syarat mengajukan mesin edc

Inilah Syarat Mendapatkan Mesin EDC untuk Toko Anda

syarat mengajukan mesin edc
syarat mengajukan mesin edc

EDC merupakan singkatan dari Electronic Data Capture.

Sebuah mesin perbankan yang digunakan untuk transaksi dengan fungsi yang sama dengan ATM, hanya saja EDC tidak bisa melakukan penarikan uang langsung.

Mesin EDC sering digunakan untuk melayani proses transaksi di sebuah toko besar atau mall, karena memang lebih mudah dan praktis tanpa harus menggunakan uang tunai.

Jika anda seorang pemilik usaha maka sebaiknya segera meyediakan mesin EDC karena dengan adanya mesin ini pelanggan anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu ATM, tanpa harus membawa uang tunai.

Apa itu Mesin EDC?

Setiap bank mengerluarkan mesin EDC yang dapat digunakan oleh pemilik usaha untuk membantu melakukan transaksi non-tunai, artinya jika pembeli punya kartu ATM maka bisa langsung bayar menggunakan kartu tersebut.

Proses transaksinya yaitu pembeli melakukan pembayaran menggunakan kartu ATM, kemudian saldo didalam rekening akan terpotong sesuai dengan total belanja yang dilakukan di toko anda.

Contohnya seperti ketika anda pergi ke Indomaret atau Alfamart biasanya tersedia mesin EDC kecil yang digunakan untuk melayani pelanggan yang ingin membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Inilah Syarat Mendapatkan Mesin EDC untuk Toko Anda

Sebagai pemilik usaha yang sudah besar maka sudah seharusnya menggunakan EDC untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran.

Anda dapat memilih ingin menggunakan EDC dari bank apa, karena masing-masing bank mengeluarkan mesin EDC sendiri.

Syarat Umum mengajukan Mesin EDC:

  1. Wajib menjadi Nasabah Bank Terkait
  2. Menyertakan KTP Nasabah
  3. NPWP pribadi atau Badan Usaha
  4. SIUP/TDP/Surat Keterangan Domisili
  5. Akta Pendirian Usaha
  6. Sertifikat Kepemilikan Tempat/Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha
  7. Buku rekening tabungan

* Namun perlu anda ingat bahwa masing-masing bank punya syarat kebijakan masing-masing maka anda perlu kordinasi dengan petugas bank terkait.

Paling tidak di toko anda terdapat 3 buah mesin EDC mulai dari BRI, BNI dan Mandiri maka anda bisa mengunjungi kantor cabang terdekat untuk proses pengajuan.

Anda akan diminta mengisi formulier permohonan pengajuan mesin EDC untuk keperluan transaksi sebuah usaha, jika syarat administrasi terpenuhi maka mesin EDC akan di keluarkan.

Mesin EDC bukan milik anda, status nya hanya di pinjamankan

Manfaat Menggunakan Mesin EDC di Toko

Memfasilitasi sebuah alat transaksi seperti ini merupakan sebuah bentuk kemajuan yang harus diikuti, karena kita tahu banyak masyarakat yang lebih suka membawa kartu ATM daripada uang tunai.

Ada beberapa manfaat yang dapat anda rasakan ketika tersedia mesin EDC di toko anda:

  1. Memudahkan transaksi pembayaran antara toko dengan pembeli
  2. Terdapat promosi khusus untuk Pembeli jika bayar pakai mesin EDC
  3. Bisa melayani transfer uang ke rekening orang lain
  4. Lebih Efisien waktu

Nah itulah informasi umum yang dapat kami sampaikan mengenai syarat yang diperlukan untuk mendapatkan mesin EDC untuk keperluan usaha anda.

Baca Disini: Cara Mengajukan Mesin EDC di BRI