kantor samsat kediri

Cara Bayar Pajak Mobil Tahunan di Samsat

Ketika kita membeli mobil maka kita memiliki kewajiban untuk membayar pajak, besarnya pajak tergantung dari tahun produksi mobil dan jenis mobil yang kita beli, semakin tua tahunnya maka pajaknya semakin kecil dan semakin mahal jenis mobilnya maka semakin tinggi pajaknya..

Hal inilah yang terkadang menjadi alasan seseorang memilih untuk membeli mobil bekas, karena sudah pasti pajak yang harus dibayar setiap tahunnya lebih ringan daripada mobil baru.

Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan baik itu mobil maupun motor, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pajak dibayar setiap 1 tahun sekali, selanjutnya setelah 5 tahun harus mengganti plat nomor.

Dimana Membayar Pajak?

kantor samsat kediri

Tempat membayar pajak kendaraan baik motor atau mobil yaitu di SAMSAT sesuai dengan plat nomor terdaftar, artinya jika plat nomor anda diterbitkan dari KEDIRI maka bayar pajaknya di samsat kediri, tidak bisa di samsat kota lainnya.

Syarat Membayar Pajak?

Saat hendak membayar pajak, ada beberapa dokumen yang diperlukan yaitu:

  • KTP Asli dan Fotocopy
  • STNK Asli dan Fotocopy
  • Bila perlu bawa juga BPKB

Apakah Membayar Pajak Boleh Diwakilkan?

Pertanyaan yang bagus, terkadang ada pemilik kendaraan yang tidak punya waktu untuk membayar pajak sehingga meminta bantuan orang lain untuk membayarnya.

Mungkin yang bersangkutan sedang sibuk kerja atau keluar kota, maka anda bisa mewakilkan orang lain untuk membayar pajak kendaraan. Pastikan syarat – syarat membayar pajak sudah lengkap dan tinggal dibawa ke kantor SAMSAT.

Cara Bayar Pajak Mobil Tahunan di Samsat?

Alur pembayaran pajak tidak sulit dan tidak ribet, prosesnya sangat mudah berikut ini adalah beberapa proses yang harus anda lalui untuk membayar pajak:

  • Siapkan semua berkas yang dibutuhkan
  • Pergi ke kantor SAMSAT
  • Masuk ke bagian Registrasi (serahkan dokumennya)
  • Tunggu sampai dipanggil
  • Bayar Pajak sesuai yang tertera pada STNK baru
  • Ambil STNK Baru Anda
  • Selesai

Denda Telat Bayar Pajak?

Ternyata tidak sedikit para pemilik kendaraan yang lupa membayar pajak, karena memang pajak dilakukan setiap tahun.

Ada yang lupa 2 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan dan seterusnya.

Jika anda termasuk orang yang telat membayar pajak kendaraan maka anda harus tahu denda keterlambatan yang harus dibayar.

Rumusnya adalah DENDA = (PKB x 25%) x (bulan terlambat/12)

Jika anda telat bayar pajak 2 bulan, dan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) anda sebesar Rp2.000.000 maka denda yang harus dibayar adalah sebagai berikut, dihitung sesuai rumus:

(Rp2 juta x 25%) x (2/12) = Rp83.333

Leave a Comment

Your email address will not be published.