Apakah Ganti Kartu ATM Hilang Dikenakan Biaya?

biaya ganti kartu atm yang hilang

Kartu ATM merupakan sebuah kartu yang digunakan nasabah untuk bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM. 

Mesin ATM sendiri yaitu sebuah anjungan tunai mandiri yang disediakan perbankan untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi kapan saja, dengan syarat punya kartu ATM.

Kartu ATM diberikan kepada nasabah yang telah memiliki rekening tabungan, sehingga nasabah dapat menarik uang (ambil uang), transfer uang, dan transaksi lainnya.

Kartu ATM dilindungi oleh 6 digit pin rahasia yang hanya diketahui oleh pemiliknya saja, bahkan pihak perbankan pun tidak mengetahuinya.

Jika kartu ATM hilang maka rekening tabungan akan tetap aman selama yang menemukan tidak mengetahui PIN ATM nya.

Namun untuk keamanan ketika anda kartu atm anda hilang maka sebaiknya langsung menghubungi call center bank yang anda gunakan untuk memblokir kartu tersebut agar tidak disalahgunakan.

Setelah kartu ATM yang hilang berhasil di blokir maka selanjutnya nasabah mengurus kembali ke kantor cabang untuk mendapatkan kartu atm yang baru.

Syarat untuk bisa mendapatkan kartu atm baru maka nasabah harus pergi ke kantor cabang dengan membawa persyaratan sebagai berikut :

  1. bawa identitas (KTP yang berlaku).
  2. bawa buku tabungan
  3. dan bawa surat keterangan hilang dari kepolisian
  4. bawa materai 6000 dan uang administrasi.

Apakah Ganti Kartu ATM Hilang Dikenakan Biaya?

Kartu ATM yang hilang hanya bisa diganti di kantor cabang bank yang anda gunakan, pastika ketika anda pergi ke kantor membawa persyaratan yang telah kami sebutkan diatas.

Biaya ganti kartu atm baru setiap bank memiliki kebijakan tersendiri, namun pada umumnya seperti bank BNI, BRI dan Mandiri dikenakan biaya Rp15.000 untuk ganti kartu ATM yang hilang.



Loading...

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.