kartu atm saya hilang

Gawat, Kartu ATM Saya Hilang !!

kartu atm saya hilang

 

Kehilangan kartu ATM sangat lumrah terjadi, baik itu karena keteledoran atau karena memang tidak sengaja terjatuh padahal sudah disimpan diaman, yang jelas kartu ATM nya sekarang sudah ngga ada alias hilang.

Ketika kartu ATM hilang tentu akan membuat kita mengalami kesulitan untuk bisa melakukan transkasi, bahkan ngambil uang langsung ke tellerpun tidak akan dilayani kalau tidak membawa kartu ATM.

Sebenarnya kehilangan kartu ATM tidak perlu dikhawatirkan karena walaupun memang ada seseorang yang menemukannya, dia tidak akan bisa menggunakannya karena ada PIN yang harus dimasukan, kecuali orang tersebut mengetahui pin atm anda sebelumnya.

[lwptoc min=”3″]

Apakah kamu sekarang mengalami kehilangan kartu ATM?

Jika kamu kehilangan kartu ATM secara di rumah maka lebih baik dicari terlebih dulu, siapa tahu terselip di kolong tempat tidur, di samping lemari, atau di kamar mandi.

Mungkin sebenarnya kartu ATM kamu ga hilang, hanya saja kamu lupa meletakannya, pertama coba cek kantong celana atau baju yang terakhir kamu gunakan saat membawa kartu ATM terakhir kali, barang kali ketemu.

Tapi kalau memang sudah dicari kemana-mana tidak ketemu maka langkah pertama yang harus kami lakukan adalah mengajukan pemblokiran kartu ATM agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Bisa saja ada seseorang yang mengetahui PIN ATM dan sengaja mengambil kartu ATM yang kamu miliki, bermaksud ingin menggunakan kartu untuk keperluan tertentu.

Blokir Kartu ATM lewat Call Center

Apapun kartu ATM yang kamu gunakan solusinya adalah blokir kartu atm.

Cara memblokir kartu ATM, kamu bisa menghubungi call center bank yang kamu gunaka, kalau kartu atm yang kamu gunakan adalah ATM BRI maka hubungi call center BRI, tapi kalau kartu ATM nya BNI maka hubungi call center BNI.

Jangan sampai salah!!

Tapi saya nggak tahu call center bank nya, bagaimana?

Kamu jangan khawatir, dibawah pembahasan ini kami telah melampirkan beberapa nomor call center bank yang dapat kamu hubungi langsung melalui telp.

Catatan: Pastikan saat menghubungi call center pulsa di hp mu mencukupi, paling tidak ada sekitar Rp30.000, karena memang biaya menghubungi call center bank cukup mahal.

Jangan sampai baru terhubung beberapa menit sudah putus, karena kehabisan pulsa.

Isi dulu pulsamu jika memang tidak mencukupi, pergi ke konter terdekat atau ke Indomaret untuk melakukan pengisian pulsa.

Kalau pulsa sudah terisi barulah kamu hubungi call center.

Kamu Akan ditanya Verifikasi Rekening

Saat terhubung dengan call center, langsung saja sebutkan namamu dan sampaikan keperluanmu.

yaitu mau Blokir kartu ATM karena Hilang.

Selanjutnya kamu akan ditanya beberapa pertanyaan verifikasi untuk memastikan bahwa anda pemilik rekening yang sesungguh.

Apa saja pertanyaannya?

  • Berapa nomor rekeningnya?
  • Siapa nama Ibu Kandung?
  • Sebutkan nomor hp yang digunakan?
  • dan Biasanya tanggal lahir nasabah.

Jika pertanyaan verifikasi terjawab dengan benar, maka proses pemblokiran kartu ATM akan dilakukan.

Kartu ATM yang hilang tidak akan bisa lagi digunakan ketika sudah diblokir, jadi walaupun kamu ternyata menemukan kartu yang hilang maka tetap tidak bisa digunakan jadi kamu harus membuat kartu atm yang baru di kantor cabang.

Buat Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian

Untuk mengurus pembuatan kartu ATM yang baru, maka kamu perlu melampirkan persyaratan yaitu membawa surat keterangan kehilangan kartu ATM dari polisi untuk itu kamu perlu membuatnya.

  • Datang ke kantor polres/polsek terdekat
  • Mengajukan pembuatan surat kehilangan kartu ATM
  • Tunjukan KTP dan menyebutkan informasi apa yang hilang
  • Kalau yang hilang kartu ATM, maka sebutkan nomor rekeningnya.
  • dan kapan hilangnya? dimana hilangnya?

Pembuatan surat ini tidak dikenakan biaya.

Datang ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Kalau sudah membuat surat keterangan hilang maka selanjutnya dihari itu atau besok harinya kamu bisa datang ke kantor cabang bank yang kamu gunakan untuk membuat kartu ATM yang baru.

Syarat nya apa saja?

  1. Buku Tabungan
  2. Tunjukan KTP
  3. Surat Keterangan Hilang
  4. Biaya Rp15.000

Kalau buku tabungannya hilang bagaimana?

Kalau buku tabungannya ternyata ikut hilang maka kamu juga perlu memasukan kedalam surat laporan kehilangan bahwa kamu kehilangan kartu ATM dan buku tabungan.

Pembuatan kartu ATM baru tidak bisa diwakilkan, sehingga harus nasabah yang bersangkutan sendiri yang mengurus pembuatannya. Kalau sibuk bisa cari waktu luang untuk datang ke kantor cabang terdekat.

Beberapa Daftar Nomor Call Center Bank 

Kamu bisa hubungi call center bank dibawah ini, cari bank yang kamu gunakan.

  • Call Center BRI 14017 atau 021-57987400
  • Call Center BNI 1500046 atau 021-2511946
  • Call Center BCA 1500888 tekan angka 3 (tiga).
  • Call Center Mandiri  14000 atau 021-52997777

Leave a Comment

Your email address will not be published.