Mengenal Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Perbankan di Indonesia tumbuh dengan subur, ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki keunggulan di sektor perbankan. Ada banyak bank yang kita kenal mulai dari bank Konvensional hingga bank Syariah serta banyak sektor usaha dan koperasi yang pada dasarnya masih ada hubungannya dengan perbankan.

Kegiatan yang dapat dilakukan dengan perbankan adalah simpan dan pinjam. Kalau pinjam namanya kredit dan kalo simpan namanya menabung. Namun yang paling sering dilakukan adalah menabung, karena menyimpan uang di bank selain menjadi tempat yang aman juga banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Jenis Tabungan

Bicara soal tabungan di bank ternyata tabungan memiliki jenis yang beragam menyesuaikan dengan kebutuhan masyarkaat sehingga dapat mencapai sesuatu yang diharapkan. Disini kita akan mengenal jenis-jenis tabungan yang bisa gunakan :

1. Tabungan Reguler (UMUM)

Hampir semua nasabah bank memiliki rekening tabungan umum, karena ini menjadi produk simpanan utama di setiap bank, baik di bank syariah maupun bank konvensional. Terlebih lagi syarat yang mudah dan proses pengajuan nya yang cepat sehingga masyarakat dapat dengan mudah membuka rekening tabungan.

Saat ingin memiliki tabungan dan rekening baru, saat itu juga kita bisa mengajukan di bank. Dengan tabungan reguler, nasabah akan mendapatkan fasilitas perbankan seperti menyimpan uang, mengambil uang, transfer uang dan melakukan pembayaran tagihan.

Setiap bank memiliki nama yang berbeda-beda untuk jenis tabungan ini, seperti tabungan rupiah di mandiri, tabungan simpedes di bri, tabungan tahapan di BCA, tabungan taplus di BNI, tabungan lebih di Danamon dan lain-lain.

2. Tabungan Rencana atau Berjangka

Jenis tabungan lain yang di sediakan oleh perbankan yaitu tabungan berjangka atau tabungan rencana. Sesuai dengan namanya, nasabah menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu untuk mewujudkan suatu rencana. Tabungan berjangka bisa disebut juga dengan Deposito

Jangka waktu tabungan biasanya disediakan 1 bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan dan 12 bulanan. Nasabah akan mendapatkan keuntungan dari nilai investasi yang di simpan dalam bank. Semakin besar dana yang disimpan maka semakin besar juga keuntungan yang di berikan.

Baca Juga : Tabungan Rencana Bank Mandiri

3. Tabungan Khusus Haji dan Umroh

Bagi anda yang memiliki rencana untuk menunaikan ibadah haji atau umroh maka sebaiknya anda membuka tabungan jenis ini. Ini merupakan tabungan yang disediakan perbankan untuk masyarakat yang ingin mewujudkan cita-cita menunaikan ibadah haji.

Tabungan ini telah terkoneksi dengan siskohat kementerian agama, sehingga ketika nasabah telah menabung hingga Rp25 juta maka nasabah dapat mengajukan untuk pendaftaran haji dan mendapatkan porsi keberangkatan. Nasabah akan mendapatkan fasilitas asuransi jiwa dengan premi gratis.

4. Tabungan Investasi

Tabungan ini cocok buat anda yang suka berbisnis saham, karena memang tabungan ini dapat dipergunakan nasabah untuk bertransaksi jual-beli saham. Tabungan ini bersifat tempat penyimpanan uang yang akan digunakan untuk transaksi saham dan laba yang dihasilkan.

5. Tabungan Anak

Saat ini OJK telah bekerjasama dengan seluruh bank yang ada di Indonesia untuk mewujudkan budaya menabung di bank kepada anak-anak. Maka dari itu, dihadirkan tabungan khusus untuk anak-anak untuk memberikan edukasi kepada mereka.

Tabungan menggunakan nama anak dan akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan dan kartu atm denga ndesign yang menarik, sehingga mereka lebih bersemangan dan senang untuk menabung. Syarat membuka tabungan anak biasanya KTP Orangtua, Akta Lahir, Kartu Keluarga dan setoran awal yang ringan cuma Rp1000

Baca Juga : Tabungan Anak BRI Syariah

6. Tabungan Giro

Jika anda memiliki keperluan untuk transaksi bisnis maka kami sarankan untuk menggunakan tabungan giro, biasanya tabungan ini digunakan oleh perusahaan sehingga dapat mengontrol keluar masuk uang secara rinci. Tabungan ini dalam bentuk cek dan bilyet giro, setiap 1 bulan perusahaan akan mendapatkan rekening koran yang akan dikirim ke alamat.

7. Tabungan Mata Uang Asing

Bagi yang ingin berinvestasi menggunakan mata uang asing khususnya USD maka bisa membuka tabungan khusus yaitu tabungan mata uang asing. Tentunya tabungan ini dapat bermanfaat bagi anda ketika menyimpan USD, karena USD merupakan mata uang yang sangat berpengaruh terhadap nilai tukar IDR.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.