cara mengembalikan barang yang tidak sesuai di lazada

Beli Barang di Lazada Dengan Cara COD, Tapi Barang Tidak Sesuai

cara mengembalikan barang yang tidak sesuai di lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace yang melayani pembelian barang dengan metode pembayaran COD (Cost on Delivery / Bayar ditempat), ternyata ada masalah yang sering dialami oleh Pembeli yaitu barang yang dikirim tidak sesuai.

Mungkin saat ini anda juga mengalami masalah tersebut, lalu apa yang harus dilakukan? Apakah barang yang sudah dikirim dapat dikembalikan? Apakah kira harus marah-marah pada kurir yang mengantar barang?

Baiklah, kami akan bantu menjelaskan kepada anda mengenai masalah ini. Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai sistem pembayaran ditempat atau COD.

COD atau bayar ditempat adalah sebuah metode pembayaran yang dapat digunakan oleh pembeli. Pembeli yang melakukan pemesanan barang yang diinginkan menggunakan metode COD maka pembeli akan membayar setelah barang sampai dirumah.

Berikut adalah Alur Pembelian COD :

  • Pembeli melakukan pemesanan di Lazada
  • Pembeli memilih metode pembayaran bayar ditempat / COD
  • Penjual melakukan proses pengemasan dan pengiriman barang
  • Kurir akan mengirimkan barang ke alamat pembeli
  • Pembeli menerima barang dari Kurir
  • Pembeli membayar sesuai tagihan kepada kurir
  • Selesai..

Pertanyaannya? bagaimana jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar atau deskripsi? Apakah harus dikembalikan langsung kepada kurir? dan anda marah-marah pada kurir?

Perlu anda ketahui bahwa kurir yang mengantarkan barang tidak tahu-menahu dengan barang yang dikirim. Kurir hanya bertugas mengantarkan barang, jika ada ketidaksesuaian barang maka tidak perlu marah-marah kepada kurir, karena masalah ini adalah antara pembeli dan penjual.

Lazada telah membuat sebuah aturan dimana ketika barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai maka pembeli dapat mengajukan pergantian barang atau pengembalian dana, anda harus tahu prosedur yang berlaku.

1. Kembalikan Barang saat masih dalam masa pengembalian

Silahkan anda baca-baca terlebih dahulu kebijakan yang berlaku, pastikan anda langsung melakukan proses pengembalian barang jika ditemukan barang rusak, cacat, tidak sesuai, bagian hilang, salah item, atau berubah pikiran.

Karena ada masa pengembalian barang yaitu 7/14 hari yaitu perlindungan pembeli dan jaminan kepuasan. Barang tidak dapat dikembalikan ketika telah melewati masa pengembalian, dihitung sejak barang diterima.

2. Fahami Persyaratan Pengembalian Produk yang Sah

  • Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, lainnya)
  • Rincian bank dalam Formulir Pengembalian apabila pembayaran dilakukan melalui Bank Transfer / Mandiri Klikpay / Cash on Delivery.
  • Sertakan Formulir Pengembalian dalam bentuk cetak (atau tulis Kode Otorisasi Pengembalian-kode RA Anda) di setiap paket pengembalian
  • Mohon kemas ulang produk yang akan dikembalikan dan tempel stiker pengembalian diluar paket (tidak pada kardus produk)
  • Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi (lihat tabel berikut)
  • Mohon kirimkan produk yang ingin dikembalikan ke alamat gudang kami yang tercantum di formulir pengembalian barang
  • Untuk memudahkan proses quality check, apabila produk yang akan dikembalikan berupa gadget, laptop atau perangkat lainnya yang dilengkapi dengan kata sandi (password), mohon pastikan untuk unlock atau menghapus kata sandi pada perangkat tersebut sebelum dikirim ke gudang kami.

3. Mengisi Formulir Pengembalian Produk

Jika anda ingin mengembalikan produk maka anda perlu login ke Lazada dan mengakses formulir pengembalian online. Isilah formulir dengan lengkap dan jelas, setelah itu cetak formulir yang telah di isi.

Masukan formulir yang telah di cetak kedalam paket pengembalian barang, barang dikirim lansgung ke alamat gudang lazada berikut ini :

LAZADA WAREHOUSE
Lazada Return Warehouse Gate 2 & 3
Jl. Raya Bogor Km 36, Cimanggis, Depok

Ongkos kirim akan diganti oleh Lazada apabila pengembalian barang dinyatakan sah dan menggunakan tarif reguler. Gunakan kurir JNE saat mengembalikan barang. Selanjutnya, tunggu saja 3 hari jam kerja setelah barang di terima lazada.

4. Hubungi Customer Service Lazada

Jika anda masih bingung untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada website lazada, maka anda bisa menghubungi custumer service melalui telp (021)80630200 (Pukul 09:00-21:00 Senin- Jumat, 09:00-17:00 Sabtu- Minggu).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Lazada telah mengantisipasi masalah seperti ini, jadi anda tidak perlu khawatir dengan barang yang tidak sesuai dengan deskripsi produk atau foto produk di halaman website lazada.

55 thoughts on “Beli Barang di Lazada Dengan Cara COD, Tapi Barang Tidak Sesuai”

  1. pengembalian barang d lazada memakai limit kredivo atas nm m sholihin no resi JZ6664454764 baliikpapan status sdh d terima di toko..
    meminta pengemblian barang d tukar sesuai pesanan konsumen…lebih dr sminggu belum ada pengiriman balik..mohon d bantu

  2. Saya mau kembalikan barang. Karena isinya tidak sesuai. Sudah beberapa hari kenapa gak ada respon ya?

  3. gan klo mau retur juga ongkir di tanggung pembeli
    dari pembeli ke penjual (baranf cacat)
    dari penjual ke pembeli (pengganti barang cacat)
    emang bener?

  4. penjual salah kirim barang…..pembeli buka formulir pengembalian ga bisa2… jadi ribet..

  5. Tadi hp saya ngelek padahal saya hanya pesan 1 tapi kok malah 36
    Jadi saya bingung mau bayar semua gk ada uangnya

  6. saya beli laptop teclast F15, saya tidak bisa mengisi formulir yang di ada di lazada website kayak terkunci gitu,….. saya terlambat baca artikel ini tahu gitu saya tidak beli dilazada,

  7. Saya terima barang COD tapi tidak sesuai pesanan . Saya langsung kirim balik barangnya ke warehouse lazada ya dan saya tidak mau bayar uangnya. Karena saya byar pakai COD

  8. Lazada harus sportif lah kalau kalau order 1 barang Jagan terkirim 2 barang ia kan merugikan pelanggan

  9. Saya mau mengembalikan pajet yang saya terimakarena tidak sesusi dgn oesanan. tolobg tunjukkan firmulir yg fiisi srhubungn dgn itu. tks.

  10. Saya beli barang tp tidak sesuai dengan gambar di web lazada.. formulir pengembalian susah diakses.

  11. Gimna caranya mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan pesanan saya…mohon bantuannya

  12. Kalo COD barang tidak sesuai merk apakah bisa langsung d kembalikan ke kurir biar gak ribet. Dan saya gak mau bayar. Biar yang ngirim yang urus salah siapa salah siapa gak seuai merk d deskripsi

  13. Saya mau mengembalikan barang karena barang yang saya Terima bukan barang yang saya pesan

  14. Saya mau mengembalikan barang karena barang yang saya terima bukan barang yang saya pesan..
    Di chat tidak direspon. Jadi gimana kelanjutannya ?? Kecewa saya,padahal saya pengguna baru

  15. Saya pesen nota 30 pcs yg di kirim 20 pcs… di chat gag bls2… kalo mau nambah gimana ya….. yg 10 pcs kn blum di kirim….. pdahal bayar ke kurir jumlsh uamg 30 pcs

  16. Saya beli dg sistem COD, bgmn cara saya mengembalikan barang yg sangat tidak sesuai
    Apakah barang harus saya bayar dulu, apa bisa langsung saya kembalikan ke abang kurir nya

  17. Saya pesan barang tidak sesuai dengan gambar malah lebih parah ini mah yang di kirim TG plastik tolong pihak lazada toko kurir yang jujur

  18. Maaf kl bs brg nya di ganti sesuai pesanan, saya psn gamis 4 dpt nya baju 2 size kecil tdk sesuai sm product nya & dpt 4 laging anak 4 pcs .

  19. Saya buka dulu nanti kalau udah sampai paket saya.. Kalau gak boleh buka saya kagak mau bayar. Soal nya yang saya pesan amplifier. Uang yang banyak barang palsu. Kita kasih bukan kertas tapi uang.. Saya kagak mau tertipu

  20. gimana caranya barang sya terima ga sesuai mesen baju dikirim rompi,no tlp penjual ga aktif alamatnya ga ada lengkap hanya kota bandung gak jelas

  21. Mohon keadilan untuk kami kami para pembeli merasa di rugikan, kita bayar mahal malah sellernya tipu* mohon kebijakan dr pihak penjual atasan

  22. Apa bisa mengembalikan barang pesanan langsung ke kurir nya,
    Pesanan saya cod tapi dtg ny tidak sesuai, masak dinamo grender yang datang kepingan kardus doang apaan itu
    Toko Amazing sell tidak amanah.

  23. Tri ramadhani/S.Kuntoro

    barang yang datang tidak sesuai dengan yang datang… pesan gamis yang datang training

  24. Sarniati pademme

    Kenapa bisa barang yang sudah di bayar saat proses transaksi… begitu barang di kirim kok Sampe ke saya malah jadi cod… jadi maksudnya bagaimana itu? Bingung saya… tlong dong pihak Lazada menjelaskan kenapa bisa seperti itu..

  25. Saya SDH sering x kecewa SM lazada ,tp ada juga yg baik lazada ,,,THN lalu kena tipu 1 jta SM AC Asdar .pesen AC tp gk dtng¬≤ smpe skrg ,THN ini belanja cod pesan jaket jins yg tng celana scuba,pesan celana leging yg dtng rok span,peasn jaket jins kancing nya hilang 1…skrg jdi kapok ke lazada ,pesanan saya tinggal 3 LG udh ini saya mau apus .mau ke shoppe ajja

  26. Apa yg dilakukan oleh pihak lazada jika pihak toko mengabaikan pengembalian dana,atau pengembalian barang pesanan, dan komplain konsumen yg merasa dirugikan, krna barang yg di terima tdk sesuai pelanggan, ??

    Atau bahkan jika ada toko yg sengaja ingin menipu pelanggan dg menawarkan dan menapilkan produk2 yg menarik, namun setelah dilakukan pembayaran, ia akan mengirimkan barang yg tidak sesuai dg harga maupun mutu produk yg di pajang di aplikasi, lalu mengabaikan komplain2 yg tertera di atas..??

  27. Lazada harusnya hapus toko” yang suka menipu pembeli.
    ngak amanah.
    dan mempermudah pembeli mengembalikan barang dan pengembalian dana.
    di lazada banyak toko” yang suka tipu”
    walaupun ada juga yang amanah
    ati” kalau beli barang on line

  28. Eny fidiawati

    Isi formulir pengembalian barang sulit untuk masuk seharian loading terus apa ada cara lain

  29. ali topan alatas

    mau tuker langsung ke toko nya, di chatting ga ada tanggapan. bikin kapok, mohon ada penyelesaian dari pihak lazada, barang tidak sesuai merek mau ditukar

  30. Saya gk merasa pesan tapi kog di kirim barang sistem cod.
    Aneh lg kog ada transaksi pemesanan.
    Sistem lazada kacau.
    Perlu penyempurnaan sistem.
    Mau di kembalikan susah akses sistem.
    Mau di bayar gk ada uang buat bayar.
    Asli merugikan

  31. Saya pesan CD pria bullet yang sampai kartu Remi…saya ingin kembalikan karena TDK sesuai pesanan .,

  32. saya ibgin mengembalikan barang karena ga sesuai yang sy pesen apa yang dateng apa pusiiiiiiiinggggg tolong perbaiki dong banyak toko ga amanah

  33. Baru kali ini saya ditipu lazada, bener-bener parah. Udah mah nunggu datengnya lama malah pas dateng barangnya berisikan lap/topo baju kotor, padahal beli baju yang bener bukan malah seperti ini!. Selain ditipu saya juga sangat di rugikaaaannn!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published.