Kenali Struk Bukti Transfer E-Cash ke Rekening Mandiri yang Asli

Banyak sekali modus penipuan yang dilakukan seseorang untuk menipu orang lain salah satu yang sering terjadi yaitu penipuan transfer menggunakan e-cash mandiri. Beberapa waktu lalu kami telah membahas mengenai modus penipuan e-cash mandiri yang terjadi di olx.

Baca Disini : Modus E-Cash di OLX

Penipuan ini tidak hanya mengejar para penjual di olx tapi juga mengejar penjual yang berjualan di instagram, modusnya adalah mereka calon pembeli mengaku bahwa telah melakukan pembayaran menggunakan e-cash mandiri dengan mengirimkan struk bukti transfer yang telah dilakukan.

Kemudian, meminta penjual untuk pergi ke ATM untuk melakukan penarikan dana yang telah di transfer menggunkan e-cash tersebut. Jika ini diteruskan maka akan berujung pada penipuan dan pelaku berhasil menipu korbannya. Maka dari itu ketika anda berjualan online maka tegaskan bahwa anda tidak terima pembayaran menggunakan e-cash.

Perlu anda ketahui bahwa e-cash hanya bisa digunakan untuk mengirimkan uang ke rekening mandiri maka jika penipu hanya akan mentarget penjual yang memiliki rekening mandiri. e-cash tidak bisa melakukan transfer uang ke bank lain seperti BCA, BNI, BRI atau lainnya.

Kenali Struk Bukti Transfer E-Cash ke Rekening Mandiri yang Asli

e-cash palsu

1. Terdapat logo mandiri di bagian kirim struk dan bagian atas, pastikan logo terlihat jelas dan sempurna bukan hasil editan photoshop. 

2. Terdapat tulisan kirim ke rekening mandiri, karena memang e-cash mandiri hanya dapat melakukan transfer ke rekening mandiri, jika ada yang mengaku telah transfer e-cash kerekening selain mandiri maka sudah dipastikan itu penipuan, tapi bukan berarti jika ada tulisan ke rekening mandiri sudah benar.

3. Font menggunakan 2 warna, yaitu warna hitam dan warna abu-abu. Tapi anda juga tetap harus waspada dan jangan percaya begitu aja karena ini juga bisa merupakan hasil editan komputer.

4. Terdapat 20 digit Nomor ref yang merupakan kombinasi angka tanggal, waktu dan kode unik transaksi. Tapi yang namanya penipu juga pinter, hal sepele seperti ini pun bisa saja dilakukan. 

5. Akan tertera nomor rekening dan nama pemilik rekening penerima pada lembar struk. Anda jangan mudah percaya begitu aja, karena nomor rekening bisa saja dimasukan dengan cara di edit.

6. Penulisan nominal uang menggunakan tanda titik bukan tanda koma, kalau ada bukti transfer yang menggunakan tanda koma maka dipastikan itu palsu, tapi walaupun menggunakan titik anda juga jangan lengah karena penipu mulai cerdik. 

Kesimpulan :

Pada intinya ketika anda berjualan online baik itu di Facebook, Instagram, atau OLX ketika calon pembeli melakukan pembayaran menggunakan e-cash maka tidak perlu anda tanggapi. Dan anda dapat menuliskan pada deskripsi barang jualan bahwa anda tidak menerima pembayaran menggunakan e-cash mandiri..



1 COMMENT

  1. Kalau mandiri digital dan mode nya hampir sma kaya e-cash

    Masukan kode amouth
    Itu bener atau tidak ya

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.