9 Contoh Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Ide Bisnis Ramadhan

Ramadhan merupakan moment yang paling penting sepanjang tahun bagi umat islam, dimana mereka melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Banyak orang yang memanfaatkan moment ini untuk berbisnis dan meraih keuntungan yang besar, karena memang tingkat konsumtif dibulan ramadhan meninggkat drastis.

Baiklah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum 9 ide usaha / bisnis yang dapat anda coba jalankan selama bulan puasa untuk mendapatkan keuntungan. Siapkan modal usaha secukupnya untuk mendukung bisnis musiman yang anda jalankan, semakin besar modal anda maka semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.

Berikut ini 9 Jenis usaha yang dapat anda jalankan dirumah, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang masih bingung ingin menjalankan bisnis atau usaha apa saat bulan puasa. 

1. Bisnis Pakaian

Pakaian memang ga ada matinya, kebutuhan pakaian akan meningkat menjelang hari raya idul fitri, banyak orang yang berburu pakaian baru sebelum lebaran tiba. Anda dapat memanfaatkannya untuk menjajaki barang dagangan anda, siapkan pakaian mulai dari anak-anak, pakaian remaja, pakaian orang tua (baik laki-laki maupun perempuan).

2. Bisnis Makanan Buka Puasa / Sahur

Ini tergantung tempat, jika anda disebuah komplek / perumahan atau di pemukiman para mahasiswa maka usaha yang paling tepat anda membuka usaha “makanan jadi”. Anda dapat membuat lauk-pauk disaat waktu buka puasa dan waktu sahur.

Bagi mereka yang tidak sempat untuk memasak sendiri, maka mereka akan membeli makanan (lauk-pauk) yang sudah jadi untuk berbuka puasa / untuk makan sahur.

3. Kebutuhan Elektronik (Bisnis Ponsel).

Banyak orang yang juga membeli hp baru di moment ramadhan, karena banyak moment yang dapat menarik untuk di abadikan. Mereka akan membeli ponsel baru untuk mengabadikan moment melalui fitur kamera hp dan membagikannya melalui sosial media.

4. Bisnis Perlengkapan Ibadah

Pada saat ramadhan tiba, banyak orang yang membeli perlengkapan ibadah yang baru mulai dari Sarung, Sajadah, Peci, Abaya, Mukena, Baju Koko atau lainnya.

Mereka akan menggunakan perlengkapan ibadah untuk shalat tarawih dimasjid, dengan menggunakan perlengkapan ibadah yang baru dan bersih akan membuat ibadah semakin khusyuk.

5. Bisnis Minuman / Koktail / Kolak (Takjil).

Setelah berpuasa seharian, setiap orang butuh minuman yang manis dan segar (boleh juga dingin) untuk mengembalikan stamina. Jualan minuman dingin, koktail. kolak atau lainnya cukup banyak diminati masyarakat.

Baca Juga : 7 Minuman yang Laris di Bulan Puasa

6. Jualan Kurma

Kurma merupakan buah yang berasal dari Timur. Tradisi makan kurma pada saat ramadhan, permintaan / penjualan kurma pada bulan puasa cukup meningkat. Karena kurma dapat menjadi makanan yang dinikmati pada saat sahur dan berbuka puasa.

7. Kue Kering 

Kue Kering juga menjadi makanan yang paling diincar oleh masyarakat, kue kering disuguhkan pada saat tamu datang ke rumah atau sebagai snack yang dapat dibawa pada saat shalat tarawih / beriktikaf pada saat malam lailatul qodr.

Penjualan kue kering pada musim ini (bulan puasa) cukup meningkat seiring dengan permintaan masyarakat. Manfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis kue kering, bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar.

8. Bisnis Buah-Buahan

Permintaan masyarakat terhadap buah-buahan juga cukup meningkat, sehingga hal ini mempengaruhi tingkat penjualan. Memenuhi permintaan konsumen dibulan ramadhan dapat membuat anda meraup keuntungan yang cukup besar dibandingkan pada hari biasa.

9. Bisnis Toples untuk Kue

Kalau permintaan kue kering disaat ramadhan meningkat, juga berbanding lurus dengan toples. Toples merupakan tempat untuk menyimpan kue kering. Setiap tahun, aneka kreasi toples bermunculan. Anda dapat mencoba menawarkan beberapa design toples terbaru kepada ibu-ibu.

Baca Juga : 5 Dagangan yang laris di Bulan Puasa Ramadhan



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.