PERBANDINGAN: Tapenas BNI vs Tabungan Rencana Mandiri

tabungan rencana di bank

Menabung di bank adalah kegiatan menyimpan uang di tempat yang lebih aman dari berbagai resiko, hanya saja di bank terdapat beberapa jenis tabungan yang dapat gunakan sesuai dengan kebutuhan nasabah ada tabungan mandiri dan ada tabungan rencana

Jika anda ingin merencanakan sesuatu di masa depan (dalam jangka waktu tertentu) seperti ingin daftar haji, mempersiapkan dana pendidikan anak, mempersiapkan biaya pernikahan, liburan atau lainnya maka sangat cocok bagi anda untuk membuka rekening tabungan rencana.

Tabungan rencana disebut juga dengan tabungan berjangka, karena memang uang yang disimpan tidak bisa di gunakan sampai jangka waktu tertentu yang telah disepakati pada saat membuka rekening tabungan. Ada beberapa pilihan jangka waktu yaitu 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan atau 48 bulan dan seterusnya.

Sebagai perbandingan disini kami akan mengulas mengenai 2 produk tabungan rencana yang berbeda yang satu dari bank BNI dengan nama Tapenas, dan yang satu lagi dari bank mandiri yaitu tabungan rencana mandiri. Silahkan anda perhatikan dan kemudian tentukan tabungan mana yang ingin anda pilih.

1. Tapenas BNI (Tabungan Berjangka)

Bank BNI menawarkan kepada anda yang ingin merencanakan keuangan untuk beberapa keperluan seperti biaya pernikahan, pendidikan, liburan atau lainnya maka bisa menggunakan produk tapenas BNI. Ini merupakan tabungan berjangka dengan pilihan waktu antara 2-18 tahun, jadi jika anda hanya ingin menabung 1 tahun maka anda tidak bisa memiliki rekening tabungan tapenas.

Untuk membuka rekening tabungan berjangka ini anda harus memenuhi persyaratan yaitu dengan membawa KTP dan setoran awal minimal Rp100.000, lebih besar juga boleh. Namun sebelumnya anda harus memiliki rekening tabungan taplus BNI atau Giro karena setoran rutin akan didebit secara otomatis dari tabungan anda.

Baca Selengkapnya : Tapenas BNI

2. Tabungan Rencana Mandiri

Bank Mandiri juga menawarkan kepada anda yang ingin menabung dalam jangka waktu tertentu untuk mempersiapkan kebutuhan yang akan datang seperti yang telah kami sebutkan di awal, jangka waktu tabungan bisa anda tentukan sendiri antara 1 tahun sampai dengan 20 tahun.

Tabungan ini tidak ada biaya administrasi bulanan, bahkan ada keuntungan yang akan diberikan kepada nasabah. Nasabah akan mendapatkan perlindungna asuransi gratis dari AXA jika memilih jangka waktu minimal 2 tahun. Anda juga perlu memiliki rekening tabungan di bank mandiri karena setorannya akan dilakukan secara otodebit.

Baca Selengkapnya : Tabungan Rencana Mandiri

Kalau ditanya mana yang bagus? Semua nya bagus punya kelebihan dan keunggulan masing-masing, serta keuntungan yang ditawarkan juga berbeda. Tapi kalau di suruh milih, lebih baik memiliki tabungan rencana yang ada di Bank Syariah, karena keuntungan yang diberikan berdasarkan Nisbah (bagi hasil) bukan bunga.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.