keuntungan shopee

Analisa Darimana Shopee Mendapatkan Keuntungan

[lwptoc]

Kita tahu bahwa banyak banget orang Indonesia yang belanja online dan jualan online menggunakan aplikasi shopee.

Pernah ga sih kalian berfikir atau terbesit, shopee dapat untung darimana?

Padahal buat toko online di shopee itu gratis, belanja online di shopee juga gratis, terus bagaimana bisa mendapatkan keuntungan.

Ini sangat menarik banget untuk kita bahas pada episode kali ini.

Saat ini aplikasi shopee sudah di unduh lebih 100 juta pengguna (android dan iPhone), semua orang bisa berjualan dan bisa membeli barang di shopee.

Aplikasi Shopee didirikan pertama kali pada tahun 2015 di Singapura hingga kemudian berkembang pesat ke beberapa negara Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina , Vietnam, dan termasuk Indonesia.

Siapa Pendiri Shopee?

Pernah kah kalian bertanya-tanya?

Hebat banget nih Shopee, Siapa sih pendirinya? Kok bisa jenius menciptakan aplikasi untuk belanja online dan jualan online.

Shopee didirikan oleh Chris Feng

Beliau merupakan alumni terbaik dari Universitas Singapura, sebelum mendirikan shopee ia sempat bekerja sebagai Zalora dan Lazada.

Bagaimana Shopee Mendapatkan Keuntungan

Kita akan coba menganalisa darimana saja keuntungan yang didapat Shopee melalui bisnis aplikasi belanja dan jualan online ini.

Shopee berjalan menggunakan model bisnis hibrid C2C (pelanggan untuk pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan).

Ada 2 jenis toko yang berjualan di Shopee yaitu Toko Biasa dan Toko Mall.

Semua orang bisa membuat toko biasa, karena dengan punya akun di shopee artinya orang tersebut dapat berjualan dan dapat berbelanja.

Sedangkan untuk menjadi Shopee Mall harus melewat beberapa proses dan tentunya melalui sistem pemilihan khusus dari pihak shopee.

Berikut adalah beberapa analisa keuntungan shopee :

1. Semua Uang bermuara di Rekening Shopee

Coba deh kalian perhatikan, semua uang akan bermuara ke rekening shopee.

Para pembeli akan bayar ke shopee terlebih dahulu sebelum diteruskan ke penjual, coba kita perkirakan berapa banyak pembeli di shopee yang melakukan pembayaran ke shopee??

Tentu banyak bangetkan!!

Seandainya saja setiap hari ada orang 10.000 pembeli dan transfer uang rata-rata Rp100.000 maka uang yang bermuara di shopee sekitar Rp10.000.000.000.

Tentu akan lebih dari itu jumlah pembeli di shopee dan diantara pembeli shopee pasti ada yang belanja hingga jutaan rupiah.

Uang yang dibayar pembeli, belum diteruskan ke penjual sebelum barang itu sampai.

Kemudian banyak penjual juga yang tidak langsung menarik uang hasil jualannya, tentu akan tetap berada di rekening shopee.

Secara tidak langsung terdapat uang dalam jumlah yang besar di rekening shopee, apabila ini di deposito kan atau jenis investasi lain maka shopee akan mendapatkan keuntungannya yang sangat luar biasa.

Ini hanya sebatas analisa guys.

Seperti halnya bank, bank dapat untung darimana??

Tentu uang yang di tabung oleh semua nasabah akan bermuara di bank itu, apabila di gunakan sebagai investasi maka bank akan memperoleh keuntungan.

2. Terdapat Fasilitas Iklan Shopee

Coba kalian perhatikan di aplikasi shopee, pada saat kita melakukan pencarian barang dengan kata kunci tertentu, maka akan ada sebuah produk yang bertuliskan ‘iklan’ yang muncul di urutan paling atas.

Dimana untuk bisa menggunakan fitur iklan ini, pemilik toko harus membeli deposit biaya iklan, iklan yang diterapkan shopee adalah pay per klik.

Jadi setiap ada calon pembeli yang klik produk berlabel iklan maka pemilik produk atau toko itu akan terpotong saldo iklannya.

Sekarang kita analisa, berapa banyak toko yang ada di shopee menggunakan fitur ini?? Hampir semua toko-toko star seller menggunakannya untuk mempromosikan produk nya di halaman atas.

Kita buat perkiraan saja, jika ada 10.000 toko yang menggunakan fitur iklan dengan masing-masing toko mengisi saldo Rp50.000 maka shopee akan mendapatkan keuntungan Rp500.000.000

Tentu lebih dari itu guys.

3. Biaya Admin Sebagai Star Seller

Menjadi star seller artinya menjadi toko yang terpilih dan berprestasi dengan jumlah pesanan yang sangat banyak setiap bulannya.

Kalau berdasarkan kriteria star seller yaitu minimal punya 100 pesanan per bulan atau punya omzet sesuai ketentuan yang berlaku.

Star seller dikenakan dengan rumus sebagai berikut:

Perhitungan Biaya Admin Star Seller = (Harga asli produk – diskon & voucher ditanggung Penjual) x 1% biaya admin final.

Tak hanya disitu saja guys, apabila toko tersebut bergabung dalam program gratis ongkir shopee, maka toko akan dikenakan juga biaya dengan rumus sebagai berikut:

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = (Harga original Produk– total potongan dan voucher yang disediakan Peserta Program) x 2,5%

Hemm.. berapa banyak toko yang sudah menjadi star seller? dan berapa banyak omzet penjualan yang terjadi di toko star seller? Itulah keuntungannya.

4. Biaya Admin untuk Semua Toko yang tergabung dalam Program Gratis Ongkir

Shopee memiliki program gratis ongkir, jika toko bersedia mengikuti program gratis ongkir maka toko akan dikenakan biaya admin.

Rumusnya sebagai berikut:

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = Harga original Produk– total potongan dan voucher yang disediakan Peserta Program) x 3,5%

Bisa kalian hitung berapa banyak toko yang mengikuti program gratis ongkir? Sangat banyak sekali, karena ini akan menarik minat pembeli.

Mungkin dari keuntungan itulah Shopee berani memberikan Gratis Ongkir diberikan kepada para pembeli, tapi bagi pembeli yang memenuhi syarat.

Salah satunya belanja menggunakan Shopeepay.

5. Saldo Shopeepay yang di Top Up Para Pengguna

Waw semakin seru nih keuntungan yang bisa didapatkan oleh Shopee.

Poin yang ke 5, masih berkaitan dengan program gratis ongkir.

Bagi pembeli yang ingin mendapatkan gratis ongkir lebih banyak maka harus belanja menggunakan Shopeepay.

Sekarang berapa banyak orang yang top up atau mengisi saldo shopeepay di akun shopeenya??

Jika kita simulasikan, seandainya ada 100.000 akun dan masing-masing isi saldo shopeepay sebanyak Rp50.000 maka uang yang bermuara di shopeepay sebanyak Rp5.000.000.000

Angka yang sangat fantastis jika di investasikan, kembali ke poin no.1 (uang bermuara di rekening shopee).

Tentu jumlahnya lebih dari itu, karena pengguna shopee lebih dari 100.000 akun dan pasti ada akun yang mengisi saldo shopeepay hingga jutaan.

6. Biaya Admin Shopee Mall

Nah, tadikan di poin nomor 3 ada biaya admin toko star seller.

Begitu juga dengan Shopee Mall.

Toko-toko yang tergabung dengan shopee mall dikenakan biaya admin, dengan rumus perhitungan sebagai berikut:

Biaya Admin Shopee Mall = (Harga original produk – diskon & voucher dari Penjual Shopee Mall) x % biaya admin final.

Sebagai catatan, persentase biaya admin ini ditentukan berdasarkan pada sub-kategori produk, antara 1%, 3% atau 5%.

Jika Shopee Mall tergabung dalam program gratis ongkir shopee maka akan dikenakan biaya admin tambahan dengan rumus:

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir Xtra = (Harga original Produk– total potongan dan voucher yang disediakan Peserta Program) x 2%

Itulah analisa yang bisa kami sampaikan mengenai sumber keuntungan yang didapatkan shopee, mungkin bisa lebih dari itu.

7. Biaya Daftar Program Bulanan Shopee

Seperti yang kita lihat bahwa shopee selalu buat program-program menarik setiap bulannya, contoh: pada bulan ramadhan shopee buat program namanya big ramadhan.

Toko yang ingin bergabung dalam program promosi big ramadhan sale maka harus membayar biaya registrasi.

Ada juga bulan di angka dan bulan yang kembar, seperti program promosi Shopee Sale 12.12 yang selalu diadalah pada bulan Desember.

8. Munculnya Banner Logo sebuah Brand di Halaman Shopee

Kalau kita perhatikan, disetiap halaman shopee akan terlihat logo-logo brand ternama seperti Uniliver, Brand Smartphone, dan sebagainya.

Bisa saja, kerjasama ini memberikan keuntungan terhadap shopee. Sebagai bentuk dari salah satu iklan atau kampanye brand tersebut.

9. Keuntungan dari Kerjasama dengan Ekspedisi

Jualan online tentu membutuhkan jasa ekspedisi seperti JNE, JNT, ID Express, SiCepat dan lainnya.

Tentu ada sistem kerjasama yang menguntungkan antara kedua belah pihak, adapun untuk kesepakatannya seperti apa kita tidak tahu.

Pasti diantara ekspedisi dan shopee terdapat kerjasama yang saling menguntungkan.

Demikian penjabaran dan analisa kami, bisa jadi ada sumber keuntungan lain yang belum bisa kami analisa. 

So, mungkin setidaknya analisa ini dapat menjawab rasa penasaran anda mengenai, darimana sih keuntungan shopee? kok bisa daftar akun di shopee gratis tanpa dipungut biaya.

6 thoughts on “Analisa Darimana Shopee Mendapatkan Keuntungan”

  1. Pasti ada jenis investasi yg positif untung biar dlm jangka waktu singkat bisa ngasih untung 5% aja lumayan kalo investasi besar, misalnya 1.000.000.000 x 5% = 50jt, bayangin aja kalo 1 triliun brp marginnya,

  2. dk msuk akal.prg topup langsung di pkek lah saldonyo,biso be di deposit nyo dlu,investu akek jangka waktu baru ado keuntungan lol

  3. baru top up sopipay trus langsung buat belanja. koq di depoaitkan?
    gini analisa saya. kalo pun buat belanja. kan cuma pindah user ke penjual. penjual blm tentu langsung tatik saldo. kalo pun langsung tarik saldo. akan ada user baru yg topup.

    ibarat kata. duit kita di puter 50% aja. yg 50% buat mereka2 yg mau tarik tunai.

    gitu masuk akal kan. lagian akan selalu ada user baru yg top up. jd bisa buat di jadikan dana buat user sopi yg mau tarik tunai.

    overall mks min. penjelasan bagua

  4. Dan shopee jg dpt keuntungan presentase dr biaya ongkir/ekspedisi
    *sya dpat bocoran dr salah satu pegawai J&*

  5. Masuk akal dan relevan…

    dari investasi dana mengendap shoope pay..

    walaupun itu hanya 3 hari kan kontiyus..

    jadi tiap orang ganti berganti…

    jadi betul sekali dan saya setuju dengan analisis penulis..🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.