Barang dari China tertahan di Bea Cukai

Melalui shopee kita bisa membeli barang dari luar negeri.

Barang yang statusnya dikirim dari luar negeri ternyata pengirimannya dari China.

paket dari china di tahan bea cukai
paket dari china di tahan bea cukai

China memang dikenal sebagai negara produksi dari berbagai jenis barang, sehingga barang tersebut diberi label “made in china”.

Barang-barang dari china dibandrol dengan harga yang murah sehingga bisa dijual uang (reseller) di Indonesia dengan harga yang sangat menguntungkan dan itu laku dipasaran.

Saat ini siapa saja bisa membeli barang dari china melalui shopee, tak heran jika banyak orang belanja di china lalu di jual lagi di Indonesia atau untuk pakai sendiri.

Barang dari China tertahan di Bea Cukai

Ketika anda membeli barang dari china baik itu melalui shopee atau aliexpress maka pengirimannya membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya, bisa jadi 7 hari baru sampai jika tidak mengalami kendala di bea cukai.

Barang yang di beli dari china biasanya akan di kirim menggunakan Standard Express yaitu sebuah ekspedisi yang mengantarkan paket antar negara termasuk dari china ke indonesia, yang kemudian dilanjutkan ke kurir JNE sebagai rekanannya.

Namun ternyata, tidak semua pengiriman paket dari china ke indonesia berjalan lancar, ada banyak kasus yang terjadi di lapangan yang menyebabkan paket tertahan di bea cukai.

Barang atau paket yang tertahan di bea cukai memiliki keterangan “parcel is in transit from China to Indonesia”.

Solusi jika Paket Tertahan Bea Cukai

Ketika paket yang dikirim dari china untuk kita tertahan di bea cukai maka kalian harus mengurus paket tersebut agar bisa di ambil.

Biasanya penerima akan mendapatkan pemberitahuan dari bea cukai untuk segera mengurus paket yang tertahan, didalam pemberitahuan tersebut juga di jelaskan apa yang harus di lakukan.

Bea cukai meminta penerima untuk melengkapi syarat dokumen yang diperlukan sesuai dengan permintaan pihak bea cukai terkait dengan “case” yang dialami silahkan cek kembali isi surat pemberitahuan dari bea cukai.

Kirim syarat dokumen yang diperlukan melalui email dan fax yang tertulis dalam surat tersebut, pokoknya semua tertulis jelas didalam surat yang dikirim bea cukai kepada anda.

Mengapa Paket di Tahan Bea Cukai?

Paket yang ditahan oleh bea cukai tentu bukan tanpa alasannya.

Tentu terdapat regulasi yang mengatur terkait pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia termasuk dari china.

  • Harga barang dalam paket mencapai lebih dari $100
  • Penerima paket harus bayar pajak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Paket yang dikirim masuk ke dalam kategori barang yang harus punya ijin masuk.
  • dan lain sebagainya.

Leave a Comment