BCA: Tidak Ada Biaya Transaksi EDC untuk Nasabah

Biaya Transaksi EDC dibebankan pada Merchant

Beredar kabar soal transaksi di EDC akan dikenakan biaya merchant discount rate (MDR). Perlu nasabah ketahui bahwa tidak ada biaya transaksi saat menggunakan mesin EDC. 

BCA memberikan penjelasan dan dengan tegas membantah kabar tersebut, disampaikan langsung oleh Corporate Secretary Bank BCA Jan Hendra bahwa biaya transaksi pada mesin EDC tidak dibebankan kepada nasabah melainkan akan dibebankan kepada pihak Merchant.

Nasabah tidak perlu khawatir, bahwa setiap nasabah melakukan pembayaran transaksi menggunakan mesin EDC milik merchant maka tidak dikenakna biaya transaksi, karena memang biaya akan dibebankan kepada pihak merchant itu sendiri.

“Biaya transaksi EDC on us sebesar 0.15% akan dikenakan ke merchant, konsumen tidak kena biaya sama sekali dalam melakukan transaksi” kata Jan Hendra selaku Corporate Secretary Bank BCA.

Sedangkan jika transaksi dilakukan menggunakan kartu ATM pada mesin EDC Bank lain atau disebut dengan off us yaitu (Kartu ATM dan EDC bukan bank yang sama) maka akan pihak merchant akan dikenakan biaya sesuai dengan skema off us.

Sebelumnya pihak merchant akan dikenakan biaya MDR sebesar 2%-3%, namun setelah diluncurkan GPN maka terjadi perubahan soal biaya untuk transaksi off us dan dibedakan berdasarkan jenis industri diantaranya :

  • Kategori Reguler / Ritel sebesar 1%
  • Kategori sektor pendidikan adalah 0,75%.
  • Kategori Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) adalah 0,50%.
  • kategori Bansos, Pajak, Paspor, Donasi, Nirlaba tidak dikenakan biaya.

Ketetapan ini telah diatur oleh PBI untuk semua kartu debit yang diterbitkan semua bank yang ada di Indonesia. Dengan begitu nasabah tetap dapat melakukan transaksi / pembayaraan apapun melalui mesin EDC dengan mudah.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.