asuransi jne

Kirim Barang Berharga Lewat JNE Disarankan Pakai Asuransi

asuransi jne

JNE melayani pengiriman barang dan dokumen ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Ongkos kirim JNE terbilang lebih murah dibandingkan dengan ekspedisi lainnya, sebagai perbandingan kami akan memberikan contoh pengiriman dari Kediri ke Blitar dan pengiriman dari Magelang ke Semarang.

  1. Ongkir JNE Reguler dari Kediri ke Blitar hanya Rp8.000 sedangkan ongkir JNT Rp13.000
  2. Ongkir JNE Reg dari Magelang ke Semarang hanya Rp10000 sedangkan ongkir JNT Rp12.000

Hanya saja berdasarkan pengalaman dalam mengirim paket dengan JNE lebih lambat daripada JNT, maka wajar saja kalau JNT menetapkan ongkos kirim yang lebih mahal dibandingkan JNE.

Ada yang perlu anda ketahui tentang pengiriman paket menggunakan JNE yaitu pengiriman barang-barang berharga seperti pengiriman hp android, pengiriman laptop, pengiriman dokumen penting, dan barang berharga lainnya.

Cara Menghitung Premi Asuransi JNE

Ketika anda mengirim paket berharga seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka disarankan untuk menggunakan Asuransi JNE dengan membayar premi yang telah diatur oleh JNE yaitu dengan perhitungan sbb (0.2% x harga barang + biaya admin).

Contoh:

Jika anda mengirimkan sebuah hp android dengan harga Rp2.000.000 maka biaya asuransi yang harus dibayar adalah Rp9.000, belum termasuk packing kayu jika anda menginginkannya dan juga diluar ongkos kirim. artinya jika ongkir anda adalah Rp22.000 maka total yang harus anda bayar adalah Rp22.000+ asuransi Rp9.000 = Rp31.000

Apabila paket anda hilang selama pengiriman JNE maka pihak JNE akan memberikan ganti rugi sesuai dengan dengan harga barang yang hilang, sedangkan jika anda tidak menggunakan asuransi maka  JNE hanya menanggung 10x dari ongkos kirim nya saja.

Prosedur Klaim Asuransi JNE

Ketika anda mengirimkan barang berharga melalui JNE dan menggunakan asuransi yang ditawarkan dan barang tersebut tidak sampai kealamat penerima (alias hilang atau rusak) maka anda dapat mengajukan klaim paket kepada pihak JNE.

Sebelum anda mengklaim asuransi pengiriman paket yang hilang melalui JNE maka anda harus mengetahui beberpaa prosedur, yaitu anda perlu menunjukan beberapa syarat diantaranya sebagai berikut:

  1. Bukti Resi yang ASLI
  2. Bukti Resi Asuransi
  3. Surat Klaim (dilengkapi identitas)
  4. INVOICE / FAKTUR pembelian barang anda

Pastikan anda melengkapi syarat -syarat yang telah kami sebutkan diatas, jika ternyata resi anda hilang atau note pembelian juga hilang maka bisa dipastikan anda akan mengalami kesulitan dalam proses klaim asuransi pengiriman barang tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, adapun untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara klaim dapat anda tanyakan langsung kepada kantor JNE terdekat yang ada di kota anda masing-masing atau bisa juga menghubungi call center dibawah ini:

  1. Call Center JNE (021) 29278888
  2. Email. [email protected]
  3. Facebook: www.facebook.com/JNEPusat

Terima kasih banyak kak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.