Waspada Penipuan! Inilah Ciri-ciri Investasi Bodong

Investasi memang sangat penting dan diperlukan dalam mengelola keuangan, tapi jangan sampai anda bergabung ke dalam investasi bodong. Karena sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan investasi dengan iming-iming untung yang lebih besar.

Investasi bodong memang awalnya terlihat sangat menjanjikan, telah banyak orang yang sukses dan mendapatkan banyak uang melalui investasi tersebut. Tapi ketahuilah itu hanya tipuan, mereka menggunakan cara subsidi silang.

Bonus atau keuntungan yang didapat oleh member adalah hasil dari uang yang di investasikan member lain. Artinya, uang yang di investasikan oleh member B maka uang itu akan menjadi bonus kepada member A dan seterusnya.

Hal ini dilakukan agar seolah-olah investasi benar-benar berjalan dan terbukti memberikan bonus kepada membernya. Semakin banyak orang yang percaya dan bergabung maka investasi bodong tersebut akan kabur membawa uang yang di investasikan para member baru.

Produk investasi yang ditawarkan beragam macam, ada yang mengaku-ngaku menggunakan produk emas batangan, emas murni, hasil tambang, umroh dan sebagainya. 

Sebelum anda tertipu dengan investasi bodong, maka alangkah baiknya untuk membaca ciri-ciri investasi bodong yang sering dilakukan:

1. Menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu singkat

Investasi bodong akan menawarkan marketing plan yang sangat menggiurkan, apalagi kalau bukan mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Hal yang tidak wajar dilakukan oleh investasi sebagai mana mestinya.

2. Menekankan Member untuk Melakukan Perekrutan

Kebanyakan investasi bodong berkedok jaringan (MLM), tapi mereka tidak mau disebut dengan MLM. Tapi yang pada intinya yaitu member dituntut untuk melakukan perekrutan member baru, semakin banyak member yang direkrut akan dijanjikan bonus besar.

3. Member Tidak dijelaskan bagaimana cara mengelola investasinya

Banyak orang-orang yang tidak ingin tahu bagaimana cara kerja investasi, yang penting dapat untung besar. Karena memang investasi bodong tidak pernah menjelaskan bagaimana cara mengelola investasinya (tidak transparan).

4. Tidak jelas unsur kepengurusannya dan tidak jelas alamatnya

Sebelum anda bergabung sangat perlu dilakukan pengecekan yang lebih teliti mulai dari kepengurusan, struktur kepemilikan, surat ijin dari OJK, dan alamat kantor fisik yang. Jika semua itu tidak dapat ditunjukan maka dapat dipastikan investasi tersebut adalah investasi bodong

5. Berbentuk Money Game atau Ponzi (Subsidi Silang)

Investasi bodong terlihat menguntungkan member karena menggunakan pola money game, ya permaianan uang dari uang yang di investasikan para member.

6. Bonus dibayar jika ada perekrutan member terlebih dahulu

Investasi macam apa yang mengharuskan member melakukan perekrutan member baru untuk bisa mendapatkan bonus dari hasil investasi yang dilakukan. Jelas-jelas ini adalah invest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here