akun di retas penipu

Akun Shopee dihack untuk Belanja pakai Shopee Paylater

akun di retas penipu

Jangan sampai ada seseorang bisa masuk menggunakan akun shopee kalian, karena dikhawatirkan mereka menggunakan akun kalian untuk belanja online menggunakan shopee paylater, peristiwa ini sering kali terjadi dan dialami oleh banyak pengguna shopee.

Para pelaku kejahatan cyber melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan akun pengguna shopee, dari banyak cara yang sering digunakan yaitu meminta kode OTP dengan alasan verifikasi hadiah atau menggunakan situs abal-abal.

Modus Meminta Kode OTP

Pelaku mengirimkan sms atau menelpon korban, pelaku / penipu berpura-pura sebagai tim dari shopee yang menyebutkan bahwa memenangkan hadiah berupa saldo shopeepay. Untuk memverifikasi hadiah maka pelaku meminta korban menyebutkan kode OTP yang dikirim lewat SMS.

Bagi pengguna awam tentu sangat mudah percaya dan memberikan kode OTP tersebut dengan harapan mendapatkan hadiah seperti yang di janjikan, justru setelah kode OTP diberikan pelaku bisa mengakses akun dan menggunakan akun untuk belanja menggunakan shopeepay atau shopee paylater.

Modus Verifikasi Menggunakan Alamat Situs Jebakan

Selain meminta kode OTP, modus yang sering dilakukan yaitu pelaku meminta korban untuk melakukan verifikasi melalui situs jebakan yang telah dibuat serupa dengan tampilan halaman shopee.

Pengguna akan diminta memasukan Username dan Password yang digunakan, dengan begitu pelaku dapat mengetahuinya karena ketika pengguna memasukan username dan password akan terekam jejaknya oleh pelaku .

Setelah mengetahui username dan password maka dengan cepat pelaku mengakses akun dan menggunaknnya untuk kepentikan pribadinya, maka dari itu anda harus waspada dan berhati-hati.

Digunakan untuk Belanja Menggunakan Shopee PayLater

Pelaku yang berhasil masuk ke akun pengguna shopee maka memanfaatkannya untuk membeli sesuatu barang menggunakan motode pembayaran shopee paylater.

Artinya pelaku membeli barang di sebuah toko yang kemudian di kirimkan ke alamat yang sudah ditentukan, selanjutnya shopee akan mengirimkan tagihan ke pengguna akun shopee sebenarnya karena akun nya sudah digunakan untuk belanja menggunakan shopee paylater.

Shopee Paylater adalah sebuah layanan pembayaran khusus untuk pengguna yang telah terverifikasi, dimana pengguna dapat belanja terlebih dahulu walaupun belum punya uang, karena bisa dibayar secara angsuran atau cicilan.

Karena pelaku dapat masuk ke akun shopee maka pelaku menggunakannya untuk belanja menggunakan shopee paylater, dan kemudian pengguna sebenarnya akan mendapatkan tagihan tersebut. Tentu ini sangat merugikan pemilik akun sebenarnya.

Maka dari itu, berhati-hati dan waspada jangan sampai ada seseorang yang dapat mengakses akun shopee anda. Jangan berikan kode OTP kepada siapapun termasuk kepada seseorang yang mengaku sebagai tim shopee, dan jangan pernah memasukan username dan password selain di aplikasi resmi shopee.

Leave a Comment

Your email address will not be published.