5 Cara Yang Dapat Menghasilkan Uang dari Youtube

cara menghasilkan uang dari youtube

Saat ini menghasilkan uang bukan hanya menjadi karyawan sebuah perusahaan atau menjadi seorang pegawai. Di era millennial banyak cara dilakukan untuk menghasilkan uang.

Ada beberapa profesi yang bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet seperti website development, blogger, berjualan secara online (olshop) dan menjadi youtuber.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana seorang youtuber memperoleh uang dengan begitu besar. Oleh karena itu pada artikel ini diuraikan tips serta cara menghasilkan uang lewat youtube.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar sebuah channel youtube dapat menghasilkan uang. Tak heran jika artis maupun youtuber ternama dapat berpenghasilan paling tidak  puluhan juta dalam satu bulan contohnya: Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Irfan Hakim, dll.

Ini karena banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat memperoleh uang dari chanel mereka. Beberapa cara yang dapat menghasilkan uang dari youtube yaitu:

  1. Monetisasi Channel Youtube

Cara menghasilkan uang lewat youtube yang pertama dapat dilakukan dengan memonetisasi channel youtube yang sudah kamu dibuat.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih menu “account information” yang berada di sebelah kanan atas. Kemudian klik “creator studio”. Setelah itu pada menu sebelah kiri pilih “chanel” lalu klik “status and feature” dan terakhir pilih “enable monetization”. Dan dilanjut dengan agreement yang telah disediakan.

Setelah itu, nanti akan muncul iklan setiap orang yang menonton video-video yang telah kamu unggah ke Youtube. Semakin banyak view yang dihasilkan maka semakin besar pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

  1. Menyambungkan Channel Youtube Dengan AdSense

AdSense merupakan salah satu layanan periklanan dari google.

Dengan layanan ini sebuah channel youtube dapat menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan dari google. Jika sudah menyambungkan channel youtube dengan AdSense, maka akan tersedia fitur Youtube Analytic yang akan menjadi track penghasilan.

  1. Menarik Sponsorship dari Brand

Cara menghasilkan uang lewat youtube juga bisa dilakukan dengan menarik sponsorship.

Jika sering melihat video di youtube dan terdapat iklan, ini merupakan salah satu cara pemilik channel tersebut menghasilkan uang. Penghasilan yang didapat yaitu dari uang yang diberikan pihak sponsor karena telah menayangkan produk mereka di channel youtube.

Baca Juga: 9 Alat yang dibutuhkan Untuk Menjadi Youtuber Gaming

  1. Menjadi Endorse

Jika channel Youtube sudah memiliki banyak subscribe dan ribuan penonton, penghasilan akan bertambah jika menjadi endorse sebuah produk.

Sebagai contoh, channel youtube tentang tutorial kecantikan maka pemilik chanel bisa menjadi endorse sebuah produk kecantikan dan channel youtube yang membahas gadget maka juga akan mendapatkan endorse produk gadget.

Hal ini membuktikan bawa sangat penting untuk menentukan jenis niche atau tema apa yang akan diusung dan menjadi topik sebuah Channel Youtube.

  1. Memanfaatkan Afiliasi Link

Affiliate marketing sangat populer bagi pebisnis online.

Melalui jasa afiliasi seorang youtuber juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Caranya dengan membuat konten semenarik mungkin kemudian arahkan channely outube ke afiliasi link tersebut.

Biasanya link affiliasi akan ditulis pada deskripsi video, contoh: membuat review tentang hp asus dan dibawahnya dikasih link pembelian. Nah, dengan memanfaatkan jasa ini channel youtube akan bisa menghasilkan pendapatan.

Tips Membuat Channel Youtube Agar Dapat Menghasilkan Uang

Baik sebelum dan sesudah membuat channel, tetap perhatikan hal-hal yang dapat mendukung chanel untuk menghasilkan uang. Menghasilkan uang dari youtube memang bukan dengan cara yang asal-asalan.

Beberapa tips berikut dapat dilakukan agar channel youtube menghasilkan uang dengan mudah:

  • Pikirkan topik atau tema saluran youtube yang akan dibuat.
  • Buat saluran youtube yang menarik dan berbeda dengan yang lain.
  • Buat konten yang benar-benar original.
  • Manfaatkan media sosial lain untuk mempromosikan chanelyoutube.
  • Buat judul dan kata kunci yang menarik penonton.
  • Posting video secara konsisten.

Itulah tips serta cara menghasilkan uang melalui youtube yang bisa dimulai dari sekarang. Kunci utama kesuksesan seorang youtuber terletak pada konten yang menarik dan konsistensi upload video. Jika kedua hal tersebut dapat dicapai maka penghasilan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Cara Jadi YouTuber Pemula



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.