Cara Mencairkan Uang di Rekening Seseorang yang Sudah Meninggal

Kita tidak ada yang tahu kapan umur seseorang akan berakhir, tapi yang jelas ini pasti terjadi. Ketika ada seseorang dari anggota keluarga anda meninggal dunia dan memiliki rekening tabungan yang masih terdapat saldonya, lantas bagaimana cara mencairkannya??

Rekening tabungan bersifat rahasia hanya pemiliknya yang dapat mengaksesnya kecuali orang lain tersebut telah mengetahui PIN ATM atau Login user di Internet Banking.

Sesuai dengan kasus yang akan kita bahas saat ini, yaitu pemilik rekening telah meninggal dunia kemudian didalam rekening terdapat uang yang cukup banyak, kemudian bagaimana caranya agar uang yang ada di dalam rekening dapat dicairkan.

Pertama, jika pemilik rekening memiliki kartu ATM atau Mobile Banking dan salah satu anggota keluarga mengetahui pin untuk mengakses nya maka dapat melakukan pemindahan dana dengan cara di transfer ke rekening lain atau uang nya bisa di ambil lewat ATM.

Apabila jumlahnya banyak, maka proses transfer lewat ATM atau mobile banking dapat dilakukan secara bertahap, karena transaksi transfer uang terdapat limitnya sesuai dengan jenis kartu ATM yang digunakan.

Kedua, pihak keluarga dapat mengajukan permohonan untuk menutup rekening tabungan milik orang yang telah meninggal dunia, sehingga uang yang ada didalam rekening tabungan dapat di cairkan semuanya.

Ternyata untuk menutup rekening tabungan seseorang yang meninggal dunia hanya dapat dilakukan oleh anggota keluarga dengan memenuhi persyaratan.

  • Membawa Surat Keterangan Meninggal
  • Membawa Surat Kuasa Bermaterai
  • Membawa Suarat keterangan Ahli Waris dari Notaris
  • Membawa KTP (ahli waris) dan Kartu Keluarga
  • Membawa Buku Tabungan dan Kartu ATM

Setelah pengajuan dilakukan, pihak bank akan melakukan validasi data pemilik rekening. Selanjutnya anda dapat menunggu sesuai dengan waktu yang diberikan oleh petugas bank kurang lebih membutuhkan waktu bisa 2×24 jam.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.