4 Fungsi Rekening Koran Bagi Perusahaan

Fungsi Rekening Koran

Rekening Koran merupakan sebuah layanan yang difasilitas perbankan kepada nasabah untuk mendapatkan laporan secara lengkap terhadap rekening yang dimilikinya. Laporan yang tertulis dalam rekening koran adalah seluruh transaksi yang terjadi pada rekening giro yang dimiliki nasabah.

Nasabah dapat meminta print rekening koran 3 bulan terakhir, atau dalam kurun waktu tertentu ketika dibutuhkan. Nasabah dapat mengajukan permintaan rekening koran di kantor cabang dengan membawa buku tabungan, kartu atm dan kartu identitas.

Lantas apa hubungannya rekening koran dengan perusahaan, apakah begitu penting?? Rekening koran sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar, berikut ini adalah fungsi rekening koran bagi perusahaan yang perlu anda ketahui :

1. Memberikan Data Transaksi Secara Rinci

Transaksi yang dilakukan pada rekening tabungan baik kredit maupun debit akan tercatat secara lengkap pada data server perbankan itu sendiri, dan apabila nasabah (perusahaan) membutuhkan informasi tersebut maka bisa mengajukan permohonan untuk menerbitkan rekening koran.

Informasi yang tertulis dalam rekening koran seperti saldo awal bulan, mutasi kredit atau debit, saldo akhir bulan. Intinya, seluruh transaksi akan tercatat secara lengkap beserta tanggal dan jam, bahkan keterangan yang ditulis pada saat ada transfer masuk.

Dengan rekening koran perusahaan akan mengetahui informasi berupa biaya-biaya, berupa biaya administrasi hingga keuntungan yang diperoleh setiap bulannya. Dengan begitu, seluruh transaksi dapat diketahui dengan mudah dan terperinci.

2. Sebagai Bukti Hukum yang Kuat

Di Era Digital sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan rekening untuk melakukan transaksi (transfer uang antara  pelanggan dengan perusahaan). Namun, masalah bisa saja terjadi seperti dana yang ditransfer oleh pelanggan belum masuk ke rekening perusahaan (seperti jual beli online).

Sebagai pembuktiannya maka pengirim dapat melampirkan bukti transfer berupa rekening koran. Atau sebaliknya ketika perusahaan transfer uang ke mitra bisnis nya namun dana yang ditransfer belum masuk maka bukti yang kuat yang bisa digunakan adalah rekening koran yang diterbitkan langsung oleh perbankan.

3. Syarat Mengajukan Pinjaman

Ketika sebuah perusahaan membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnisnya maka biasanya yang dilakukan adalah mengajukan pinjaman modal ke bank. Syarat yang diperlukan biasanya adalah rekening koran 3 bulan terakhir.

4. Untuk Mencocokan Transaksi Bisnis

Walaupun ada laporan dari bank, tapi sebuah perusahaan perlu memiliki catatan khusus mengenai keuangan perusahaan. Rekening koran berfungsi untuk mencocokan antara transaksi di bank dengan transaksi yang tercatat oleh perusahaan. Pencocokan transaksi bisnis biasanya dilakukan per semester atau pertahunan.

Baca Juga : Rekening Koran



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.