Modus Penipuan Berhadiah Mengatasnamakan Shopee

modus penipuan sms berhadiah shopee

Pelaku sms penipuan mengatasnamakan Shopee terus gencar melakukan aksirnya yaitu dengan mengirimkan SMS ke beberapa nomor pengguna secara acak, dapat dimungkinkan pelaku mengirimkan secara massal ke ribuan nomor.

Dalam pesan SMS nya berisi informasi bahwa nomor korban terpilih untuk mendapatkan hadiah berupa uang tunai, hadiah yang berikan jumlahnya ga tanggung-tanggung yaitu mulai dari Rp100 juta, Rp125 juta, Rp150 juta, Rp175 juta, hingga Rp250 juta.

Contoh SMS Penipuan dari 082348302905 :

“PESAN Resmi Dri SHOPEE INDONESIA, Selamat No-HP Anda M-dptkan Hadiah CEK Rp125juta. PIN: KBR00D7 U/info cek: shopee11-cf.blogspot.com”

Tak hanya mengatasnamakan Shopee saja, penipu kerap mengatasnamakan perusahaan seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan perusahaan digital lainnya.

Bagi orang awam mungkin ini sebagai kabar gembira, karena mendapatkan hadiah senilai jutaan rupiah. Sehingga korban terbawa arus dan mengikuti petunjuk-petunjuk dari si penipu.

Kita lihat dalam SMS tersebut bahwa, penipu mencoba mengelabuhi dengan menyertakan PIN dan Website abal-abal. Agar korban dapat mempercayai berita berhadiah yang dikirimkan tersebut.

Dalam website atau blog abal-abal yang dibuat oleh Penipu berisikan hadiah-hadiah, daftar pemenang, foto penyerahan hadiah, dan sejumlah foto pejabat, yang kita tidak tahu dapat darimana foto-foto tersebut.

Korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai pajak hadiah atau biaya administrasi untuk bisa menerima hadiah mimpi tersebut.

Bagi anda yang menerima SMS Penipuan lebih baik diabaikan saja, jangan ditanggapi. Jangan sampai justru anda terbujuk atau terhipnotis untuk melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh Penipu tersebut melalui telp.

Perlu anda ketahui bahwa, Shopee tidak pernah mengumumkan pemenang melalui SMS atau melalui Telp. Shopee akan mengumumkan pemenang melalui media-media resmi dan akun sosial media resmi.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.