buka paket sebelum konfirmasi

Jangan Konfirmasi Pesanan diterima Sebelum Paketnya dibuka

Belanja online memang sangat menyenangkan karena apa yang kita cari dapat ditemukan dengan mudah, terlebih harganya lebih murah bila dibandingkan barang yang di jual di toko-toko terdekat.

Kalau mau belanja online lebih baik belanja di marketplace (shopee dan tokopedia), jangan beli barang lewat instagram karena banyak banget penipuan.

Ternyata ga sedikit yang sudah jadi korban penipuan belanja di instagram.

Rata-rata yang jadi korban penipuan di instagram tergiur dengan harga murah, kobran melakukan transaksi hanya lewat whatsapp yang kemudian mentransfer uang ke penjual.

Setelah korban mentransfer uang, apa yang terjadi???

Apalagi kalau bukan memblokir semua kontak baik whatsapp maupun instagram pembeli sehingga pembeli tidak lagi bisa menghubungi penjual.

Kalau belanja di shopee atau tokopedia lebih aman, karena menggunakan rekening bersama yaitu menggunakan rekening resmi milik marketplace itu sendiri.

Proses pembelian di marketplace:

Misal nya kita belanja di shopee, kita pesan barang lalu bayarnya langsung ke rekening shopee atau lewat indomaret.

Uang yang kita kirim belum jatuh ke tangan penjual sehingga aman, jika sewaktu-waktu ada masalah dengan barang yang kita beli maka kita bisa mengajukan refunds / pengembalian dana.

Maka dari itu, jangan pernah mengkonfirmasi pesanan shopee sebelum kalian membuka paketnya. Buka dulu paketnya, jika barang sesuai pesanan maka konfirmasi barang diterima.

Ketika kita konfirmasi barang diterima uang akan diberikan kepada penjual.

Masih sering ditemukan penipuan oknum penjual di shopee, dimana ketika pembeli melakukan pemesanan tapi barang yang dikirim tidak sesuai.

Sehingga ketika sudah di konfirmasi maka artinya anda menerima pesanan tersebut, maka anda tidak bisa lagi mengajukan pengembalian dana.

Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee atau Tokopedia

Jika ternyata barang yang di pesanan tidak sesuai pesanan atau mengalami cacat maka anda bisa mengajukan komplain dan mengajukan pengembalian dana atau tukar produk.

Sebelumnya kalian perlu membuat video terlebih dahulu mengenai kerusakan atau barang yang tidak sesuai pesanan, lalu upload di youtube.

Setelah itu, klik ajukan pengembalian dana di aplikasi marketplace yang kamu gunakan.

Proses pengajuan klaim pengembalian dana memang tidak mudah alias ribet, karena butuh proses yang panjang.

Tapi mau bagaimana lagi? kalau mau uang balik ya ikuti aja.

Misal: kamu beli hp baru, tapi yang dikirim ternyata hp zonk (tidak sesuai pesanan), alias kw maka kamu akan rugi jutaan rupiah kalau ternyata kamu sudah mengkonfirmasi pesanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.