Modus Penipuan Mengatasnamakan Gojek Yang Perlu Anda Ketahui

modus penipuan gojek

Banyak sekali modus penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, ada yang mengatasnamakan shopee, lazada, tokopedia, telkomsel, bahkan ada juga yang pura-pura jadi karyawan gojek.

Para penipu mengaku sebagai karyawan sebuah perusahaan termasuk gojek, modus yang dilakukan adalah akan mengirimkan hadiah berupa saldo gopay dengan nominal jutaan rupiah.

Penipu mencoba masuk ke akun gojek milik korban dengan upaya mereset kata sandi sehingga aplikasi gojek mengirimkan kode OTP ke nomor hp korban.

Kode OTP inilah yang menjadi bug bagi para penipu.

Yang selanjutnya penipu menghubungi korban dengan mengaku-ngaku sebagai karyawan atau managemen gojek yang menginformasikan bahwa akun gojek milik korban mendapatkan hadiah berupa saldo gopay senilai jutaan rupiah.

Untuk bisa mendapatkan atau mencairkan hadiah berupa saldo gopay tersebut, penipu kemudian meminta kepada korban untuk menyebutkan kode verifikasi yang baru saja dikirimkan melalui SMS sebagai konfirmasi.

Karena korban menyebutkan kode OTP nya maka secara otomatis penipu tadi berhasil login ke akun gojek milik korban dengan mereset kata sandinya. Penipu tadi berharap didalam akun gojek korban terdapat saldo gopay yang bisa di manfaatkan.

Begitulah modus yang dilakukan oleh para penipu yang mengaku-ngaku sebagai karyawan atau managemen gojek, sehingga kesimpulannya adalah “SMS Kode OTP” yang tiba-tiba masuk tanpa anda yang merequest itu artinya sedang dalam target, kode OTP jangan sampai diberikan kepada oranglain.

Kode OTP tidak boleh diketahui orang lain, yang boleh tahu hanya pengguna itu sendiri, jika ada oranglain yang meminta kode OTP kepada anda maka sebaiknya anda tolak atau sebutkan saja nomor asal-asalan.

Pada intinya, jangan pernah percaya terhadap telp masuk yang mengatasnamakan Gojek yang menginformasikan sebuah hadiah, terlebih lagi meminta kode OTP yang rahasia. Pihak gojek tidak perlu meminta kode OTP ataupun mengumumkan pemenang hadiah melalui SMS atau Telp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.