siapa yang bayar ongkir

Jualan Online di Shopee, Ongkir siapa yang bayar??

siapa yang bayar ongkir

Shopee dapat kita ibaratnya sebagai pasar yang banyak pembeli sehingga terdapat peluang usaha yang dapat kita manfaatkan dengan membuka toko online untuk berjualan, banyak orang yang sukses dari shopee.

Jualan online di Shopee dapat dilakukan langsung dari rumah sendiri, tanpa harus memiliki toko fisik. Kita dapat memanfaatkan salah satu ruangan yang ada dirummah sebagai tempat penyimpanan stok dan barang serta menjadi tempat pengemasan.

Ada yang bertanya kepada kami perihal jualan online di shopee, pertanyaannya yaitu seperti yang  telah kami tulis dalam judul artikel ini yaitu Jualan Online di Shopee, Ongkir siapa yang bayar??

Siapa yang bayar ongkos kirim?

Mungkin anda sebagai pemula juga memiliki pertanyaan yang sama, maka pada kesempatan kali ini kami akan menjawabnya.

Sistem di Shopee telah dibuat sedemikian rupa untuk membantu atau memberikan kemudahan kepada kedua belah pihak yaitu antara Pembeli dan Penjual, tidak akan ada yang saling dirugikan.

Ongkir atau Ongkos Kirim dibebankan kepada Pembeli, sehingga ketika pembeli melakukan order barang di toko anda dan telah memasukan alamat kirimnya maka secara otomatis shopee akan menampilkan jumlah bayar sudah termasuk dengan ongkir.

Sehingga pembeli akan melakukan pembayaran ke Shopee senilai Harga barang yang di pesan + ongkos kirim. Besar nya ongkos kirim tergantung asal pengirim dan tujuan penerima serta berat paket yang akan dikirim.

Contoh: Misalnya Andi membeli Pakaian seharga Rp150.000 kemudian berat pakaian dibawah 1kg, penjual berlokasi di Jakarta sedangkan Andi tinggal di Palembang. Andi memilih pengiriman menggunakan JNE dengan ongkir dari Jakarta ke Palembang Rp22.000 /kg. Maka andi akan bayar Rp172.000 atas transaksi yang dia lakukan di Shopee untuk membeli Pakaian.

Apakah penjelasan itu sudah cukup jelas? yang intinya menjawab pertanyaan anda. Ya benar, Ongkos kirim akan dibayar Pembeli bukan Penjual. Kecuali penjual memiliki promo khusus yang siap menanggung ongkirnya.

Pada saat kirim di JNE kok kita harus bayar Ongkir?

Tergantung kondisinya kak, kalau kita mengaktifkan pengiriman ekspedisi reguler dengan resi manual maka penjual harus menanggung ongkir terlebih dahulu, yang nantinya shopee akan mengganti ke saldo penjual.

Kalau memang tidak ingin menanggung ongkir saat pengiriman maka pastikan anda mengaktifkan kurir JNE Cashless atau JNT dengan resi otomatis, pada saat ada pembeli masuk maka secara otomatis akan muncul nomor resi di aplikasi shopee.

Resi tersebut ditulis di paket yang akan dikirim, lalu serahkan paketnya ke kantor ekspedisi untuk di kirim ke alamat pembeli. Penjual tidak perlu membayar ongkir nya, karena resi otomatis telah dibuat hasil kerjasama antara shopee dengan ekspedisi.

Di Shopee kan Gratis Ongkir?

Sebenernya di Shopee bukan gratis ongkir, tapi lebih tepatnya Subsidi ongkir. untuk mendapattkan subsidi ongkir pembeli harus memasukan kode voucher gratis ongkir yang berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jikaa pembeli menggunakan voucher gratis ongkir maka Ongkos kirim akan ditanggung pihak Shopee (bukan penjual). Shopee akan memberikann diskon ongkir yang dibayar pembeli sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

13 thoughts on “Jualan Online di Shopee, Ongkir siapa yang bayar??”

  1. Jadi waktu kita akan mengirimkan barang di counter ekspedisi, berarti kita bayarin ongkir dulu ya kak? Terus baru ambil uangnya waktu dana shopee udah cair?

  2. Kak mau tanya, kalau kita yg langsung antar ke ekspedisi trs kebetulan itu pembeli dapat free ongkir alias 0 rupiah ongkirnya.
    Berarti saat di ekspedisi kita sebagai penjual tidak bayar ongkir kan ?
    Maaf pemula soalnya

  3. Aku jual harga produk 220. progam dr shopee gratis ongkir min 120. Jadi otomatis gratis ongkir kan kak… tp kenapa sama shopee ongkos pengiriman diambil dr harga produk. Ongkos kirim 50rb Jadi 220-50
    Pengiriman ke KAlTIM.
    Ya Allah nangis aku…

  4. Sama ka , saya juga kemarin gitu malahan rugi 1,5 jt
    Ini slah saya emang malah aktifin di promo toko jadi ongkir di tanggung semua sama saya

    Nangiss kejerr

  5. Coba chat adminnya shopee klaim penggantian untuk ongkirnya…saya juga gitu..ternyata bukan cuman saya ya….katanya tunggu 3-4 hari kerja di ganti ongkirnya…selama kita emang ikutan program gratis ongkir dari shopeenya itu harusnya shopee yg bayar…

  6. hallo kak, saya hanya ingin membantu menjawab, jadi jika kita penjual mengaktifkan gratis ongkir di toko di aplikasi shopee maka untuk subsidi ongkir memang kita yang menanggung, jadi semisal kita jual produk seharga 300.000 kemudian pembeli check out dan menggunakan voucher gratis ongkir maka uang 300.000 itu akan dikurangi untuk subsidi ongkir dan itu berlaku seluruh indonesia, besar kecilnya subsidi tergantung jarak kota…jadi saran saya mending tokonya tidak usah didaftarkan gratis ongkir kak, supaya biaya ongkir pembeli yg menanggung. Terimakasih, semoga bermanfaat

  7. Sepemahaman saya “Gratis Ongkir” itu lebih tepatnya ditanggung seller karna ada ketentuan pemotongan harga original produk-total potonan(biaya) sebesar 4% (atau 3% untuk produk kategori tertentu) untuk seller non-star, dan ini memungkinkan nilai pemotongan lebih besar dari ongkir itu sendiri.
    Misal ;
    Contoh 1 :
    Pengiriman masih dalam satu kota dengan kisaran biaya kirim Rp.10.000.
    Harga barang original (Rp.100.000) – total potongan 4% (Rp.4000) Maka keuntungan yang diambil penjual sebesar Rp.96.000 ini masih relevan, nilai pemotongannya tidak lebih dari biaya kirim Rp.10.000 meskipun penjual mendapat keuntungan lebih rendah dari harga orginal produk itu sendiri.

    Contoh 2 :
    Dengan pengiriman masih dalam satu kota yang sama dengan kisaran biaya kirim Rp.10.000 tapi harga barang berbeda.
    Harga barang original (Rp.300.000) – total potongan 4% (Rp.12.000) Maka keuntungan yang diambil penjual sebesar Rp.288.000. Pada contoh 2 ini bisa kita lihat jika nilai potongan itu lebih besar dari ongkos kirim itu sendiri.

    Ya tentunya semakin rendah/murah harga original produk makan semakin rendah nilai pemotongannya dibanding ongkos kirim. Tapi, sebaliknya jika harga original produk semakin tinggi/mahal maka akan semakin tinggi juga nilai pemotongannya dan keuntungan yang didapat penjual pastinya lebih rendah dari harga original produk tersebut.

    CMIIW.

  8. Belum paham tp coba ikutan pasang gratis ongkir pada produk yg sy jual di Shopee. Dan sampai saat ini , Alhamdulillah belum pernah closing hehehe..mudah”an kedepannya lancar,Aamiin. Sy cuma mau minta saran kepada yg sudah paham mengenai hal ini, kira” lbh baik sy ikut program gratis ongkir atau tidak ya? Tenkyuu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.