Tujuan Analisis Peluang Usaha

Ketika anda ingin memulai usaha maka hal yang perlu anda lakukan adalah menganalisis peluang usaha yang akan anda jalankan tersebut, jangan memulai usaha sebelum melakukan analisis terlebih dulu.

Menganalisis usaha menjadi bagian yang terbilang sangat penting dan harus dilakukan ketika akan menjalankan suatu usaha, hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang seharusnya tidak terjadi.

Kebanyakan orang memulai usaha tanpa melakukan analisis sehingga mereka mengalami bingung saat menjalankannya, bahkan banyak yang gulung tikar (tutup) karena produk yang mereka jual ternyata tidak dibutuhkan oleh market sekitar.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

tujuan menganalisis peluang usaha

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa analisis peluang usaha sangat perlu dilakukan, agar bisnis yang anda jalankan nanti dapat berjalan dengan baik. Berikut ini tujuan dilakukannya analisis peluang usaha:

  1. Mencegah kerugian / bangkrut
  2. Mengetahui apakah dibutuhkan pasar setempat
  3. Mengetahui minat masyarakat terhadap produk / jasa
  4. Mengetahui laba rugi saat menjalankan usaha
  5. Menentukan teknik pemasarannya
  6. Dapat mengetahui sampai kapan usaha akan berjalan
  7. Mengetahui apakah usaha tersebut layak dijalankan
  8. Mengetahui persaiangan pasar

Proses analisis peluang usaha tersebut dilakukan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat). Dengan begitu, anda bisa mengambil keputusan yang lebih bijak, apakah usaha tetap dijalankan atau ganti usaha lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here