kartu atm lupa pin

Lupa PIN ATM dan Kartu ATM Terblokir

kartu atm lupa pin
kartu atm lupa pin

ATM merupakan singkatan dari anjungan tunai mandiri, sebuah teknologi komputer yang memungkinkan nasabah dapat melakukan transaksi tunai dan non tunai, untuk mengakses rekening melalui mesin ATM maka perlu memiliki sebuah kartu yang disebut dengan kartu debit.

Ketika kita membuka rekening tabungan di bank biasanya akan mendapatkan kartu atm, sehingga kita bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai (ambil uang), transfer uang, pembayaran dan sebagainya melalui mesin atm yang telah disediakan di tempat-tempat umum.

Namun perlu diketahui, ketika anda menggunakan kartu atm akan dikenakan biaya administrasi setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, masing-masing bank punya aturan yang berbeda-beda maka dari itu perlu mempelajarinya terlebih dahulu sebelumnya.

Lupa PIN ATM dan Kartu ATM Terblokir

Mungkin saja diantara anda ada yang mengalami sebuah masalah mengenai kartu atm, problem yang sering terjadi dan dialami banyak nasabah yaitu lupa dengan pin kartu atm nya, sehingga tidak bisa melakukan transaksi.

Kartu ATM dilindungi dengan 6 digit pin rahasia, hanya anda sendiri yang mengetahuinya.

Pada saat akan melakukan transaksi lewat mesin ATM maka nasabah wajib memasukan pin tersebut dengan benar, jika nasabah salah memasukan pin lebih dari 3 kali kesempatan maka kartu ATM akan diblokir.

Jika ternyata anda mengingat kembali PIN ATM tersebut dan sudah terlanjur di blokir, maka anda dapat menghubungi call center bank yang anda gunakan untuk melakukan reset ulang sehingga anda bisa menggunakan kartu ATM dengan PIN yang telah anda ingat.

Dengan begitu anda tidak perlu pergi ke kantor cabang. Akan tetapi bagaimana jika memang anda benar-benar lupa dengan pin atm nya??

Kalau memang anda lupa dengan PIN ATM yang anda gunakan, tidak ingat lagi maka solusinya adalah membuat kartu atm yang baru di kantor cabang, tentunya ke kantor bank yang anda gunakan.

Cara Buat Kartu ATM Baru karena Terblokir

Jika kartu atm anda sudah terblokir karena telah salah memasukan pin hingga 3 kali maka anda perlu membuat kartu atm yang baru.

Pembuatan kartu atm yang baru hanya dapat dilakukan di kantor cabang, bawalah syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat kartu atm seperti :

  1. Buku tabungan
  2. Kartu Atm yang terblokir
  3. Kartu Identitas
  4. Biaya Rp15.000

Permohonan untuk membuat kartu atm di kantor cabang tidak bisa diwakilkan, sehingga harus nasabah yang bersangkutan / pemilik rekening itu sendiri yang harus mengurusnya.

Anda bisa datang sesuai dengan jam kerja yang berlaku di bank tersebut.

Nomor Call Center Bank yang Anda Gunakan

Jika memang anda masih mengingat pin atm yang digunakan, sedangkan kartu atm sudah terlanjur di blokir maka anda bisa buka blokir dengan cara menghubungi nomor call center.

Berikut adalah daftar nomor call center bank di Indonesia:

  1. Call Center BRI 14017
  2. Call Center BNI 1500046
  3. Call Center Mandiri 14000
  4. Call Center BCA 1500888
  5. Call Center Bank Mega 60010
  6. Call Center Bank Muamalat 1500016
  7. Call Center Bank Danamon 1500090

Leave a Comment

Your email address will not be published.