lupa pin atm bca

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA Terbaru 2021

lupa pin atm bca

[lwptoc]

Lupa pin ATM sering banget dialami oleh nasabah bank BCA, karena mungkin terlalu jarang melakukan transaksi atau sering bergonta-ganti PIN.

Setiap nasabah BCA yang memiliki kartu ATM pasti akan dilengkapi PIN untuk keamanan, sehingga tidak akan ada orang yang bisa mengakses rekening tanpa mengetahui pin atm walaupun yang bersangkutan memegang kartu atm nya.

Pemilik rekening jika lupa PIN ATM maka tidak akan bisa mengakses rekening tabungannya, sehingga jika salah memasukan pin lebih dari 3 kali maka secara otomatis kartu ATM akan diblokir oleh sistem dan tidak bisa digunakan lagi.

Jika ternyata anda mengingat pin atm tapi ternyata kartu ATM sudah terlanjur di blokir maka bisa menghubungi call center BCA untuk membuka blokir kembali, sehingga anda bisa mengakses rekening anda seperti biasa.

Tapi bagaimana kalau benar-benar lupa dan tidak ingat lagi?

Kalau memang lupa pin ATM yang digunakan maka tidak ada solusi kecuali anda harus datang ke kantor cabang BCA untuk melakukan aktivasi kartu atm yang baru.

Saat membuat kartu ATM dengan pin yang baru maka kami sarankan untuk menggunakan PIN yang mudah diingat oleh anda sendiri, dan selanjutnya catat di selembar kertas dan disimpan, jangan di ponsel anda karena bisa diketahui orang lain.

1. Lupa PIN ATM BCA

Ketika lupa dengan pin atm anda maka tidak ada pilihan lain kecuali anda memasukan pin dengan salah agar kartu ATM terblokir.

Jika sewaktu-waktu anda ingat pinnya atau ternyata menemukan catatan pin yang anda simpan maka anda bisa menghubungi call center BCA di 1500888 untuk mereset ulang pin atm yang salah agar dibuka blokirnya.

Dengan begitu anda dapat melakukan transaksi kembali menggunakan pin yang sudah anda ingat atau sudah ditemukan.

Tapi kalau memang tidak ingat sama sekali maka kartu ATM akan tetap terblokir dan anda harus membuat kartu ATM BCA yang baru di kantor cabang.

2. Penyebab Lupa PIN ATM

Kelupaan pin atm banyak penyebabnya, yang inginya anda tidak ingat dengan PIN ATM yang digunakan, berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering terjadi:

  • Sering gonta-ganti pin atm
  • Baru ganti pin kemarin tapi lupa
  • Kebanyakan kartu ATM yang perlu diingat
  • Banyak pekerjaan sehingga jadi sibuk
  • Memang orangnya pelupa
  • Salah pencet keyboard angka di ATM

Entah apa penyebab yang membuat anda menjadi lupa dengan pin atm sendiri, yang jelas ketika anda salah memasukan pin 3 kali maka kartu ATM anda akan otomatis terblokir.

3. Mengatasi Lupa PIN Tapi Kartu ATM sudah diblokir

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, jika kartu ATM anda sudah terblokir karena beberapa kali salah memasukan PIN maka anda perlu mengingat ulang pin atm nya.

Jika ingat, maka anda bisa menghubungi call center BCA untuk melakukan reset ulang, agar anda bisa kembali memasukan PIN ATM yang diingat.

Tapi kalau memang benar-benar lupa, maka tidak ada pilihan lain yaitu anda harus ganti kartu ATM ke kantor cabang BCA terdekat, namun jika ada perubahan data KTP maka anda harus pergi ke kantor cabang asal tempat membuka rekening.

  1. Datang ke kantor cabang BCA
  2. Bawa Buku Tabungan, KTP Asli dan Kartu ATM
  3. Ambil nomor antri Customer Service
  4. Tidak bisa diwakilkan

Saat ganti kartu ATM yang baru akan dikenakan biaya pergantian kartu sebesar Rp15.000, jadi pastikan anda membawa uang tunai untuk biayanya.

4. Tips Membuat PIN ATM

Pin ATM BCA terdiri dari 6 digit pin, anda bisa mengkombinasikan tanggal lahir anda dan anak anda ditambahkan dengan 2 nomor lain yang mudah diingat.

Contoh: 

  • Tanggal lahir ayah = 30
  • Tanggal lahir anak terakhir = 12
  • 2 Angka kembar = 44
  • Jadi pin ATM nya adalah 301244

Leave a Comment

Your email address will not be published.