Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Biaya dan Syarat Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Telkomsel merupakan salah satu operator yang ada di Indonesia yang juga termasuk dalam BUMN, telkomsel memiliki banyak sekali pelanggan karena memang jaringan yang luas dan mampu mencapai pelosok-pelosok maka tak heran jika banyak yang menggunakan kartu Telkomsel.

Telkomsel memiliki 2 jenis kartu yaitu Kartu Simpati dan Kartu AS, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Biasanya anak muda lebih banyak menggunakan kartu AS sedangkan untuk orangtua lebih banyak menggunakan kartu Simpati.

Tarif yang ditawarkan mulai dari SMS, Telp, dan Paket Kuota Internet juga bermacam-macam, berbagai promosi diberikan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam berkomunikasi. Terutama saat ini lebih banyak orang mengakses internet maka telkomsel menawarkan paket kuota ekonomis.

Kartu Telkomsel harus sudah didaftarkan melalui 4444 dengan data yang benar sesuai dengan kartu domisili, hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan nomor telkomsel tersebut. Disamping itu juga, ketika kartu hilang maka pemilik sebenarnya dapat mengganti kartu dengan nomor yang sama.

Untuk mengganti kartu Telkomsel baik itu simpati maupun kartu AS maka bisa dilakukan di Grapari Telkomsel dengan membawa beberapa persyaratan seperti :

  1. Masa aktif kartu masih berlaku.
  2. KTP Elektronik yang diterbitkan oleh Disdukcapil,
  3. menyebutkan nomor hp, menyebutkan 5 nomor yang sering dihubungi,
  4. surat keterangan hilang (jika dibutuhkan).

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan biaya ganti kartu telkomsel yang hilang sebesar Rp 10.000, selain Grapari anda juga bisa mengajukan pembuatan kartu dengan nomor yang sama (karna hilang / rusak) maka bisa datang juga ke Gerai Halo Telkomsel terdekat dengan membawa persyaratan yang sama.

107 thoughts on “Biaya dan Syarat Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang”

  1. Saya baru aja ganti kartu AS tgl 9 April td stelah hp saya hilang di tgl 7 April..

    Penggantian kartu dikenakan biaya Rp 50.000,- di Grapari Banjarbaru..

    kartu saya sy yg baru udah diupgrade jadi 4G sekalian.. Dan katanya dapat bonus internet 5GB slma 1 bulan.. (Bener sih saya cek emg ada kuota 5gb).

    Tapi saya lupa tanyakan, 50ribu itu utk biaya apa aja, krna antrian sgt banyakk, jd tdk mungkin berlama2 bertanya..

  2. di grapari semarang, di haruskan aktivasi paket internet atau paket telepon sebesar 80000, namun menurut saya itu cukup merugikan mengingat biaya tersebut yang terlalu mahal hanya untuk mengurus kartu sim yang hilang

  3. Grapari jokja di kenai biaya 100rb dapat paket inet 4G 5gb dan 3gb terpaksa bayar di karenakan juga butuh no nya, kalau tidak butuh mending beli perdana lagi saja

  4. saya baru saja ganti kartu telkomsel di grapari bekasi Dan tidak dipungut biaya sepeser pun /gratis . Alhamdulillah

  5. fortunata victor (@VictorFortunata)

    Saya mengganti kartu as karena rusak dikenakan biaya Rp 50.000 di GraPARI Telkomsel Ngabang pada 08 Agustus 2018, mohon transparansi jika memang ada biaya atau tidak.

  6. 6 September 2018, saya ganti kartu Telkomsel yang rusak di Grapari Telkomsel Sudirman Yogyakarta dan dikenakan biaya Rp. 100.000,00 (seratu ribu rupiah). Kata CS nya (Counter 8) untuk BIAYA PENGGANTIAN KARTU DAN PAKET INTERNET/PAKET TELEPON/SMS. Kartu saya masih dalam kondisi aktif. Setelah itu mbaknya mengarahkan nanti ntuk aktivasinya jika dapat sms dari 1166, LANGSUNG DIBALAS DENGAN NO. 5 YA. Bodohnya saya, bgtu dapat sms dari 1166 tanpa baca lebih lanjut saya langsung balas no. 5 karena saya pikir bagian dari aktivasi eh ternyata itu merupakan survey kepuasan atas layanan grapari dan no.5 menyatakan SANGAT PUAS. Hadehhhh merugi berkali-kali….

  7. kalau kartu as sudah lama terblokir lalu membuat kartu as lagi dengan nomor yang sama apa bisa di grapari ?

  8. Saya baru ganti kartu di grapari telkomsel krn mau yg nano, saya di tagih bayaran 50rb dgn isi pulsa 25rb n paketdata 512mb. Saya kecewa dgn layanan ini, namun dilema mngingat no hp sy sdh lama dipakai gk mungkin dganti no lain lg…yg paling anehnya tagihan itu disampaikan ke kita setelah akhir proses, harusnya kan dr awal dia kasi tau kl ada biayanya agar gak menjebak. Gmn kl kbetulan gak bawa duit?? Kan malu2in…pas ada sms kepuasan layanan saya pilih aja no 1 gak puas sekali, cuma ada artinya gak tuh yah? Cuma minta no kepuasan layanan aja, gak minta alasan knapa gak puas… Tdnya saya mau sampaikan keluhan ini, cuma disuruh milih aja… Kita sudah banyak memberi duit ke telkomsel masa ganti kartu aja harus bayar,,,,
    Mudah2an orang yg berpengaruh di telkomsel membaca ini

  9. Di Manado juga 50.000
    Klo saya nggk butuh nmornya utk verifikasi data, mending beli perdana ama voucer pulsa 50.000 tuh.

  10. Hp bapak sya yg hilang, tetapi ktp beliau nggk e-ktp, apakah bisa pake e-ktp saya, mohon pencerahan

  11. kartu saya sudah hilang selama 3 tahunan, apakah masih bisa di buatkan lagi? dan sekitar berapa tarif pembuatan?

  12. @Anonymous: Kalau itu sudah ga bisa,,, telkomsel akan melakukan blokir permanen jika lewat dari tanggal tenggang

  13. Saya ganti kartu baru pakai no lama tapi mmg masih aktif,kena biaya 25rb di grapari banjarmasin,lumayan mahal

  14. Saya malah lebih gila lg di GraPARI Jogja hrs bayar 150rb untuk ganti kartu dan upgrade 4g dg dpt kuota 20 GB…sampe rumah SMS kepuasan layanan lgs saya kasih 1 artinya sangat tidak puas…knp ya Telkomsel kok mainnya kayak gitu?

  15. Kak, kalau ganti kartu dari makro sim ke nano sim dengan nomor yang sama, kena biaya juga gak kak? Kalau iya, kira² brpa kak? Terima kasih sebelumnya, kak..

  16. @raa: tidak dikenakan biaya, sebenernya uang yang kita bayar kan akan diganti dalam bentuk pulsa.

  17. nomor saya gabisa buat telf sudah 2 hari.. buat login my telkomsel jg tidak bisa , ada tulisan nya ” maaf nomor anda tidak dapat divalidasi ” mksdnya apa ya ? rencana say besok mau ke grapari

  18. Hari ini saya upgrade kartu saya 3G ke 4G, dikenakan biaya 20rbu, untuk administrasi, tp kenapa GK ad struknya ya di garpari Depok itc

  19. Saya kemarin ganti kartu di grapari telkomsel gandaria city jakarta selatan dikenakan biaya 25k, karna kartu saya hilang. Padahal kondisi kartu saya masih aktif, katanya itu buat beli produk telkomsel, saya iyain krna butuh kartu nya, dia bilang nanti pulsa 25k lgsung terpotong buat beli produk telkomsel,
    Setelah saya sampai dirumah, saya cek gk ada notif apapun tentang produk telkomsel nya, apakah ini tipu2 dari pihak telkomsel atau orang tersebut/?
    Jujur saya merasa tertipu, tp sudah terlanjur y hanya tinggal kecewa,

  20. Kartu saya hilang diluar negri, tpi msh aktif apa pengurusan bisa diwakilkan ke org yg ada di indonesia untuk pembuatan kartu baru dengan nomer sama? Sedangkan posisinya belum bisa pulang ke indonesia

  21. Saya sim card tidak bisa sms tgl 06 april 2019 ganti digrapari jend sudirman dikenai 100 rb dapat paket bicara 7000 menit tanpa kuitansi, kata cs simcard rata rata stiap 2 tah7n akan rusak, by system. Stelah sy kejar alasan berubahubah lagi tidak konsisten.
    Provider nomor 1 kok spt ini. Pdhal milik pemerintah. Cari uang kok spt malak konsumem saja.

  22. Kalo mqsa tenggangya uda berakhir biayanya kira kira berapa untuk daerah kab. Cianjur.
    Trks…

  23. percuma pada akhirnya juga ngeluarin uang. kayak nomor saya diarahin lewat web telkomsel dan hasil akhirnya malah terblokir permanen dan hrus ke grahapari.

  24. Jadi buat up kartu 3G ke 4G itu pake biaya? Yang katanya dialokasikan buat paketan? Licik juga ya mereka.

  25. Kk kalo misalnya kartunya hilang baru ndag ketemu boleh saya mengurusnya tanpa ada surat keterangan hilang

  26. Ini kartu saya sudah hilang kira2 6 bulan yg lalu, tapi baru mau saya urus saat ini, apa bisa ya? Dan nomer itu sudah habis masa aktifnya kira2 4 bulan yg lalu. Apa bisa minta dibuatkan nomor tlpn yang sama?

  27. Untuk area Semarang khusus Telkomsel GraPARI dekat simpang lima biaya untuk membuat kartu Telkomsel yg baru bisa Sam 120.000 entah kenapa biaya bisa sampai semahal itu saya kecewa skli padahala di area lain cmn 25 .000 aja..

  28. No sy kyknya sdh diblokir permanen krn tdk ada jaringan sm.sekali. kmrn waktu masa tenggang msh ada jaringan dan bs disms tp tdk prnh bs diisi pulsa. Kl gt solusinya spy no lama sy ttp aktf gmn ya? Sy mw ke grapari pas bc artikel ini koq ragu no sy bs diaktifkan lg.

  29. Klau mau mengganti kartu kita dg nomor lama katanya kan nggak bayar tuh? Tp dikenai biaya untuk diganti kepulsa, jadi apakah kita bisa menolak pengisian pulsa itu?

  30. Kartu simpati saya hilang hari ini. Boleh gak klo bawak ektp aja ke grapari? KK ktinggalan di rumah, rumah jauh.

  31. Saifudin Azis

    Biaya kartu ganti Kartu karena hilang Muuuuahaaal ……………………..Paling Murah 170 rb di Denpasar
    Saya kemarin ganti kartu di grapari telkomsel Plaza Grapari Jl. Teuku Umar, karna kartu saya hilang. Padahal kondisi kartu saya masih aktif, katanya itu buat beli produk telkomsel, karena sy hanya bawa uang 100 rb, saya tidak bisa dapat kartu dan pulang dengan kecewa, apakah Grapari sudah menjadi outlet penjualan pulsa apa layanan untuk kemudahan pelanggan…….? saya merasa sangat…sangat …kecewa….!!!

  32. 05 Juli 2019, di Grapari Pettarani Makassar mo ganti kartu yg hilang malah disuruh bayar 50ribu yang kita gak tau gunanya buat apa… Padahal selama ini ngurus kartu hilang gak pernah diminta sepeserpu….

  33. Di grapari kota kasablanka jaksel untuk menggangi kartu hilang dikenakan biaya lebih dr 100rb dikarenakan nomornya harus membeli paketan dan harus ganti ke nomor prabayar seperti kartu Halo dan itu baru dikasih tau diakhir. Jika tidak mau ganti ke prabayr tidak akan diproses. Seperti menjebak customer.

  34. Kartu saya hilang sudah dan hp 1 bulan yg lalu
    Semua nomor kontak ada di kartu itu
    Termasuk nomor kedua orang tua saya
    Saya ingin nomor itu di aktifkan lagi dan dengan nomor yg sama
    Saya harus bagaimana

  35. siska handayani

    hp saya baru saja hilang dan saya ingin menganti kartu dengan no yg sama itu biayanya berapa yaa

  36. Di GraPARI kota Cirebon – jl tuparev Saya kena biaya rp 25.000, utk aktifkan lagi no simpati saya yg hilang bersama hpnya. Halo Telkomsel bgmn ini? Mana yg benar? Bayar ato tidak? Kali bayar brp biayanya? Kok beda beda?

  37. Kartu saya rusak,,rencana hari ini mau k grapari yg ada di kabupaten humbang hasundutan.Seandai nya lbh dri 10.000 biaya nya,apa kah sy bs complain?Kartu msh aktif.

  38. apakah bisa mengaktifkan kembali masa aktif kartu setelah terlewat masa tenggang. ? kartu saya sudah terlewat 1 bulan yg lalu,, bagaimana solusinya. ? apakah harus ganti kartu perdana. ? soalnya sayang kalo harus ganti kartu, dah pakai 5 tahunan,, terimakasih

  39. GraPARI Pringsewu Lampung di dikenakan biaya ganti kartu + dipaksa beli paket kuota+telpon senilai 30-50ribu. Padahal udah saya minta ini gak perlu kuota karena hanya untuk SMS + telpon. Tapi dipaksa , lalu saya diberikan secarik kertas untuk survey pelayanan. Yang nanti ada SMS masuk ke nomor kita langsung diminta balas dengan ketik angka 5. Ohhya saya ketik angka 1. Trus orang yg melayani saya telp seperti orang emosi. Lalu saya bilang “Udah saya bilang saya gak mau kenapa dipaksa2”.. langsung di tutup telpon nya

  40. Annisa bunga salshabilla

    Kalo masa tenggang telah lewat dan kartu hilang apa bisa di aktifkan kembali
    Dan ktp kk yg dibawa nik saat pendaftaran tsb atau bukan?

  41. Bambang Guritno
    PENGGATIAN KARTU SIMPATI RUSAK BIAYA 100 RIBU…..BEDA DENGAN OPERATOR LAIN …KARTU TREE10 RIBU,.KARTU XL 10 RIBU .KENAPA SIMPATI KOK MAHAL YAAA.di denpasar MAL MATAHARI GALERIA

  42. SEKARANG TELKOMSEL SEMAKIN PARAH HP KU HILANG AKU AKTIPKAN KE GLAFERI KATANYA UDAH GK BISA TELKOMSEL SEMAKIN PARAH PADAHAL NMR UDH DIGUNAKAN 15 THN MALAH KAYAK SAMBER GELAP

  43. @ anita kusuma mau tanya sya kehilangan no hp saya. Dan itu penting trkait m bngking dan kartu kredit sya …

    Tpi waktu itu sya bli krtu telkom yg sudah di registrasi oleh tokonya..jdi waktu Itu registrasi g pke data sya ..

    Pas saat sya ke grapari telkom g bsa pergantian no yg ilang krena waktu itu registrasinya bukan data saya…

  44. Kartu simpati saya sudah terblokir … Tapi itu kartu penting . Karna kartu itu untuk saya daftarkan di fb . Kalo mau aktifkan lagi dengan nomor yg sama . Apa masih bisaa ya

  45. Kartu saya udh lewat dri masa tenggang . Baru 3 hari…apakah bisa di aktifkan lagi masa tenggangnya..mohon petunjuk

  46. Ganti sim card As jadi nano dan upgrade 4G ditarik biaya 75.000 di GRAPARI PROBOLINGGO….

    nggak butuh qouta cuma butuh Nmr karena dah lama..
    Kecewa….

  47. Simcard saya hilang dan mau hidupkan nomor yang sama lagi kena biaya Rp 160.000 di GraPARI Mall Bali Galeria…
    Gila mahal banget kalau gag perlu nomor nya mending beli simcard yang baru…
    Parah GRAPARI

  48. Dimasyoga Boiz

    Saya ganti kartu yg hilang dan dikenakan biaya 50000.. apa itu kebijakan kantor pusat atau cm trik karyawan grapari untuk mendapatkan uang lebih..saya dari kota probolinggo

  49. Alwan Dedi Kusuma

    saya dimintakan 50rb buat ganti kartu yg hilang, setahunsaya pas penggantian pertama hanya 10rb dan pengganatian saya yg ke 2 kali 25.000

  50. Kecewa sama pelayanan grapari. Di tanjung balai juga harus byr 50 rb. Katanya sih aturan baru. 50 rb yg kita byr awalnya msk ke saldo. Tp berikutnya otomatis di potong paket internet 2 gb. 1 gb buat kuota musik. 1 gb buat data.
    Oh. MG……. byr 50 rb cuma buat 1 gb. Rugi amat. Sayangnya udh terlanjur pake telkomsel. Mau gak mau terpaksa harus di byr walau gak iklas. Lebih enak sistem lama.

  51. Saya barusan ngurus kartu di glafari Barabai karena kartu saya hilang dan dikenakan biaya admin sebesar 50.000,00 . Apakah ini wajar dan memang harga nya seperti itu.. saya sangat kecewa , seharusnya kalau nya jumlah yang cukup banyak seharusnya ada pemberitahuan sebelumnya

  52. Bagaimanacarany spy bs aktif.. mn kartunya akibat rusak nti2 lah pikir sy bgitu di grepari sama sekali gk bs.. no tsb semua tmn relasi rekan krj juga saudara2 sy mngetahui.. help donk Telkomsel gmna carany spy aktif kmbali.. buat bantuannya sy ucapkan terimakasih🙏

  53. hasan madsyal

    masih mending segitu…klo saya malah dikasih 2 pilihan 130000 atau 150000 digrapari gianyar bali,hanya untuk pergantian kartu sim yg rusak,akhirnya saya batalkan saja

  54. Stevanus Kristanto

    Sampe sakarang 9 juli 2020 ganti kartu karna hilang tarifnya 50 rebong .. , dapat bonus 5GB , ya itu doank sihk, jdi kalo nmr nya jelek, ples blm banyak org tau, mending nggak usah di urus, tapi klo nmrnya cantik and dsh banyak org yg tau , mau gak mau harus di urus dan siap siap merogoh kocek 50rebong … Sprti nmr gue .. super duper ganteng ..

  55. mutiara sinaga

    kak, mau tanya untuk ngurus kartu nya kemarin pakai surat keterangan kehilangan dari polisi kah?

  56. Kak aku dri grapari udh bayar 100rb untuk beli paket krna kembaliin kartu aku yg hilang . Kok sampai dirumah tulisannya kartu di nonaktifkan?

  57. Mungkin itu mereka maksa biar mereka (pegawai) bisa dapat bonus dari penjualan paket data ataupun pulsa ke pelanggan.

  58. Selamat malam ,,, sya mau tanya apakah kalo sya bilang kartu nya hilang harus pakai surat kehilangan??

  59. “Biasanya anak muda lebih banyak menggunakan kartu AS sedangkan untuk orangtua lebih banyak menggunakan kartu Simpati.”

    Ya, betul! orang tua zaman now pake simpati, karena jaman dulu waktu masih muda baru ada simpati, belum ada as.

  60. Mohon penjelasannya..kartu saya hilang untuk mengaktifkan kembali ,.saya di haruskan membeli kartu hallo buat apa coba,jelas2 saya ga perlu….kaya seperti abudemen gtu,,di kenain biaya tiap bulan pemakaian,,kalo mau di off saya mesti datang kesana lgy ke gerai untuk ngeblok,,
    Kenapa di pintain 60000..dulu gratis adapun di kenain biaya pergantian paling cuma 15000
    Nyari duit susah,saya kena musibah hp ma kartu hilang,,datang ke gerai bukan dapet solusi malah menambah beban biaya….tolong dong jgn bahagia diatasi penderitaan orang lain….

  61. Kalau kartu telkomsel hilang di atas 10 tahun, apa bisa di urus, atau bagaimana solusinya, jika nomor HP yang hilang tersebut diaktifkan kembali, karena ada data yang penting yang mewajibkan nomor tersebut terdata,
    Mohon infonya

  62. Saya baru ganti SIM card karena rusak ternyata biayanya di Bali malah 130 ribu dgn alasan akan dapat paket data dan pulsa
    Tolong dari awal infonya yang jelas dan seragam dan jangan mempersulit pelanggan karena dgn kondisi pelanggan yang minta ganti SIM card di nomor sama pasti mau nggak mau harus bayar karena sangat membutuhkan.
    Agar tidak memanfaatkan kesempatan di tengah kesulitan orang
    Terima kasih.

  63. Saya seminggu yg lalu datang ke grapari diponegoro Jogjakarta untuk penggantian kartu sim yg rusak trus ama CSnya disuruh bayar 100rb sekalian beli paket internet. Saya merasa ini pemerasan terselubung. Setau saya sblmnya kartu saya pernah rusak tapi ga kena biaya penggantian kartu. Ini modus CSnya biar dapat bonus dari atasan. Padahal saya sudah bilang sudah ada paket internet tapi tetep maksa harus bayar. Kecewa saya sama telkomsel

  64. Kira kira biaya ganti kartu tapi nomor telepon yang sama d GraPARI berapa yah??
    masa tenggang nomor nya sudah habis tidak bisa d isi pulsa tp masih aktif klau d telpon

Leave a Comment

Your email address will not be published.