7 Tips Belanja Online di Facebook Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja di Facebook agar tidak mudah tertipu

Belanja Online kini telah menjadi kebiasaan banyak orang di era digital, dimana kita dapat membeli sesuatu hanya melalui hp tanpa harus keluar rumah. Sebaliknya, ini dimanfaatkan bagi pelaku UKM untuk membidik pasar yang lebih luas dan mendapatkan banyak pelanggan.

Salah satu media yang dapat menjadi sarana jual beli online adalah facebook, sebuah sosial media yang ramai digunakan. Hampir semua orang di Indonesia sudah terhubung melalui situs jejaring facebook ini. Maka dari itu, facebook selain untuk berinterasi yang menghubungkan ke orang-orang yang dikenal juga bisa sebagai tempat bisnis.

Namun, perlu diketahui juga juga banyak penipuan yang kerap terjadi di Facebook. Banyak pengguna facebook yang menjadi korban penipuan jual beli online lewat facebook, karena memang mereka kurang berhati-hati dan ceroboh membeli sesuatu di toko online palsu (penjual jadi-jadian).

Tips Membeli Barang di Facebook agar tidak tertipu :

Maka dari itu, penting buat anda yang ingin membeli sesuatu di facebook membaca tips belanja online dari kami. Paling tidak anda dapat lebih berhati-hati atau waspada ketika ada barang yang mungkin anda tertarik untuk membelinya.

1. Jangan terbuai Harga Murah

Biasanya penipu akan menetapkan harga jual yang lebih murah dari penjual lainnya, ini terbukti banyak pengguna facebook yang jadi korban karena terbukai harga murah. Ketika anda menjuampai penjual yang menjual barang dengan harga yang lebih murah maka perlu waspada.

2. Cek Tertimonial Pembeli Lain

Yang namanya Jual-Beli Online pasti ada testimonial, biasanya tertimonial pada facebook terlihat pada komentar. Jika komentar sedikit atau tidak ada sama sekali maka perlu berhati-hati. Karena terkadang penipu juga membuat akun palsu untuk memberikan komentar pada lapak mereka sendiri tujuannya agar calon korban dapat percaya.

3. Tanyakan pada Rekan Anda

Ketika anda menemui barang yang murah dan anda tertarik untuk membelinya alangkah baiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada rekan anda atau keluarga anda yang lebih tahu mengenai bisnis online. Apakah penjual barang tersebut benar?

4. Cek Galeri Foto

Periksa galeri foto, apakah disana tersedia data mengenai penjual. Jika tidak menemukan foto pendukung keaslian seperti foto pribadi, foto keluarga, bukti pengiriman barang, nomor resi, foto paket, maka hentikan niat anda membeli produk tersebut.

5. Tanyakan Identitas

Tak ada salahnya anda bertanya mengenai identitas penjual, minta kepada mereka mengirimkan KTP. Kemudian pastikan rekening bank sesuai dengan nama yang tertera pada KTP tersebut. Jika berbeda, maka jangan lanjutkan transaksi anda.

6. Harga Barang dan Bebas Ongkir tidak Wajar

Penipu di facebook biasanya menjual harga yang tidak wajar bahkan dengan harga tersebut menawarkan bebas Ongkir (gratis ongkos kirim). Bisa dipastikan ini penipu.

7. Minta Rekening Bersama

Penipu biasanya menolak ketika diminta untuk transaksi menggunakan rekening bersama, contohnya : biasanya penjual asli akan memiliki akun di tokopedia / bukalapak yang memudahkan bagi pelanggan yang khawatir untuk menggunakan rekening tokopedia / bukalapak.

Banyak cara yang dilakukan penipu untuk melancarkan aksi penipuannya, terkadang tidak sadar target mengikuti proses jual beli yang ditawarkan. Biasanya yang korban terbuai dengan harga murah, apalagi ada diskon hingga 70%. Sudah memberi diskon bahkan penipu juga membumbui nya dengan Gratis Ongkir.

Barang yang dijual seperti jualan barang elektronik dengan harga murah, jualan sembako secara grosir (partai besar) sehingga harga bisa murah, jualan baju, sepatu dan sebagainya…



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.