mesin atm bank bni

Apakah Bisa Ambil Uang di ATM Lain?

mesin atm bank bni

Terkadang kita tidak menjumpai mesin ATM yang sesuai dengan kartu ATM yang kita miliki, padahal kita sedang membutuhkan untuk mengambil uang, tapi kita hanya menemukan mesin ATM Bank lain.

Misalnya:

  • Anda punya Kartu ATM BNI tapi hanya menemukan mesin ATM Mandiri
  • Anda punya Kartu ATM Mandiri tapi hanya menemukan mesin ATM BRI
  • Anda punya Kartu ATM BCA tapi hanya menemukan mesin ATM BNI
  • Anda punya Kartu ATM BRI tapi hanya menemukan mesin ATM BCA
  • dan lain sebagainya.

Apakah Bisa Ambil Uang di ATM Lain Tersebut?

Kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang anda miliki, ketika anda hanya menemukan ATM Bank lain maka anda tetap bisa melakukan transkasi baik itu untuk transfer uang maupun untuk tarik tunai (ambil uang lewat ATM tersebut).

Karena saat ini semua bank sudah saling terhubung sehingga nasabah bisa melakukan transaksi walaupun menggunakan mesin ATM Bank lain.

Misalnya, saya menggunakan kartu ATM BRI tapi saya hanya menemukan ATM Bank Mandiri maka saya tetap bisa melakukan transaksi di mesin ATM Mandiri tersebut menggunakan kartu ATM yang saya miliki.

Ketahui Biaya Transaksi di ATM Bank Lain

Yang perlu anda ketahui adalah biaya yang harus dibayar ketika menggunakan ATM Bank lain, karena memang ada biaya transaksi yang akan dipotong langsung dari saldo tabungan.

Kalau anda menggunakan bank himbara (himpunan bank negara) seperti BNI, Mandiri, BRI dan BTN maka anda bisa melakukan penarikan tunai di mesin ATM sesama Himbara (atau link) tanpa dikenakan biaya tapi kalau untuk transfer dikenakan biaya Rp4000/transaksi

Akan tetapi jika ternyata anda transkasi di mesin ATM bank lain dan bukan sesama bank himbara maka nasabah akan dikenakan biaya setiap transaksi yang dilakukan baik itu tarik tunai maupun transfer uang.

Contoh:

  • Transaksi di mesin BCA dikenakan biaya Rp6500/transaksi
  • Nasabah BCA transaksi di Bank BNI dikenakan biaya Rp6500/transaksi
  • Bank Konvensional transaksi di bank ATM bank syariah dikenakan biaya transkasi juga.

Maka dari itu, anda juga harus cermat ketika transaksi menggunakan mesin ATM bank lain karena ada biaya transaksi yang harus dibayar, jika anda tidak mengetahuinya maka anda akan bingung mengapa uang dalam saldo tabungan berkurang.

Tarik Tunai menggunakan ATM BRI Syariah

Saya pernah melakukan transaksi menggunakan kartu ATM BNI di mesin ATM BRI Syariah ternyata dikenakan biaya yang besar banget, saat itu saya mengambil uang (tarik tunai).

Setelah saya hitung saldo sebelumnya adalah Rp9.985.000 setelah saya ambil Rp1.200.000 ternyata sisa saldo menjadi Rp8.777.000, artinya ada biaya Rp8.000 yang harus dibayar pertransaksi.

Jika melakukan transaksi 5 kali maka artinya anda akan dikenakan biaya Rp40.000, dan itu biaya yang cukup besar, lebih baik anda pergi ke ATM BRI Link untuk melakukan penarikan tunai (biaya menjadi lebih murah)..

Kesimpulan

Anda tetap bisa melakukan transaksi (tarik tunai atau transfer) melalui mesin ATM Bank lain, tapi anda juga perlu memperhitungkan biaya transkasi yang harus dibayar ketika melakukan transaksi. Anda bisa transaksi di mesin ATM Bank lain jika sangat diperlukan (mendesak).

1 thought on “Apakah Bisa Ambil Uang di ATM Lain?”

  1. Mohon pencerahannya kak. Saya juga sering menggunakan kartu atm BRI di atm BCA di karnakan mesin atm BRI kadang tidak berfungsi kayak Kartu atm bri saya tiba” di tolak, tp saya lihat punya org lain gk di tolak dan di mesin atm yg sama. Itu kenapa ya. Apakah ngaruh gara” saya sering menggunakan mesin lain selain bri atau link.

Leave a Comment

Your email address will not be published.