investasi online syariah

Menjalani suatu bisnis memanglah susah-susah gampang. Tapi, bagaimana jika kegiatan yang akan dilakukan harus sesuai dengan Syariat Islam? Pastinya akan membingungkan setiap calon pengusaha bukan? Dan tentunya akan jadi kendala tersendiri.

Maka dari itu, dari setiap kegiatan berbisnis juga masih ada jenjang investasi yang berbau syariah. Semua akan diatur sebagaimana tata cara Islam yang berlaku.

Seperti halnya Investasi Online Syariah yang kini telah diminati oleh berbagai kalangan baik anak muda hingga orang tua sekalipun demi masa depan yang terjamin.

Apa Itu Investasi Syariah?

Investasi merupakan kegiatan penanaman sejumlah modal yang dikembangkan untuk sebuah usaha yang mana akan menghasilkan keuntungan. Jadi, investasi syariah adalah penanaman modal dari suatu kegiatan untuk masa depan yang akan menghasilkan tambahan uang sesuai dengan sistem yang diajarkan oleh Syariat Islam.

Sistem syariah ini akan berlandaskan dari hukum islam yang merupakan salah satu sistem keuangan yang mana semakin diminati masyarakat Indonesia. Seperti halnya pada Investasi online syariah yanh semakin diminati oleh kebanyakan orang beragama islam.

Prinsip-Prinsip Investasi Syariah

Berbeda dari investasi biasa, Investasi online syariah ini memiliki berbagai prinsip yang bisa diterapkan dalam kegiatan investasi. Seperti halnya tidak menggunakan sistem riba (bunga), bukan judi, dan bebas penipuan (gharah).

Terlebih lagi dalam sistem Investasi Syariah tidak dianjurkan memanipulasi jumlah permintaan. Dan juga jenis investasi dilarang keras untuk merugikan orang lain atau membawa mudharat.

Jenis-Jenis Investasi Yang Dianjurkan Syariat Islam

Melakukan suatu kegiatan haruslah di pikir hingga matang. Terlebih lagi mengenai penanaman modal, yang mana kegiatannya belum diketahui secara pasti. Maka dari itu, berikut ada beberapa jenis Investasi yang bisa di lakukan menurut Syariat Islam :

  1. Emas

Banyak yang memilih jenis investasi secara konvensional maupun syariah. Sehingga investasi Emas sudah dikenal sebagai alat investasi sejak dulu. Yang mana kini investasi emas telah tersentuh teknologi praktis. Sehingga investasi emas bisa dilakukan di Pegadaian Syariah dan Bukalapak Emas.

  1. Reksadana Syariah

Reksadana merupakan jenis investasi ekonomi yang mengumpulkan dana dari para pemodal yang diinvestasikan menjadi portofolio efek.

Dalam reksadana, proses penanaman modal harus tahu betul bagaimana cara pendapatan keuntungannya. Yaitu melalui sistem mudharabah, yang akan menjadi landasan akad secara terbuka ketika diperjualbelikan.

  1. Deposito Bagi Hasil

Deposito merupakan tabungan berjangka panjang yang diakses melalui bank. Yang mana investasi ini harus dilakukan langsung ditempat bank syariah terpercaya. Selain deposito bagi hasil, bank syariah juga memiliki program giro syariah serta tabungan syariah.

  1. Properti Syariah

Investasi properti akan menjadi salah satu investasi yang menguntungkan. Investasi online syariah ini disebabkan dengan nilai jual rumah, tanah, ruko dan bangunan lainnya. Selain itu inflasi ini dipengaruhi oleh kebutuhan perumahan yang semakin meningkat.

Dengan adanya pebisnis yang mengambil investasi online syariah ini sebagai tujuan bisnis utama. Tapi, garis besar yang harus diingat adalah dalam menjalani bisnis investasi online syariah harus ada perjanjian akad.

  1. SBSN (Surat Berharga Syariah Negara)

Surat Berharga Syariah Negara adalah obligasi atau surat utang yang diatur dalam metode syariah. Yang mana surat perjualbelikan tersebut berasal dari produk jual-beli yang halal. Dalam proses ini data yang diberikan harus transparan. Dan juga harus tepat sesuai dengan ajaran islam yang dianjurkan.

Itulah jenis investasi syariah yang bisa dilakukan sebagai awal bisnis di masa depan. Dengan cara terbaik dan sesuai ajaran Islam yang tertata. Investasi tersebut juga bisa dilakukan secara online maupun offline.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.