Bank Tabungan Negara

Bank Tabungan Negara (BTN) – Bank BTN merupakan Bank BUMN yang berbentuk perseroan tbk, melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keuangan berupa simpanan, investasi dan kredit. yang berfokus pada 3 jenis sektor usaha diantaranya : Simpanan Tabungan dan Pinjaman, Perumahan dan perbankan komersial, dan Syariah-banking (perbankan syariah).

Bank BTN menyediakan berbagai produk dan jasa di bidang perumahan, terutama melalui pinjaman (KPR), baik KPR bersubsidi untuk kelas menengah ke bawah segmen masyarakat Indonesia dan hipotik non-subsidi untuk kelas menengah ke segmen kelas atas.

Bank Tabungan Negara dikenal di masyarakat dengan sebutan Bank BTN dan kantor pusatnya berlokasi di Jakarta, Indonesia. Bank Tabungan Negara secara harfiah berarti “Bank Tabungan Negara” di Indonesia. Produk Bank BTN termasuk rekening bank (tabungan, deposito saat ini dan tetap), pinjaman (pinjaman pribadi, bisnis dan rumah) dan layanan perbankan Syariah.

Logo Bank BTN

Logo Bank BTN

Sejarahnya : Bank BTN ini telah berdiri sejak tahun 1897 dengan nama awal Postpaarbank yang berkantor pusat terletak di Batavia. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, bank beku dan diganti dengan Tyokin Me atau Chokinkyoku.

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, bank diambil alih oleh pemerintah Indonesia pada 9 Februari 1950 di bawah Undang-Undang No.9 Darurat dan berganti nama menjadi “Bank Tabungan Pos” (Pos Bank Tabungan).

Pada tahun 1963, nama saat bank, Bank Tabungan Negara diadopsi. Bank BTN menjadi bank pertama yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyediakan pembiayaan perumahan dan hipotek untuk individu berpenghasilan rendah dan menengah.

Sumber : Wikipedia