Ganti Kartu Telkomsel yang Hilang

Telkomsel merupakan salah satu operator yang ada di Indonesia yang juga termasuk dalam BUMN, telkomsel memiliki banyak sekali pelanggan karena memang jaringan yang luas dan mampu mencapai pelosok-pelosok maka tak heran jika banyak yang menggunakan kartu Telkomsel.

Telkomsel memiliki 2 jenis kartu yaitu Kartu Simpati dan Kartu AS, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Biasanya anak muda lebih banyak menggunakan kartu AS sedangkan untuk orangtua lebih banyak menggunakan kartu Simpati.

Tarif yang ditawarkan mulai dari SMS, Telp, dan Paket Kuota Internet juga bermacam-macam, berbagai promosi diberikan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam berkomunikasi. Terutama saat ini lebih banyak orang mengakses internet maka telkomsel menawarkan paket kuota ekonomis.

Kartu Telkomsel harus sudah didaftarkan melalui 4444 dengan data yang benar sesuai dengan kartu domisili, hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan nomor telkomsel tersebut. Disamping itu juga, ketika kartu hilang maka pemilik sebenarnya dapat mengganti kartu dengan nomor yang sama.

Untuk mengganti kartu Telkomsel baik itu simpati maupun kartu AS maka bisa dilakukan di Grapari Telkomsel dengan membawa beberapa persyaratan seperti :

  1. Masa aktif kartu masih berlaku.
  2. KTP Elektronik yang diterbitkan oleh Disdukcapil,
  3. menyebutkan nomor hp, menyebutkan 5 nomor yang sering dihubungi,
  4. surat keterangan hilang (jika dibutuhkan).

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan biaya ganti kartu telkomsel yang hilang sebesar Rp 10.000, selain Grapari anda juga bisa mengajukan pembuatan kartu dengan nomor yang sama (karna hilang / rusak) maka bisa datang juga ke Gerai Halo Telkomsel terdekat dengan membawa persyaratan yang sama.


55 COMMENTS

  1. Saya baru aja ganti kartu AS tgl 9 April td stelah hp saya hilang di tgl 7 April..

    Penggantian kartu dikenakan biaya Rp 50.000,- di Grapari Banjarbaru..

    kartu saya sy yg baru udah diupgrade jadi 4G sekalian.. Dan katanya dapat bonus internet 5GB slma 1 bulan.. (Bener sih saya cek emg ada kuota 5gb).

    Tapi saya lupa tanyakan, 50ribu itu utk biaya apa aja, krna antrian sgt banyakk, jd tdk mungkin berlama2 bertanya..

  2. di grapari semarang, di haruskan aktivasi paket internet atau paket telepon sebesar 80000, namun menurut saya itu cukup merugikan mengingat biaya tersebut yang terlalu mahal hanya untuk mengurus kartu sim yang hilang

  3. Grapari jokja di kenai biaya 100rb dapat paket inet 4G 5gb dan 3gb terpaksa bayar di karenakan juga butuh no nya, kalau tidak butuh mending beli perdana lagi saja

  4. saya baru saja ganti kartu telkomsel di grapari bekasi Dan tidak dipungut biaya sepeser pun /gratis . Alhamdulillah

  5. 6 September 2018, saya ganti kartu Telkomsel yang rusak di Grapari Telkomsel Sudirman Yogyakarta dan dikenakan biaya Rp. 100.000,00 (seratu ribu rupiah). Kata CS nya (Counter 8) untuk BIAYA PENGGANTIAN KARTU DAN PAKET INTERNET/PAKET TELEPON/SMS. Kartu saya masih dalam kondisi aktif. Setelah itu mbaknya mengarahkan nanti ntuk aktivasinya jika dapat sms dari 1166, LANGSUNG DIBALAS DENGAN NO. 5 YA. Bodohnya saya, bgtu dapat sms dari 1166 tanpa baca lebih lanjut saya langsung balas no. 5 karena saya pikir bagian dari aktivasi eh ternyata itu merupakan survey kepuasan atas layanan grapari dan no.5 menyatakan SANGAT PUAS. Hadehhhh merugi berkali-kali….

  6. Saya baru ganti kartu di grapari telkomsel krn mau yg nano, saya di tagih bayaran 50rb dgn isi pulsa 25rb n paketdata 512mb. Saya kecewa dgn layanan ini, namun dilema mngingat no hp sy sdh lama dipakai gk mungkin dganti no lain lg…yg paling anehnya tagihan itu disampaikan ke kita setelah akhir proses, harusnya kan dr awal dia kasi tau kl ada biayanya agar gak menjebak. Gmn kl kbetulan gak bawa duit?? Kan malu2in…pas ada sms kepuasan layanan saya pilih aja no 1 gak puas sekali, cuma ada artinya gak tuh yah? Cuma minta no kepuasan layanan aja, gak minta alasan knapa gak puas… Tdnya saya mau sampaikan keluhan ini, cuma disuruh milih aja… Kita sudah banyak memberi duit ke telkomsel masa ganti kartu aja harus bayar,,,,
    Mudah2an orang yg berpengaruh di telkomsel membaca ini

  7. Di Manado juga 50.000
    Klo saya nggk butuh nmornya utk verifikasi data, mending beli perdana ama voucer pulsa 50.000 tuh.

  8. kartu saya sudah hilang selama 3 tahunan, apakah masih bisa di buatkan lagi? dan sekitar berapa tarif pembuatan?

  9. @Anonymous: Kalau itu sudah ga bisa,,, telkomsel akan melakukan blokir permanen jika lewat dari tanggal tenggang

  10. Saya ganti kartu baru pakai no lama tapi mmg masih aktif,kena biaya 25rb di grapari banjarmasin,lumayan mahal

  11. Saya malah lebih gila lg di GraPARI Jogja hrs bayar 150rb untuk ganti kartu dan upgrade 4g dg dpt kuota 20 GB…sampe rumah SMS kepuasan layanan lgs saya kasih 1 artinya sangat tidak puas…knp ya Telkomsel kok mainnya kayak gitu?

  12. Kak, kalau ganti kartu dari makro sim ke nano sim dengan nomor yang sama, kena biaya juga gak kak? Kalau iya, kira² brpa kak? Terima kasih sebelumnya, kak..

  13. nomor saya gabisa buat telf sudah 2 hari.. buat login my telkomsel jg tidak bisa , ada tulisan nya ” maaf nomor anda tidak dapat divalidasi ” mksdnya apa ya ? rencana say besok mau ke grapari

  14. Hari ini saya upgrade kartu saya 3G ke 4G, dikenakan biaya 20rbu, untuk administrasi, tp kenapa GK ad struknya ya di garpari Depok itc

  15. Saya kemarin ganti kartu di grapari telkomsel gandaria city jakarta selatan dikenakan biaya 25k, karna kartu saya hilang. Padahal kondisi kartu saya masih aktif, katanya itu buat beli produk telkomsel, saya iyain krna butuh kartu nya, dia bilang nanti pulsa 25k lgsung terpotong buat beli produk telkomsel,
    Setelah saya sampai dirumah, saya cek gk ada notif apapun tentang produk telkomsel nya, apakah ini tipu2 dari pihak telkomsel atau orang tersebut/?
    Jujur saya merasa tertipu, tp sudah terlanjur y hanya tinggal kecewa,

  16. Kartu saya hilang diluar negri, tpi msh aktif apa pengurusan bisa diwakilkan ke org yg ada di indonesia untuk pembuatan kartu baru dengan nomer sama? Sedangkan posisinya belum bisa pulang ke indonesia

  17. Saya sim card tidak bisa sms tgl 06 april 2019 ganti digrapari jend sudirman dikenai 100 rb dapat paket bicara 7000 menit tanpa kuitansi, kata cs simcard rata rata stiap 2 tah7n akan rusak, by system. Stelah sy kejar alasan berubahubah lagi tidak konsisten.
    Provider nomor 1 kok spt ini. Pdhal milik pemerintah. Cari uang kok spt malak konsumem saja.

  18. percuma pada akhirnya juga ngeluarin uang. kayak nomor saya diarahin lewat web telkomsel dan hasil akhirnya malah terblokir permanen dan hrus ke grahapari.

  19. Jadi buat up kartu 3G ke 4G itu pake biaya? Yang katanya dialokasikan buat paketan? Licik juga ya mereka.

  20. Kk kalo misalnya kartunya hilang baru ndag ketemu boleh saya mengurusnya tanpa ada surat keterangan hilang

  21. Ini kartu saya sudah hilang kira2 6 bulan yg lalu, tapi baru mau saya urus saat ini, apa bisa ya? Dan nomer itu sudah habis masa aktifnya kira2 4 bulan yg lalu. Apa bisa minta dibuatkan nomor tlpn yang sama?

  22. Untuk area Semarang khusus Telkomsel GraPARI dekat simpang lima biaya untuk membuat kartu Telkomsel yg baru bisa Sam 120.000 entah kenapa biaya bisa sampai semahal itu saya kecewa skli padahala di area lain cmn 25 .000 aja..

  23. No sy kyknya sdh diblokir permanen krn tdk ada jaringan sm.sekali. kmrn waktu masa tenggang msh ada jaringan dan bs disms tp tdk prnh bs diisi pulsa. Kl gt solusinya spy no lama sy ttp aktf gmn ya? Sy mw ke grapari pas bc artikel ini koq ragu no sy bs diaktifkan lg.

  24. Klau mau mengganti kartu kita dg nomor lama katanya kan nggak bayar tuh? Tp dikenai biaya untuk diganti kepulsa, jadi apakah kita bisa menolak pengisian pulsa itu?

  25. Kartu simpati saya hilang hari ini. Boleh gak klo bawak ektp aja ke grapari? KK ktinggalan di rumah, rumah jauh.

  26. Biaya kartu ganti Kartu karena hilang Muuuuahaaal ……………………..Paling Murah 170 rb di Denpasar
    Saya kemarin ganti kartu di grapari telkomsel Plaza Grapari Jl. Teuku Umar, karna kartu saya hilang. Padahal kondisi kartu saya masih aktif, katanya itu buat beli produk telkomsel, karena sy hanya bawa uang 100 rb, saya tidak bisa dapat kartu dan pulang dengan kecewa, apakah Grapari sudah menjadi outlet penjualan pulsa apa layanan untuk kemudahan pelanggan…….? saya merasa sangat…sangat …kecewa….!!!

  27. 05 Juli 2019, di Grapari Pettarani Makassar mo ganti kartu yg hilang malah disuruh bayar 50ribu yang kita gak tau gunanya buat apa… Padahal selama ini ngurus kartu hilang gak pernah diminta sepeserpu….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.