Beli Mobil Sebaiknya Cash atau Kredit, Pilih mana??

membeli mobil cash atau kredit
membeli mobil cash atau kredit

membeli mobil cash atau kredit

Mobil adalah transportasi yang sangat diminati semua orang, tapi karena harganya yang mahal sehingga butuh perjuangan untuk bisa membelinya, apalagi kalau hanya punya gaji pas pasan bisa jadi memiliki mobil hanya sebuah mimpi.

Tidak ada hal yang tidak mungkin di kehidupan ini, semuanya serba mungkin. Barang kali saja, di kemudian hari kamu bisa punya usaha yang sukses dengan penghasilan puluhan juta rupiah tentu bisa mewujudkan mimpi untuk membeli mobil pribadi.

Ngomong-ngomong soal beli mobil, ada 2 cara pembayaran yang dapat dilakukan yaitu membeli mobil dengan cara cash atau membeli mobil dengan cara kredit.

Kalau ditanya pilih mana maka ada suatu pertimbangan yang harus difahami, agar keuangan rumah tanggamu tidak berantakan hanya karena memaksakan membeli mobil pribadi untuk gengsi.

Berapa penghasilan dan sisanya dalam sebulan?

Sebelum membeli mobil mari kita akan lihat dari sisi penghasilan dan pengeluaran, berapa sih penghasilan yang bisa kamu dapatkan dan berapa sisanya setiap bulan??

Tentunya kamu harus memprioritaskan pengeluaran pokok terlebih dahulu seperti uang makan, operasional sehari-hari, biaya kontrakan (kalau ngontrak), biaya anak sekolah, bayar hutang, dsb.

Setelah membagi ke semua pos pengeluaran kira-kira berapa penghasilan bulanan yang tersisa?? Kalau mau beli mobil secara tunai artinya kamu harus menabung dulu beberapa tahun, tapi kalau mau kredit tentu punya kewajiban untuk bayar setiap bulan dari sisa tersebut.

Kalau kamu sabar menunggu, maka kamu bisa memilih untuk menabung beberapa bulan untuk mewujudkan mimpi tersebut untuk membeli mobil secara cash.

Tapi, jika kamu memutuskan untuk kredit mobil, jangan sampai menjadi beban keuangan tambahan, mobil yang kamu beli belum sepenuhnya menjadi milik sendiri, ada kewajiban kredit yang harus dibayar setiap bulannya.

Disini sudah terlihat jelas mana keputuskan yang harus anda ambil, kalau memang sabar menunggu maka kamu harus menabung, atau kalau memang sudah punya uang yang cukup untuk membeli mobil sesuai yang diinginkan maka belilah mobil itu secara cash / tunai.

Biasanya membeli mobil secara cash atau tunai akan mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan, diskonnya dalam bentuk cashback bisa sampai 20%, tentu ini akan membuat anda menjadi lebih untung.

Tapi kalau memang sudah tidak sabar padahal uang untuk membeli mobil cash tidak cukup, maka kamu bisa mengambil langkah untuk membeli secara kredit, tapi pastikan sisa dari penghasilan bulanan dapat mencukupi untuk membayar cicilan mobil setiap bulan, jangan sampai terjadi cicilan mobil dibayar dengan hutang.

Membeli mobil secara kredit, bisa mewujudkan mimpimu memiliki mobil pribadi tanpa harus menunggu lama, tapi kamu harus memikirkan kewajiban membayar cicilannya setiap bulan.

  1. Kalau sabar menabung maka beli cash
  2. Kalau punya cukup uang terkumpul maka beli cash
  3. Ingin dapat cashback maka beli cash
  4. Kalau tidak sabar tapi uang tidak cukup maka beli kredit
  5. Kalau yakin mampu bayar cicilan maka beli kredit
  6. Punya penghasilan besar boleh kredit atau boleh cash

Harga mobil yang di beli secara kredit jatuhnya memang lebih mahal, karena terdapat bunga yang harus dibayar, bunga itulah yang menjadi keuntungan pihak leasing dari penjualan mobil secara kredit.

Segala sesuatunya harus disesuaikan kebutuhan Kebutuhan dan Keuangan, agar kehidupan menjadi lebih sejahtera, jangan berambisi dengan gengsi

Membeli sesuatu apasaja sudah seharusnya di dengan kemampuan, termasuk juga dapat membeli mobil pribadi. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara cash atau kredit, ada baiknya untuk membuat perhitungan ulang secara mendalam seluruh biaya yang harus dibayarkan agar jangan sampai jadi beban keuangan yang berlebihan.

Tinggalkan Pesan Anda di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.