5 Jenis Produk Pendanaan Bank BCA Syariah

Untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan finansial BCA menghadirkan perbankan yang menggunakan prinsip syariah, yaitu BCA Syariah dengan menghadirkan beberapa produk Pendanaan (Simpanan) dan Pembiayaan yang dapat digunakan oleh para nasabah.

Khusus untuk produk pendanaan, BCA Syariah menawarkan 5 jenis produk diantaranya seperti Tabungan Tahapan iB Syariah, Tahapan Rencana iB, Giro BCA Syariah, Deposito Syariah dan Simpanan khusus untuk para pelajar Syariah. Semua produk ini dapat membantu nasabah untuk bisa menyimpan uang, merencakan kebutuhan, dan investasi.

Tabungan BCA Syariah
Tabungan BCA Syariah

Baiklah, kami akan menjelaskan masing – masing dari produk BCA Syariah yang telah kami sebutkan diatas. Mulai dari fungsi, manfaat, dan bagaimana cara untuk bisa memiliki atau menggunakan produk BCA Syariah tersebut. Simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Tabungan Tahapan iB

Ini merupakan produk utama dari BCA Syariah yaitu tabungan umum yang memiliki berbagai manfaat dan kemudahan dalam transaksi. Tabungan ini menggunakan akad Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil). Untuk membuka tabungan ini nasabah harus menyerahkan setoran awal sebagai persyaratannya yaitu sebesar Rp100 ribu dan KTP.

Setoran tabungan minimal Rp50 ribu, jadi anda tidak bisa menabung dengan uang dibawah Rp50 ribu, saldo minimal yang akan tertahan atau mengendam dalam rekening yaitu sebesar Rp25 ribu. Nasabah akan mendapatkan fasilitas transaksi berupa Kartu ATM. Anda dapat memiliki ingin menggunakan Kartu ATM Silver atau Gold. Kartu ini memiliki perbedaan dalam batas atau limit transaksi yang dapat dilakukan.

Selengkapnya : Tabungan Tahapan BCA Syariah

2. Tabungan Tahapan Rencana Syariah 

Produk selanjutnya yang dimiliki bank BCA Syariah yaitu Tabungan Tahapan Rencana Syariah yaitu sebuah tabungan investasi atau jangka panjang dengan waktu tertentu dan menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah / bagi hasil.

Dengan produk ini nasabah menjadi lebih terbantu dalam merencanakan keuangan, misal ingin merencakan untuk mengumpulkan uang sebesar Rp200 juta dalam 1 tahun untuk membangun rumah. Jangka waktu tabungan yang tersedia hanya ada 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun dan 10 tahun.

Persyaratan untuk membuka ekening ini yaitu anda harus memiliki rekening tahapan ib terlebih dahulu kemudian mengisi formulir permohonan pembukaan rekening. Nasabah akan mendapatkan bagi hasil seebsar 30%. Manfaat yang akan diberikan yaitu nasabah akan mendapatkan sarana menabung yang terkontrol, dan nasabah juga akan mendapatkan manfaat dari proteksi asuransi jiwa gratis.

Selengkapnya : Tabungan Tahapan Rencana Syariah

3. Tabungan Giro Syariah (iB)

Bagi anda yang memiliki sebuah usaha atau bisnis anda bisa menggunakan produk yang satu ini, yaitu tabungan giro iB dari BCA Syariah. Benar sekali, Tabungan ini bermanfaat untuk membantu kelancaran usaha anda, bisnis anda akan berkembang dengan baik jika keuangannya terkontrol.

Setoran awal untuk membuka tabungan giro di BCA Syariah ini sebesar Rp1 juta. Produk Giro syariah ini menggunakan prinsip atau akad Wadiah (titipan). Sekaligus melengkapi dengan beberapa persyaratan seperti KTP, NPWP, Surat Refrensi. Jika anda ingin membuka untuk Badan Usaha maka harus melengkapi KTP Pengurus, Akte Pendirian, Anggaran Dasar, SIUP, TDP dan NPWP.

Baca Selengkapnya : Tabungan Giro BCA Syariah

4. Investasi dalam Deposito Syariah

Jika anda ingin berinvestasi secara syariah anda bisa menggunakan Deposito iB BCA Syariah. Deposito merupakan cara terbaik untuk berinvestasi dengan bagi hasil yang kompetitif. Akad yang digunaakn dalam Deposito ini adalah Mudharabah (sistem bagi hasil).

Nasabah dapat memilih sendiri jangka waktu deposito yang diinginkan mulai dari deposito 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, dan 12 bulanan. anda bisa mengikuti program deposito syariah ini dengan setoran awal minimal Rp 8 juta, juga lengkapi dengan KTP atau Kartu Identitas lainnya pada saat ingin mengajukan permohonan.

Baca Selengkapnya : Deposito Bank BCA Syariah

5. Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) iB

Benar sekali, ini merupakan produk tabungan yang khususkan untuk para pelajar (siswa sekolah) untuk membuka tabungan ini syarat nya mudah sekali, dan fitur yang diberikan untuk memberikan edukasi menabung kepada siswa cukup menarik. Untuk membuka tabungan simpel syariah ini cukup dengan membawa dokumen seperti :

  • NIK (Kartu Keluarga), atau
  • Akte Kelahiran, atau
  • Paspor, atau
  • Nomor Induk Siswa, atau
  • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Fotokopi KTP/SIM/Paspor

Selengkapnya : Tabungan Simpel Syariah