Simak Tips Ini Untuk Mengetahui Cara Buka Usaha Air Isi Ulang (Galon)

bisnis air isi ulang galon

Bisnis air isi ulang galon kini kian diminati oleh masyarakat seiring dengan meningkatnya kebutuhan air bersih, terutama di kota-kota besar. Bisnis ini dapat dikatakan sebagai investasi yang menjanjikan karena hanya membutuhkan modal kecil untuk mendapatkan keuntungan besar.

Apakah Anda salah satu orang yang berminat untuk terjun dalam bisnis ini?

Jika benar, maka setidaknya Anda harus mengetahui apa saja dan bagaimana cara buka usaha air isi ulang (galon) ini, agar Anda memiliki bekal ketika benar-benar ingin mencoba bisnis tersebut.

Kesadaran masyarakat yang meningkat akan air minum yang bersih dan aman ini membuat para pengusaha air minum memiliki peluang besar dalam mengembangkan bisnisnya.

Nah, jika Anda masih meraba-raba usaha apa yang tepat untuk digeluti, tak ada salahnya untuk menjajal bisnis ini. Anda tak perlu merasa bingung atau pun khawatir bagaimana untuk mempersiapkannya, karena bisnis ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak alat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara buka usaha air isi ulang (galon)? Cobalah simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Inilah Cara Buka Usaha Air Isi Ulang (Galon) Yang Mudah Dan Praktis

Bisnis air isi ulang ini ada berbagai jenis, yakni bisnis air minum isi ulang tanpa teknologi Reverse Osmosis, dengan teknologi Reverse Osmosis, dan menjadi agen air minum isi ulang dari brand ternama.

Bisnis air minum isi ulang yang tidak menggunakan teknologi Reverse Osmosis ini menggunakan filter yang berguna untuk membersihkan air dari bakteri dan kuman. Akan tetapi memang tidak dilengkapi dengan alat Reverse Osmosis, yaitu teknologi membersihkan air dengan memfilter air agar melalui sebuah membran dengan tekanan tinggi.

Sedangkan bisnis air minum isi ulang dengan teknologi Reverse Osmosis tentunya membutuhkan modal yang lebih besar, karena harus membeli alat tersebut untuk menjaga kualitas kebersihan dan kemurnian air.

Lalu, untuk agen air minum isi ulang dari brand ternama juga dapat Anda jadikan sebagai pilihan, karena Anda hanya perlu menyetok air minum isi ulang di rumah atau gudang yang memang telah disediakan. Setelah itu, Anda bisa menjualnya ke rumah-rumah lain dan mendapatkan banyak langganan.

Setelah menentukan bisnis mana yang akan diambil, cara buka usaha air isi ulang (galon) yang pertama adalah siapkan modal. Anda pun tidak perlu berhutang ke bank atau siapapun, cukup gunakan uang tabungan saja jika memang mencukupi.Akan tetapi, jika Anda memilih usaha dengan teknologi Reverse Osmosis, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam.

Cara selanjutnya adalah Anda harus mengurus izin usaha serta sertifikat dari Departemen Kesehatan agar usaha ini terpercaya di mata para pelanggan. Jangan ketinggalan pula untuk melakukan promosi, karena promosi merupakan salah satu cara ampuh untuk menunjang perkembangan bisnis Anda.

Cara berikutnya yang mampu membuat pelanggan Anda merasa puas adalah dengan adanya sistem pengantaran. Sistem pengantaran sampai tujuan ini sangat memudahkan pelanggan karena ukuran galon yang lumayan besar akan susah jika dibawa sendiri. Selalu ingat bahwa kepuasan pelanggan adalah yang paling utama.

Keuntungan Bisnis Air Minum Isi Ulang

Pada uraian di atas telah dijelaskan bahwa bisnis air minum isi ulang ini membutuhkan modal yang relatif kecil dengan keuntungan yang besar. Hal ini dapat Anda capai karena sekarang kebutuhan akan air minum kemasan maupun isi ulang seperti galon semakin meningkat. Akan tetapi, kira-kira berapakah nominal modal yang harus dikeluarkan dan berapa lama bisa balik modal?

Coba kita ambil contoh sebagai berikut.Katakanlah Anda membutuhkan lokasi sehingga harus menyewanya dengan biaya 15 juta. Lalu peralatan yang dibutuhkan memakan biaya 16 juta.Selanjutnya, timbul biaya listrik, transportasi, gaji karyawan, pembelian tutup botol, tisu, dan air dengan total 3 juta. Estimasikan saja modal yang Anda butuhkan sebesar 34 juta rupiah. Tentunya modal tersebut bisa ditekan ketika Anda menggunakan ruang di rumah sebagai tempat usaha.

Jika dalam sehari Anda dapat menjual galon sebanyak 100 buah dan harga per galon sebesar 10 ribu, maka pendapatan bruto per hari sebesar 1 juta. Sehingga per bulannya Anda akan mendapatkan penghasilan kotor sebesar 1 juta x 30 hari = 30 juta.

Setelah dikurangi dengan biaya operasional, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar 20 jutaan. Anda bisa balik modal dalam waktu sekitar 2 bulan. Menakjubkan bukan?

Demikian penjelasan mengenai cara buka usaha air isi ulang (galon) yang perlu Anda ketahui. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan terutama bagi Anda yang masih pemula, karena praktis dan mudah. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.