Beli Barang di Lazada Dengan Cara COD, Tapi Barang Tidak Sesuai

cara mengembalikan barang yang tidak sesuai di lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace yang melayani pembelian barang dengan metode pembayaran COD (Cost on Delivery / Bayar ditempat), ternyata ada masalah yang sering dialami oleh Pembeli yaitu barang yang dikirim tidak sesuai.

Mungkin saat ini anda juga mengalami masalah tersebut, lalu apa yang harus dilakukan? Apakah barang yang sudah dikirim dapat dikembalikan? Apakah kira harus marah-marah pada kurir yang mengantar barang?

Baiklah, kami akan bantu menjelaskan kepada anda mengenai masalah ini. Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai sistem pembayaran ditempat atau COD.

COD atau bayar ditempat adalah sebuah metode pembayaran yang dapat digunakan oleh pembeli. Pembeli yang melakukan pemesanan barang yang diinginkan menggunakan metode COD maka pembeli akan membayar setelah barang sampai dirumah.

Berikut adalah Alur Pembelian COD :

  • Pembeli melakukan pemesanan di Lazada
  • Pembeli memilih metode pembayaran bayar ditempat / COD
  • Penjual melakukan proses pengemasan dan pengiriman barang
  • Kurir akan mengirimkan barang ke alamat pembeli
  • Pembeli menerima barang dari Kurir
  • Pembeli membayar sesuai tagihan kepada kurir
  • Selesai..

Pertanyaannya? bagaimana jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar atau deskripsi? Apakah harus dikembalikan langsung kepada kurir? dan anda marah-marah pada kurir?

Perlu anda ketahui bahwa kurir yang mengantarkan barang tidak tahu-menahu dengan barang yang dikirim. Kurir hanya bertugas mengantarkan barang, jika ada ketidaksesuaian barang maka tidak perlu marah-marah kepada kurir, karena masalah ini adalah antara pembeli dan penjual.

Lazada telah membuat sebuah aturan dimana ketika barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai maka pembeli dapat mengajukan pergantian barang atau pengembalian dana, anda harus tahu prosedur yang berlaku.

1. Kembalikan Barang saat masih dalam masa pengembalian

Silahkan anda baca-baca terlebih dahulu kebijakan yang berlaku, pastikan anda langsung melakukan proses pengembalian barang jika ditemukan barang rusak, cacat, tidak sesuai, bagian hilang, salah item, atau berubah pikiran.

Karena ada masa pengembalian barang yaitu 7/14 hari yaitu perlindungan pembeli dan jaminan kepuasan. Barang tidak dapat dikembalikan ketika telah melewati masa pengembalian, dihitung sejak barang diterima.

2. Fahami Persyaratan Pengembalian Produk yang Sah

  • Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, lainnya)
  • Rincian bank dalam Formulir Pengembalian apabila pembayaran dilakukan melalui Bank Transfer / Mandiri Klikpay / Cash on Delivery.
  • Sertakan Formulir Pengembalian dalam bentuk cetak (atau tulis Kode Otorisasi Pengembalian-kode RA Anda) di setiap paket pengembalian
  • Mohon kemas ulang produk yang akan dikembalikan dan tempel stiker pengembalian diluar paket (tidak pada kardus produk)
  • Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi (lihat tabel berikut)
  • Mohon kirimkan produk yang ingin dikembalikan ke alamat gudang kami yang tercantum di formulir pengembalian barang
  • Untuk memudahkan proses quality check, apabila produk yang akan dikembalikan berupa gadget, laptop atau perangkat lainnya yang dilengkapi dengan kata sandi (password), mohon pastikan untuk unlock atau menghapus kata sandi pada perangkat tersebut sebelum dikirim ke gudang kami.

3. Mengisi Formulir Pengembalian Produk

Jika anda ingin mengembalikan produk maka anda perlu login ke Lazada dan mengakses formulir pengembalian online. Isilah formulir dengan lengkap dan jelas, setelah itu cetak formulir yang telah di isi.

Masukan formulir yang telah di cetak kedalam paket pengembalian barang, barang dikirim lansgung ke alamat gudang lazada berikut ini :

LAZADA WAREHOUSE
Lazada Return Warehouse Gate 2 & 3
Jl. Raya Bogor Km 36, Cimanggis, Depok

Ongkos kirim akan diganti oleh Lazada apabila pengembalian barang dinyatakan sah dan menggunakan tarif reguler. Gunakan kurir JNE saat mengembalikan barang. Selanjutnya, tunggu saja 3 hari jam kerja setelah barang di terima lazada.

4. Hubungi Customer Service Lazada

Jika anda masih bingung untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada website lazada, maka anda bisa menghubungi custumer service melalui telp (021)80630200 (Pukul 09:00-21:00 Senin- Jumat, 09:00-17:00 Sabtu- Minggu).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Lazada telah mengantisipasi masalah seperti ini, jadi anda tidak perlu khawatir dengan barang yang tidak sesuai dengan deskripsi produk atau foto produk di halaman website lazada.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.