Syarat Membuat NPWP Untuk Pegawai atau Karyawan

Syarat NPWP bagi Pegawai

Membayar pajak menjadi kewajiban Warga Negara Indonesia yang memiliki penghasilan baik itu sebagai wiraswasta maupun berprofesi sebagai pegawai atau karyawan kantoran. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memenuhi kewajiban tersebut.

Untuk bisa membayar pajak maka setiap orang perlu memiliki NPWP, maka tak heran jika seorang pegawai atau karyawan wajib memiliki yang namanya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Hampir semua perusahaan kini memberikan persyaratan kepada para Pegawai untuk memiliki NPWP.

Bagi yang telah memiliki NPWP maka akan diberikan sebuah kartu, kartu tersebut dibuat di Kantor Pajak sesuai dengan Domisili, dan proses pembuatan NPWP membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari kerja, itupun semua persyaratan harus sudah lengkap, kalau belum lengkap maka pembuatan NPWP belum bisa di proses.

Jika anda bekerja sebagai pegawai / karyawan, atau hendak melamar pekerjaan yang dimana ada syarat yang harus dipenuhi berupa NPWP maka anda dapat membuat nya terlebih dahulu. NPWP kini telah menjadi syarat umum yang wajib di lampirkan saat melamar pekerjaan atau membuka rekening tabungan di bank.

Syarat NPWP Pegawai atau Karyawan

Berikut ini merupakan syarat bagi anda yang berprofesi sebagai Pegawai atau Karyawan yang hendak membuat NPW, lengkapi persyaratan berikut ini terlebih dahulu sebelum anda pergi ke kantor Pajak :
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran (sudah Tersedia di Kantor Pajak)
  2. Fotokopi SK PNS atau Keterangan Kerja dari Tempat Anda Kerja
  3. bagi Warga Negara Indonesia: fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. bagi Warga Negara Asing: fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)

Persyaratan yang kami sebutkan diatas merupakan persyaratan umum dalam membuat NPWP, namun terkadang ada persyaratan tambahan yang harus dilengkapi sesuai kebutuhan kantor pajak wilayah anda. Hindari pembuatan NPWP melalui calo atau lainnya karena pembuatan NPWP tidak dikenakan biaya.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.