Ketahui Perbedaan Gaji dan Upah, Berikut Pengertiannya!!

perbedaan gaji dan upah

Pernahkan anda mendengar dengan istilah Gaji dan Upah?

Setiap orang yang bekerja akan mendapatkan hasil yang diberikan oleh pemberi kerja yang biasanya berupa uang tunai sebagai bentuk pembayaran atas kerja yang dilakukan.

Pemberian imbalan atau hasil dari suatu pekerjaan sering disebut-sebut dengan istilah Gaji dan Upah, kedua istilah tersebut sekilas terlihat sama tapi ternyata memiliki pengertian yang berbeda.

Baik, pada kesempatan kali ini kami akan mengulasi pengertian gaji dan pengertian upah. Silahkan disimak baik-baik, mungkin ini akan menjawab pertanyaan kalian mengenai perbedaan antara gaji dan upah.

1. Pengertian Gaji

Gaji adalah sebuah imbalan yang diberikan kepada pekerja atau karyawan, karyawan memiliki pekerjaan setiap hari dan digaji atau dibayar pada waktu yang telah ditentukan biasanya dengan waktu bulanan.

Artinya Gaji adalah sebuah pembayaran atas waktu bekerja, bukan atas apa yang dia kerjakan sehingga wajar jika seorang karyawan bisa disuruh apa saja oleh bosnya. Pembayaran atau pemberian gaji dilakukan dalam waktu yang tetap dan jumlah yang tetap sesuai dengan ketentuan operasional.

Contoh: karyawan swasta yang diposisikan sebagai administrasi mendapatan gaji Rp3juta perbulan.

2. Pengertian Upah

Upah merupakan imbalan atau bayaran terhadap tenaga yang telah dikeluarkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Itu artinya Upah akan diberikan ketika pekerjaan yang dilakukan telah selesai.

Sehingga ketika dia bekerja dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pemberi kerja maka akan mendapatkan imbalan atau upah yang biasanya diberikan dalam bentuk uang tunai yang telah ditawarkan diawal.

Kesimpulan Perbedaan Gaji dan Upah

Kami harap anda dapat memahami perbedaan antara gaji dan upah setelah membaca penjelasan diatas, namun jika masih bingung kami akan paparkan beberapa perbedaan yang paling mendasar.

  • Gaji diberikan secara teratur dengan waktu yang telah ditetapkan (selesai tidak selesai pekerjaan itu), sedangkan Upah diberikan ketika pekerjaan telah diselesaikan.
  • Gaji memiliki nominal imbalan yang tetap berdasarkan posisi jabatan, sedangkan Upah memiliki imbalan yang tidak menentu tergantung penawaran diawal saat menerima pekerjaan.
  • Gaji diberikan pada status pekerja tetap, Upah diberikan pada pekerja yang tidak tetap atau kontrak.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.