denda tilang tidak punya sim

Denda Tilang Tidak Punya SIM dan Tidak Membawa SIM

Bagi seluruh pengendara diwajibkan untuk memiliki SIM.

SIM C untuk pengendara sepeda motor, SIM A untuk pengemudi mobil pribadi, SIM B1 untuk pengemudi kendaraan penumpang seperti bus, SIM B2 untuk pengemudi alat berat, dan SIM D dikhusus kan untuk pengendara penyandang cacat.

Untuk memiliki SIM anda perlu melewati beberapa proses ujian sim di polres didaerah masing-masing, dan usia minimal 17 tahun.

Jika pengendara tidak memiliki SIM maka itu melanggar aturan.

Apabila ternyata pengendara ditilang polisi dan tidak bisa menunjukan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dengan alasan belum memiliki sim maka akan dikenakan denda.

Denda Tilang Tidak Punya SIM

Bagi anda yang tidak memiliki SIM janganlah melanggar aturan pemerintah, jangan mengendarai kendaraan bermotor, apalagi membawa kendaraan tersebut ketempat umum.

Bagi pengendara yang tidak memiliki SIM atau yang tidak menunjukan SIM maka sepeda motor akan ditahan oleh Polisi.

Pasal 281 UU No. 22/2009 berisi penjelasan setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM akan terancam pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp1 juta.

Denda Tilang tidak Membawa SIM

Lantas bagaimana jika pengemudi lupa membawa atau tertinggal??

Pada saat anda ditilang polisi lalu lintas, tapi anda tidak membawa SIM karena lupa atau tertinggal maka akan dikenakan pasal 288 ayat 2 maka akan dikenakan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

Jadi, denda antara pengemudi yang tidak memiliki SIM dan pengemudi yang tidak membawa sim (karena lupa / tertinggal) itu berbeda.

Bagi yang tidak punya SIM maka lengkapi SIM anda sebelum berkendara, demi keamanan bersama. Semoga bermanfaat!!

Leave a Comment

Your email address will not be published.