pengembalian pesanan

Mengembalikan Pesanan Shopee yang Rusak atau Tidak Sesuai

pengembalian pesanan

Belanja online di shopee memang harus pintar dalam memilih, karena dari sekian banyak penjual (toko) ada saja yang berbuat curang yaitu dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan gambar bahkan barang yang dikirim rusak.

Tentu kita sebagai pembeli merasa keberatan jika harus menerima barang rusak atau barang yang tidak sesuai dengan keinginan, apalagi kita sudah melakukan bayar dengan uang yang tidak sedikit.

Untuk mengembalikan pesanan atau komplain, anda jangan menekan konfirmasi barang diterima pada aplikasi shopeenya sebelum membuka paket yang anda terima, karena kalau sudah di konfirmasi maka tidak bisa mengajukan pengembalian, kecuali kebijakan dari toko.

Pengembalian Barang yang dibeli di Shopee

Pada saat akan mengembalikan barang yang kita beli di shopee, maka kita perlu memiliki bukti dan alasan yang kuat mengapa barang yang sudah diterima ingin dikembalikan.

1. Membuat Video Unboxing Paket

Salah satu hal yang perlu kita miliki yaitu kita harus membuat video unboxing paket yang kita terima tersebut, dalam videonya terlihat jelas nama pengirim dan penerima serta nomor resi yang tertera pada paket.

2. Video Kerusakan Barang

Masih dalam rangkaian perekaman video unboxing, jika ternyata ditemukan barang rusak atau tidak sesuai pesanan maka berikan komentar dalam video tersebut sekaligus menunjukan barangnya.

3. Upload Video ke Youtube

Video Unboxing dan Video keberatan terhadap produk yang dikirim penjual perlu di upload ke youtube yang kemudian share link video tersebut ke pihak Shopee sebagai penengah untuk meninjau bukti tersebut apakah valid atau tidak.

4. Ajukan Pengembalian di Pesanan Dikirim

Anda jangan mengklik “pesanan diterima” pada halaman pesanan terkirim di aplikasi shopee, melainkan anda harus klik menu “ajukan pengembalian”.

Anda perlu menyebutkan alasan pengembalian barang, dan upload foto pendukungnya.

Setelah itu, pihak shopee akan menindak lanjuti pengajukan proses pengembalian barang untuk ditanggapi oleh pihak penjual, jika penjual keberatan maka anda mengajukan banding lagi dengan mengirimkan video unboxing dan video kerusakan / produk tidak sesuai.

5. Ikuti Proses sampai Selesai

Proses pengajukan pengembalian membutuhkan waktu yang cukup lama bisa sampai 1 minggu, ikuti terus prosesnya. Kirim bukti kuat yang diminta oleh pihak shopee, jangan sampai penjual yang menang dengan kasus ini.

6. Kembalikan Barang ke Penjual

Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengirimkan barang refund ke penjual menggunakan ekspedisi JNE atau JNT. Lalu, input nomor resinya.

7. Uang akan dikembalikan ke Shopeepay

Jika anda terbukti benar maka uang yang anda gunakan untuk membeli barang tersebut akan dikembalikan oleh shopee dalam bentuk shopeepay.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengembalian pesanan shopee yang tidak sesuai atau rusak, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar, dengan senang hati kami akan bantu menjawabnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.