Tata Cara Pembuatan NPWP Perorangan di Kantor Pajak

kartu-npwp

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang tertulis dalam bentuk kartu sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Biasanya NPWP dijadikan sebagai syarat wajib dalam mengurus sesuatu seperti ketika ingin mengajukan kredit pinjaman, ingin mengajukan kartu kredit dan lain lain.

Termasuk salah satunya ketika ingin mengurus SIUP (Surat Ijin Perdagangan) atau Dokumen legalitas yang lain. Untuk membuat NPWP anda bisa datang ke Kantor Perpajakan untuk regional berdasarkan Identitas masing – masing. Anda tidak bisa membuat NPWP dikantor perpajakan tempat lain selain regional tempat tinggal.

Berdasarkan pengalaman kami dalam membuat NPWP, syarat yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak lah sulit. NPWP terbagi menjadi 2 golongan yaitu NPWP atas nama perorangan dan NPWP atas nama Perusahaan. Bagi anda yang ingin membuat NWP perorangan maka ikuti tata cara pembuatan NPWP yang akan kami uraikan berikut ini :

Pertama, datanglah ke kantor perpajakan regional berdasarkan tempat tinggal anda berdasarkan identitas KTP. Misal anda tinggal di Kabupaten Kediri maka anda harus membuatnya di kantor pajak kediri, tidak bisa membuat di kabupaten blitar atau lainnya.

Kedua, Sebelum anda pergi ke kantor perpajakan maka anda harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan npwp perorangan yaitu berupa KTP dan Surat Keterangan Usaha dari Keluarahan (jika anda bekerja sebagai wiraswasta), jika anda seorang pegawai dari sebuah instansi maka anda bisa gunakan surat keterangan bekerja.

Ketiga, Ambil nomor antrian dan isi formulir yang telah disediakan di kantor perpanjakan dengan benar sesuai dengan data diri anda. Seperti dengan memasukan Nama Lengkap, Alamat Lengkap, Nomor Telp, Sumber penghasilan, Kisaran penghasilan yang diperoleh per bulannya dan kemudian menandatangani formulir tersebut. Jika anda bingung, anda dapat meminta bantuan kepada Petugas.

Keempat, Mendatangi custumer service pembuatan NPWP sesuai dengan nomor antrian yang anda miliki. Serahkan formulir dan berkas bersyaratan pembuatan NPWP. Kemudian petugas anda menginput data anda dan menerbitkan NPWP atas nama anda, tidak ada biaya untuk pembuatan NPWP.



Silahkan Tinggalkan Komentar