakukan aksinya. Maka dari itu, ketika mendapatkan sms berhadiah dari shopee, telkomsel, tokopedia atau lainnya sebaiknya abaikan saja.

2. Mengabarkan Keluarga Masuk Rumah Sakit Karena Kecelakaan

Selain kabar gembira, modus penipuan lewat SMS juga dilakukan untuk mengirimkan kabar duka dimana dalam SMS yang dikirimkan penipu mengabarkan bahwa ada anggota keluarga mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit (UGD).

Agar segera mendapatkan tindakan medis dirumah sakit, penipu meminta calon korban mengirimkan uang untuk biaya yang harus segera dibayar kan rumah sakit agar pasien segera mendapatkan penanganan.

Padahal semua itu hanya modus (fiktif), tidak ada yang kecelakaan dan tidak ada yang masuk rumah sakit. Hati-hati dengan modus penipuan seperti ini, hubungi orang yang disebutkan mengalami kecelakaan, apakah benar-benar mengalami kecelakaan??

3. Menawarkan Pinjaman Online dengan Mudah dan Cepat

Para penipu mencoba mengirimkan sms penawarkan pinjaman online yang mengatasnamakan sebuah lembaga keuangan, seperti KSP Sejahtera, KSP Nasari dan sebagainya.

SMS tersebut dikirim secara masal ke banyak nomor, para penipu berharap dari sekian banyak nomor hp yang dikirim SMS ada orang yang sedang membutuhkan uang, sehingga mereka menghubungi penipu untuk mengajukan pinjaman.

Pada kesempatan itulah para penipu beraksi untuk menipu calon korbannya.

4. Pura-Pura jadi Teman (Masak gak kenal kau?).

Tiba-tiba ada sms masuk dari nomor baru yang tidak dikenal, dalam sms nya berisikan pesan seolah menjadi teman, sehingga penipu mencoba membuat korban untuk menebak salah satu nama teman.

Ketika calon korban menyebutkan nama salah satu teman, maka nama itulah yang digunakan untuk mengelabuhi korban, pada modus penipuan ini biasanya ingin meminjam uang karena alasan punya keperluan mendesak yang harus segera di bayar.

5. SMS Berisikan Kode OTP (hati-hati!!)

Kode OTP merupakan kode rahasia yang tidak boleh diberikan kepada orang lain, termasuk kepada pihak perusahaan yang menerbitkan kode OTP tersebut.

Modus kali ini yaitu kita mendapatkan SMS kode OTP padahal kita tidak melakukan request, setelah kita menerima kode OTP ada penipu yang menelpon dan mengaku dari Perusahaan tersebut.

Contoh: kita dapat SMS kode OTP dari Gojek, lalu penipu menelpon dan mengaku-ngaku dari pihak Gojek. Mengatakan bahwa kita mendapatkan hadiah Gopay, maka kita perlu menyebutkan kode OTP sebagai verifikasi.

Hati-hati jika anda mendapatkan modus penipuan seperti ini, karena penipu ingin mencoba masuk ke akun kamu. Barang kali didalam akun terdapat sesuatu saldo yang bisa dimanfaatkan.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.