Bertahan Hidup dengan Gaji 1 Juta Perbulan Memang Berat

hidup dengan gaji 1 juta
hidup dengan gaji 1 juta

hidup dengan gaji 1 juta

Setiap orang tentu sangat menginginkan mempunyai penghasilan besar agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya terlebih lagi ketika sudah memiliki keluarga karena memang kebutuhan terus meningkat.

Tak sedikit orang yang memiliki gaji hanya 1 juta perbulan, tentu hal ini akan membuat serba kerepotan untuk memenuhi berbagai kebutuhan terutama kebutuhan anak, karena kebutuhan anak dinilai sangat besar.

Sebenarnya cukup atau tidaknya seseorang terhadap gaji yang mereka miliki adalah tergantung dari gaya hidupnya, sebab ada juga orang yang punya penghasilan puluhan juta tetap merasa kekurangan.

Kurangnya seseorang terhadap uang karena memiliki keinginanan membeli ini dan itu, disinilah letak perbedaannya. Apabila hanya memiliki gaji 1 juta perbulan maka waktu yang anda butuhkan untuk membeli yang anda inginkan menjadi lebih lama.

Apabila anda tergolong salah satu orang yang memiliki gaji hanya 1 juta maka sederhanakan gaya hidup terlebih dahulu dan gunakan untuk anggaran biaya hidup.

Kami tahu kondisi seperti ini memanglah berat karena standar ekonomi adalah UMR yang ditetapkan pemerintah. Sehingga anda perlu mencoba melakukan sesuatu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba menghitung kebutuan atau biaya hidup sederhana, apapun keinginan untuk memiliki sesuatu di kesampingkan dulu kecuali anda bisa menyisihkan sebagian uang atau bisa mendapatkan uang tambahan.

1. Biaya tempat tinggal

Seseorang tentu membutuhkan tempat tinggal, khususnya bagi yang sudah berumah tangga. Kalau sudah punya rumah sendiri dari warisan atau pemberian itu lebih baik, akan tetapi bagi yang tidak punya maka memutuskan untuk ngontrak rumah.

Karena hanya punya gaji 1 juta perbulan maka tepi rumah yang bisa dikontrak disesuaikan paling tidak mengontrak bedengan yang biayanya lebih murah dibanding ngontrak rumah secara penuh.

Biaya kontrakan juga tergantung dari daerah, kita asumsikan saja kira-kira: Rp250.000 perbulan.

2. Biaya Makan untuk Keluarga

Makan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditunda, melihat kondisi anda dengan gaji 1 juta perbulan maka anda harus bijak dalam penggunakan anggaran.

Hindari membeli makanan diluar karena biayanya jauh lebih besar daripada masak sendiri, anggaran yang anda butuhkan untuk makan yaitu Rp400.000 (tentu hanya makan seadanya).

3. Biaya Kebutuhan Listrik

Listrik menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga, artinya kebutuhan ini juga harus dipenuhi. Anda harus bisa hemat dalam penggunaan listrik, hindari penggunaan alat-alat elektronik yang seharusnya belum anda gunakan.

Kalau hanya sekedar kipas angin, lampu, pompa air, strika maka diestimasikan hanya menghabiskan uang Rp150.000 perbulan. Kebutuhan listrik terbesar adalah Strika dan Nonton TV.

4. Kebutuhan pokok lainnya

Kebutuhan lain yang tidak bisa ditunda seperti air minum, gas lpg untuk memasak, pakaian sehari-hari, transportasi, kebutuhan bayi (jika ada), uang jajan anak sekolah, dan lain-lain

(catatan: hindari rokok karena ini jadi pengeluaran yang cukup besar)

Gunakan sisa nya dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan ini, walaupun memang dirasa masih kurang. Maka dari itu, sebagai suami istri harus bisa bekerja sama, saling memotivasi bukan saling menyalahkan.

Apabila mempunyai impian yang harus dicapai artinya anda harus sama-sama bekerja keras dan saling mengerti. Bekerjasama bagaimana agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bermusyawarah untuk mencari solusi.

Hidup sederhana ini menerima apa adanya, gunakan mindset “mampu dibeli, belum mampu ditunda“. Nikmati pahit manisnya dan Hiraukan omongan orang lain yang bisa membuat anda lemah, Allah SWT akan sangat mudah merubah kehidupan bagi hambanya yang berusaha dan selalu taat beribadah.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.