tabungan rencana bca syariah

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Pendidikan Anak di BCA Syariah

tabungan rencana bca syariah

Merencanakan keuangan untuk kebutuhan akan datang menjadi hal yang perlu dilakukan termasuk mempersiapkan pendidikan untuk anak ketika nanti akan masuk ke sekolah atau jenjang yang lebih tinggi.

Banyak ahli keuangan yang merekomendasikan kepada orangtua untuk menyisihkan uang dan disimpan dengan tujuan untuk merencanakan biaya pendidikan anak, terutama ketika anak sudah masuk ke jenjang SMA dan perguruan tinggi.

Mungkin saat ini biaya pendidikan untuk tingkat SD dan SMP masih terbilang ringan bahkan gratis, sehingga orangtua tidak terlalu sulit, namun ketika sudah memasuki jenjang SMA dan kuliah maka orangtua harus lebih ekstra untuk mencari dana.

Kecuali: jika anda memang pintar dan bisa mendapatkan beasiswa sehingga orangtua dapat lebih terbantu, karena dengan beasiswa artinya bisa meminimalisir pengeluarkan untuk biaya pendidikan bahkan ada beasiswa 100% gratis.

Tapi tidak ada orang yang mengetahui masa depan, yang perlu dilakukan kita saat ini adalah merencanakan sesuatu agar kedepannya dapat berjalan dengan baik, biarpun meleset tapi melesetnya tidak terlalu jauh dan kita menjadi lebih siap.

Tabungan Pendidikan Anak di BCA Syariah

Jika anda ingin merencanakan pendidikan anak baik untuk sekolah maupun kuliah maka bisa membuat tabungan rencana di bank BCA Syariah.

Tabungan rencana ini dapat digunakan untuk merencakan biaya pendidikan anak, sehingga paling direkomendasikan bagi para orangtua untuk berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang.

Tabungan ini menggunakan prinsip atau akad mudharabah sehingga nasabah akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil, dan tak hanya itu nasabah akan di cover manfaat proteksi asuransi jiwa tanpa harus membayar premi bulanan.

Syarat Membuka Tabungan Rencana BCA Syariah

  • Memiliki Tahapan iB atau Giro iB sebagai rekening induk
  • Mengisi Aplikasi Pembukaan Rekening
  • Identitas diri yang masih berlaku
  • Usia Nasabah 17 s/d 55 tahun pada saat pembukaan rekening
  • Usia Nasabah maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo rekening
  • Mengisi formulir Simplified Issue Offering
  • Porsi Bagi hasila : 17,5% untuk nasabah

Nasabah dapat memilih jangka waktu rencana yang diinginkan apakah ingin menabung selama 1 tahun, 2 tahun, 4 tahun dan seterusnya hingga 10 tahun yang akan datang dengan setoran rutin setiap bulan sesuai dengan keinginan.

Apakah Nasabah Mendapatkan kartu ATM?

Perlu diketahui bahwa ini merupakan tabungan rencana yang tidak bisa diambil setiap hari, sehingga nasabah tidak diberikan fasilitas kartu ATM. Apabila diberikan kartu ATM maka dikhawatirkan rencana yang akan di susun tidak akan tercapai.

Saldo tabungan dapat diambil setelah jangka waktu rencana berakhir jadi nasabah juga tidak bisa menarik uang sebelum jatuh tempo, dan juga tidak bisa tarik sebagian dana kecuali memang dapat keadaan darurat sekali.

Apakah ada biaya Administrasi bulanan?

Uniknya di tabungan ini nasabah tidak dikenakan biaya administrasi.

Nasabah tidak perlu khawatir saldo rekening terpotong setiap bulan seperti tabungan pada umumnya, karena memang konsep yang dibuat adalah untuk memberikan keuntungan bagi nasabah.

Manfaat Proteksi Asuransi Jiwa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa nasabah akan mendapatkan proteksi asuransi jiwa gratis tanpa bayar premi bulanan.

Adapun manfaat yang akan diberikan kepada nasabah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dimana apabila nasabah meninggal dunia maka akan diberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

Apabila nasabah meninggal karena sakit maka pihak bca syariah akan melanjutkan sisa setoran yang belum di tabung sampai jangka waktu yang telah disepakati. Artinya jika nasabah memilih tabungan dengan jangka 10 tahun dan baru menabung 5 tahun maka 5 tahun selanjutnya akan di genapi oleh bca syariah.

Sedangkan apabila nasabah meninggal dunia karena kecelakaan, maka akan mendapatkan manfaat yaitu asuransi akan membayarkan sisa setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah secara lumpsump/sekaligus kepada ahli waris melalui Bank BCA Syariah dan santunan duka 40x setoran bulanan.

Ketentuan Penutupan Rekening Tabungan :

  • Rekening telah jatuh tempo
  • Nasabah menunggak setoran bulanan selama 3 bulan berturut-turut
  • Penutupan rekening atas permintaan nasabah
  • Terjadi klaim asuransi (nasabah meninggal dunia)

Leave a Comment

Your email address will not be published.