Buka Usaha Cuci Motor di Musim Hujan

Bisnis Cuci Motor

Saat ini banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi (sepeda motor), karena sekarang membeli motor sangat mudah, semua orang bisa membeli motor secara kredit.

Semakin banyak orang yang memiliki sepeda motor maka ada pihak-pihak yang diuntungkan seperti bengkel, aksesoris, penjual bbm, penjual helm, tambal ban, hingga jasa cuci motor.

Disini kami sengaja ingin membahas mengenai jasa cuci motor, sebuah peluang usaha atau bisnis yang tak kalah cerahnya dengan bisnis jasa lainnya. Banyak orang yang punya motor tapi males untuk cuci motornya, sehingga memilih untuk mencuci di jasa cucian.

Bisnis cuci motor sangat menjanjikan, apalagi jika musim hujan. Tak heran jika pemilik usaha ini meraup keuntungan besar hingga puluhan juta perbulan. Saat musim hujan, ada yang mencuci motor nya sampai 3-4 kali dalam seminggu.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cucian motor tidak terlalu mahal, karena cukup membeli set mesin dan alat pencuci, anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Selanjutnya, anda bisa mempekerjakan seorang karyawan untuk membantu mencuci motor para pelanggan.

Modal Investasi Awal: Setiap menjalankan usaha tentu membutuhkan modal, untuk membuka cucian motor anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta) untuk keperluan usaha sebagai berikut :

  • Renovasi Tempat Rp2.00.000
  • Perlengkapan Cuci Motor Lengkap Rp8.000.000

Baca Juga: Waralaba Cuci Helm

Selanjutnya anda dapat menghitung biaya operasional setiap bulan untuk usaha cuci motor anda. Kami akan bantu membuatkan simulasi perhitungannya :

  • Sewa tempat/bulan Rp500.000
  • Gaji 2 orang karyawan Rp1.500.000
  • Sabun, sampo, dan semir ban Rp100.000
  • Listrik, air dan bensin Rp500.000
  • 5 Pcs Kanebo Rp 200.000
  • Lain-lain Rp200.000
  • Total : Rp3.000.000 (perbulan).

Asumsi Pendapatan Cuci Motor Per Bulan

Kita akan coba hitung berapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita membuka usaha cuci motor. Tentukan dulu berapa biaya cuci motor? Misalkan: Rp10.000. Apabila 1 hari ada 20 orang yang mencuci motor maka anda sudah mendapatkan penghasilan Rp200.000 per hari atau Rp6 juta sebulan.

Maka keuntungan yang anda peroleh dalam sebulan adalah Operasional – Omzet = Untung. Sehingga menghasilkan sebesar Rp3.000.000.

Untuk bisa menghasilkan keuntungan atau pendapatan maksimal maka anda perlu membuka usaha dilokasi yang strategis dan pastikan anda memberikan service atau pelayanan terbaik untuk pelanggan anda sehingga pelanggan dapat kembali lagi untuk mencuci motornya.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.