cara tarik tunai di mandiri

TRANSAKSI: 9 Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Mengambil uang lewat ATM Mandiri mungkin terlihat mudah, tapi ternyata ada banyak nasabah yang masih bingung cara melakukannya, agar dapat melakukannya maka anda bisa baca panduan bertransaksi yang aman dan mudah berdasarkan pengalaman yang telah kami lakukan.

Uang yang diambil lewat ATM adalah uang yang kita simpan didalam rekening, dimana saldo rekening akan terpotong otomatis sesuai dengan uang yang diambil, pengambilan uang lewat ATM Mandiri tidak dikenakan biaya tapi kalau ambil uang di ATM BCA maka akan dikenakan biaya administrasi.

Nasabah dapat mengambil uang nya lewat ATM sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu terdapat batas maksimal (limit) yang disesuaikan dengan jenis kartu ATM yang digunakan, ada yang sehari Rp5 juta saja, sehari Rp10 juta dan sebagainya.

Pengambilan uang lewat ATM hanya bisa menggunakan kartu ATM dan mengetahui pin rahasia yang digunakan, jika nasabah salah dalam memasukan kartu ATM maka kartunya akan diblokir dan nasabah harus membuat kartu yang baru agar bisa melakukan transaksi lewat atm lagi, jadi jangan sampai salah memasukan pin nya ya.

cara tarik tunai di mandiri
cara tarik tunai di mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Bagi anda yang masih bingung dan belum tahu bagaimana cara tarik tunai lewat ATM mandiri maka bisa ikuti langkah-demi-langkah yang kami sebutkan dibawah ini:

1. Pergi ke ATM Mandiri Terdekat

Kami sarankan untuk menggunakan mesin ATM khusus dari Mandiri saja, agar lebih mudah dalam melakukan transaksi.

Anda juga bisa menggunakan mesin ATM yang berlogo link (biasanya berwarna merah), untuk penarikan tunai tidak dikenakan biaya tambahan.

Kalau anda ambil uang di atm bca, atm bank mega, atm danamon, atm permata dll selain (bni, bri, mandiri, dan btn) maka akan dikenakan biaya transaksi per penarikan uang.

Mengapa hal ini perlu kita perhitungkan?

karena banyak nasabah yang tidak sadar bahwa uangnya bisa terpotong ketika melakukan transaksi lewat atm selain ATM Mandiri dan bank himbara, biaya admin berlaku juga untuk transfer uang.

2. Pilih Bahasa Indonesia

Pada saat akan melakukan transaksi di mesin ATM biasanya akan ditanyakan untuk memilih bahasa, hanya terdapat 2 pilihan yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Karena kita WNI maka kita bisa memiliki bahasa indonesia, bahasa inggris disiapkan untuk memudahkan WNA yang akan melakukan transaksi menggunakan ATM tersebut.

3. Masukan PIN ATM dengan Benar

Kartu ATM nasabah dilindungi dengan PIN Rahasia yang hanya diketahui oleh nasabah yang punya, tidak ada yang mengetahuinya bahkan pihak bank pun tidak tahu dengan PIN yang digunakan oleh nasabah.

Pastikan anda memasukan PIN dengan benar, jangan sampai anda salah. Karena jika salah memasukan pin lebih dari 3 kali maka kartu ATM akan diblokir dan anda harus mengurus ulang pembuatan kartu atm di kantor cabang.

PIN ATM berjumlah 6 digit angka.

4. Pilih Penarikan Jumlah Lain

Dalam mesin ATM Mandiri biasanya terdapat pilihan nominal yaitu Rp100ribu, Rp300ribu, Rp500 ribu dan Rp1 juta, jika tidak tersedia nominal yang ingin anda ambil maka bisa menggunakan pilihan menu penarikan jumlah lain.

Anda hanya bisa mengambil uang kelipatan angka yang dilayani oleh ATM tersebut, biasanya disetiap ATM akan ada tulisan nominal uang yang bisa diambil yaitu kelipatan Rp50.000 atau Rp100.000

5. Masukan jumlah Uang yang ingin di Ambil

Karena ini penarikan jumlah lain, maka anda bisa menuliskan jumlah uang yang ingin di ambil berdasarkan kelipatan uang yang dilayani oleh mesin ATM tersebut.

Kalau mesin ATM hanya melayani kelipatan Rp100.000 maka anda tidak bisa mengambil uang Rp50.000, Rp150.000, Rp250.000 dan seterusnya.

Kami harap anda faham dengan ini, jika sudah menuliskan nominal yang ingin di ambil maka selanjutnya anda pilih Benar.

6. Apakah ingin menampilkan saldo di Layar?

Ada hal yang perlu anda pilih, silahkan anda pilih YA saja agar saldo tidak ditampilkan dilayar, dan anda akan mendapatkan Struk bukti penarikan tunai.

7. Proses sedang berlangsung

Mesin ATM akan memproses transkasi anda, uang akan dihitung secara komputerisasi dan akan keluar melalui lubang uang sesuai dengan jumlah yang anda inginkan.

8. Ambil Uang dan Struk nya

Setelah proses selesai maka uang yang anda inginkan akan keluar, anda boleh menghitung uang yang keluar atau boleh juga tidak karena dapat dipastikan uang yang keluar sudah sesuai dan pas.

Dan jangan lupa untuk mengambil struknya.

9. Ambil Kartu ATM sebelum pergi

Segera ambil kartu ATM anda setelah melakukan transaksi sebelum meninggalkan mesin ATM.

Masih banyak nasabah yang terburu-buru hingga akhirnya kartu ATM nya masih tertinggal di lubang mesin ATM, tentu ini akan berbahaya dan dapat disalahgunakan oleh orang lain.

Demikian itu tadi 9 langkah yang dapat anda ikuti untuk mengambil atau tarik tunai uang di mesin ATM Mandiri menggunakan kartu ATM yang anda punya, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.