Kapulaga merupakan tanaman rempah yang sering kita jumpai, bentuk pohonnya sangat mirip dengan pohon lengkuas. Karena manfaat yang sangat luat biasa untuk kesehatan maka kapulaga banyak dicari untuk jamu.

Bicara soal buah kapulaga ternyata terdapat peluang bisnis yang sangat menggiurkan, karena permintaan yang terbilang tinggi, penjual kapulaga bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta tentunya tergantung jumlah penjualan.

Untuk memulai bisnis budidaya kapulaga tentu anda harus mengenali terlebih dahulu tentang kapulaga ini, terutama mengenai khasiat nya bagi kesehatan. Disamping anda berbisnis juga bisa memberikan edukasi kepada orang lain bahwa kapulaga memiliki manfaat penting bagi kesehatan.

Tanaman kapulaga termasuk tumbuhan herbal yang berbentuk rumpul seperti lengkuas dan jahe, tinggi pohon bisa mencapai 2-3 meter. Buah kapulaga akan muncul dari batang semu dekat tanah, buahnya berbentuk lonjong sepanjang 1 cm.

Buah kapulaga terdiri dari 2 jenis yaitu kapulaga putih dan kapulaga hijau.

Tanaman kapulaga biasanya berbuah setelah 1-2 tahun dari masa tanam,jika anda memiliki tanaman kapulaga di lahan 1 hektar maka bisa menghasilkan 4 ton per tahun, sehingga banyak petani yang lebih memilih untuk membudidaya tanaman kapulaga ini.

Manfaat Buah Kapulaga

Permintaan buah kapulaga yang tinggi tentu bukan tanpa alasan, sebab buah ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai jamu, dengan tujuan agar tubuh dan organ menjadi lebih sehat.

  1. Baik untuk kesehatan perut
  2. Baik untuk jantung
  3. Baik untuk tulang
  4. Minghilangkan rasa sakit
  5. Baik untuk ginjal
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Harga Jual Buah Kapulaga Putih di Pasaran:

Berdasarkan penelusuran kami, bahwa harga buah kapulaga sangat mencengangkah. Wajar saja kalau petani bisa meraup keuntungan yang luar biasa dari penjualan hasil panen buah kapulaga ini.

  • Harga Rp13.000 per 50 gram
  • Harga Rp25.000 per 100 gram
  • Harga Rp250.000 per 1 kg

Sehingga bisa dihitung, jika setahun bisa panen 2 ton (2000 kg) dari lahan 1 hektar maka hasil yang bisa didapatkan dari penjualan mencapai Rp500.000.000/tahun. Setelah itu anda bisa kurangi biaya operasional tanam buah kapulaga tersebut.

Anda bisa menjual buah kapulaga kering ke pasar umum atau bisa juga di jual ke pabrik-pabrik pengolah kapulaga menjadi minyak atau jamu, bahkan jika anda bisa ekspor buah ini akan menghasilkan harga yang sangat menggiurkan.

Jika anda tertarik untuk bisnis buah kapulaga dengan membudidaya sendiri di ladang maka anda perlu mempelajari cara membudidaya tanaman herbal ini, agar bisa memperoleh panen yang berlimpah.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.